Bisnis Online Terbaru Terpercaya Dan Cara Memulainya [ Tanpa Modal ]

Bisnis online memiliki potensi yang sangat besar. Meskipun dunia maya baru populer tiga dekade yang lalu, banyak bisnis yang menggantungkan sebagian besar promosi dan kliennya di dunia online. Karena itu, bisnis online benar – benar populer di masyarakat. Kita bisa melihat ratusan seminar bisnis online diadakan setiap tahun di Indonesia.

Bisnis Online

Namun, masih banyak orang yang belum sepenuhnya mengerti, bagaimana mereka bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan untung yang banyak.

Banyak orang juga ingin berbisnis online namun tidak tahu produk apa yang harus dijual, bagaimana cara memasarkannya, dan bagaimana cara menangani penjualannya.

Di dalam panduan ini, anda akan benar – benar belajar bagaimana cara memulai dan mengoperasikan bisnis online dengan baik dan benar.

Mulai dari pemilihan produk, pemasaran, dan beberapa ide bisnis yang bisa anda lakukan sekarang tanpa uang sepeserpun

1. Memilih Produk Juara

Memilih produk dalam bisnis online merupakan fase krusial. Karena ada beberapa produk yang berperforma baik apabila dijual online.

Tidak semua produk bisa sukses dijual online. Karena itu anda harus tahu bagaimana cara memilih produk yang baik dan benar serta menghasilkan profit yang banyak.

Memilih niche bisnis online

Ada tiga niche atau industri yang memiliki performa baik di dunia online yaitu :

  • Niche Kesehatan

  • Niche Hobi

  • Niche Keuangan

Dalam ketiga niche ini, apapun produk yang anda jual yang berkaitan dengan niche tersebut cenderung lebih mudah dijual daripada produk lain.

Karena keempat niche ini berkaitan dengan tiga keinginan terbesar yang memotivasi kebanyakan orang (bahkan termasuk anda!) yaitu ingin sehat, ingin bahagia, dan ingin kaya.

  • Niche kesehatan misalnya, produk apapun yang anda jual dalam ranah kesehatan biasanya memiliki performa yang cenderung baik karena ada rasa urgensi yang harus mereka penuhi, yaitu untuk sembuh.
  • Untuk niche keuangan, kita semua tahu bahwa hampir semua manusia ingin lebih sukses dan bebas finansial, jadi niche ini tidak akan mati dalam waktu dekat.
  • Sedangkan niche hobi, masih banyak orang diluar sana yang rela mengeluarkan banyak sekali uang untuk membeli peralatan dan produk – produk yang berkaitan hobi mereka.

Jadi, yang sekarang perlu anda tahu adalah bagaimana cara mencari produk di dalam salah satu dari tiga kategori besar ini.

Dalam setiap kategori ini, terdapat banyak sekali cabang atau turunan yang bisa anda eksploitasi sekarang untuk menentukan produk anda. Misalnya.

  • Kesehatan > Nutrisi > Nutrisi untuk ibu hamil
  • Kesehatan > Nutrisi > Diabetes > Nutrisi untuk penderita diabetes
  • Kekayaan > Investasi > Investasi untuk pengusaha pemula
  • Kekayaan > Investasi > Membeli aset digital
  • Hobi > Mendaki Gunung > Tas Carrier Premium

Masih belum mendapati ide tentang produk yang akan anda jual di dunia online? Tenang saja, karena masih ada cara lain untuk mencari produk juara anda.

Bagaimana cara mencarinya? Kunjungi marketplace populer yang ada di Indonesia seperti Tokopedia dan BukaLapak

Disana anda akan melihat tren pasar yang ada di Indonesia dan melihat produk apa sih yang sedang naik daun dan digemari masyarakat.

Beberapa indikator yang perlu anda lihat di beberapa marketplace ini adalah seberapa banyak produk yang terjual dan seberapa banyak rating produk itu diterima.

Metode lain yang bisa anda gunakan untuk mencari produk juara adalah di sosial media. Untuk mencarinya, anda perlu mengikuti sosial media artis – artis yang sedang tren di kalangan pemuda. Lalu, anda lihat postingan yang memiliki banyak like, share, ataupun comment.

Setelah anda menemukannya, coba lihat produk apa yang dipakai oleh artis tersebut di postingan mereka yang paling viral. Apabila anda menemukannya, itu adalah calon produk juara anda.

Anda bisa mencari baju tersebut di marketplace atau konveksi yang ada di sekitar anda dan bisa segera anda jual dengan promosi seperti “kerudung nissa sabyan”.

Mencari produk merupakan salah satu poin terpenting dari bisnis online. Karena dengan produk yang tepat, anda bisa menjual produk dengan cepat dan tanpa perlu promosi tambahan.

Karena produk yang anda pilih terbukti memudahkan kehidupan pelanggan anda dan hal itu akan membuat calon pelanggan anda semakin memburu produk anda.

2. Pemasaran Online

Pemasaran online merupakan sesuatu yang sangat populer dikalangan masyarakat. Mereka menganggap bahwa pemasaran online merupakan “obat ajaib” yang bisa membuat bisnis mereka sukses dengan mudah. Tentu ini anggapan yang salah karena dalam bisnis tidak ada cara mudah untuk mencari uang.

Meskipun ada cara mudah menghasilkan uang, namun cara itu biasanya dijaga dengan ketat karena akan membuat metode mudah itu ditiru banyak orang.

Kenyataannya, pemasaran online tidak jauh berbeda dari pemasaran biasa, yang berbeda hanya jangkauan pasarnya yang tidak terbatas tempat dan waktu. Pemasaran online apabila dilakukan dengan tepat juga akan menghemat waktu, uang, dan sumber daya anda.

Anda tidak perlu khawatir karena di dalam panduan ini, anda bisa mengetahui beberapa channel pemasaran online yang tersedia bagi kita, apa saja karateristiknya, dan bagaimana cara memanfaatkan pemasaran online ini dengan maksimal sehingga apa saja yang kita jual dalam ranah online lebih mudah terjual.

a. Pemasaran Online Menggunakan Facebook

Facebook merupakan jaringan sosial media terbesar di dunia. Hampir semua orang yang kita kenal di sekitar kita memiliki akun Facebook. Di Facebook, kita juga sering melihat banyak orang memasarkan produk mereka dan mendapatkan kesuksesan yang cukup signifikan.

Facebook juga cocok untuk pemula karena karena biaya yang diperlukan untuk pemasaran ini sangat sedikit. Semua orang yang mempunyai akun Facebook pasti bisa melakukannya.

Lalu, bagaimana sih cara memasarkan produk anda agar bisa sukses di Facebook? Ada beberapa metode yang akan dijelaskan di dalam panduan ini.

Karena tidak semua produk dan jasa memiliki metode pemasaran yang sama. Tidak bisa dipukul rata karena saking banyaknya pengguna Facebook. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan beberapa ide pemasaran di Facebook dibawah ini.

  1. Facebook Marketplace

Beberapa tahun terakhir, Facebook meluncurkan fitur terbaru untuk memudahkan para pengguna mereka menjual berbagai produk yang mereka miliki.

Facebook marketplace ini merupakan alat paling ampuh karena setiap orang yang melihat produk anda di facebook marketplace, adalah orang yang sudah berkeinginan untuk membeli.

Ini sangat penting karena dalam sosial media, tidak semuanya orang memiliki keinginan untuk membeli. Sosial media tidak diciptakan untuk bisnis online, namun untuk bersosialisasi Kekurangan dari metode ini adalah, Facebook marketplace umumnya hanya digunakan untuk produk fisik saja.

Jadi apabila anda memiliki jasa yang bisa anda tawarkan, biasanya Facebook Marketplace bukan tempat yang cocok. Lalu, pada beberapa kasus, metode ini kadang tidak cocok untuk anda yang jualan produk orang seperti dropship.

Karena ada beberapa pembeli yang ingin melihat barang langsung dan melakukan COD (Cash On Delivery) sebagai cara pembayaran mereka.

  1. Berburu Grup Facebook

Jika tadi facebook marketplace adalah tempat untuk menjual produk fisik, grup facebook ini lebih diarahkan untuk produk fisik dan jasa. Anda bisa bergabung dengan grup – grup yang berkaitan dengan target pasar anda.

Contohnya, jika anda menjual alat mendaki gunung, carilah grup mendaki gunung di Facebook dan bergabunglah.

Tapi jangan langsung jual barang anda dahulu. Cobalah untuk aktif di dalam grup tersebut. Jawab beberapa pertanyaan dan dapatkan hati pengguna grup tersebut. Setelah itu, baru jual barang anda, dijamin barang anda akan laris manis.

Sebagai website sosial media terbesar di dunia, Facebook memiliki banyak manfaat bagi bisnis online. Anda bisa menggunakan Facebook Marketplace untuk mempromosikan produk anda dan grup facebook untuk membangun kepercayaan target pasar anda dan memudahkan anda untuk mempromosikan penawaran anda. Dengan cara yang tepat, anda bisa meraup banyak untung dari Facebook.

b. Pemasaran Online Menggunakan Instagram

Instagram merupakan platform yang sangat populer beberapa tahun ini. Banyak kalangan muda yang hanya menggunakan Instagram sebagai media sosial mereka.

Karena itu, biasanya produk – produk yang ditujukan untuk pasar millenial memiliki performa yang cukup baik. Oleh karena itu, apabila anda memutuskan Instagram sebagai channel pemasaran anda, pastikan produk anda terlihat menggiurkan untuk anak muda.

Bagaimana sih, pemasaran Instagram yang baik dan benar itu. Pertama, anda perlu tahu bahwa Instagram adalah platform berbagi gambar dan video. Oleh karena itu, pemasaran anda harus mengikuti aturan ini.

Anda harus bisa menjual melalui gambar dan video. Di Instagram, ada dua pilar yang wajib anda perhatikan agar anda bisa sukses memasarkan produk anda di Instagram.

Apa saja pilar tersebut? Konten & Publisitas. Dengan membuat konten berkualitas dan publisitas yang baik, anda dijamin sukses di Instagram. Mari kita simak satu persatu bagaimana cara membuat konten dan publisitas yang baik di Instagram untuk bisnis anda.

  1. Konten

Sebelum anda meminta sesuatu, anda harus memberi sesuatu dahulu. Teori yang dipopulerkan oleh Robert Cialdini ini bernama hukum timbal – balik. Jadi, di dalam akun Instagram anda, anda perlu membuat konten yang bermanfaat bagi target pasar anda.

Ikuti langkah – langkah berikut ini untuk membuat ide konten kreatif yang bisa memberi manfaat bagi produk anda.

  • Tulis 20 pertanyaan yang sering anda jumpai dalam bisnis anda.
  • Buatlah video tentang anda menjawab pertanyaan itu dengan sangat detail dan bila perlu, jelaskan juga langkah – langkah agar pelanggan anda bisa langsung mengerti

Ketika anda membuat jawaban yang sangat detail dan tidak mengambang, konten anda akan lebih bernilai di pikiran calon pelanggan anda. Hal ini juga meningkatkan authority anda.

Anda akan terlihat lebih “ahli” daripada kompetitor anda. Sehingga, pelanggan lebih nyaman melakukan bisnis mereka dengan anda daripada dengan kompetitor.

Tips lainnya adalah menambahkan beberapa konten pribadi seperti foto rekreasi anda atau foto lainnya.

Karena survei menunjukkan bahwa akun jualan Instagram yang mengupload beberapa foto pribadi mereka menunjukkan keotentikan yang bisa meningkatkan penjualan anda.

  1. Publisitas

Setelah anda membuat konten berkualitas, hal selanjutnya yang anda perlu lakukan adalah publisitas. Untuk hal ini, anda perlu bekerja sama dengan akun yang  kebanyakan pengikutnya merupakan target pasar anda di Instagram. Minta mereka untuk melakukan paid promote dan mempromosikan produk anda.

Dengan biaya yang bervariasi, anda bisa mengiklankan produk ke banyak pengikut yang merupakan target pasar anda. Apabila anda sudah memiliki konten berkualitas, bermanfaat sekaligus menarik anda bisa mendapatkan banyak penjualan dengan sekali paid promote.

Pilihan lain dari paid promote adalah Instagram Ads atau iklan instagram. Dalam Instagram Ads ini, anda bisa mempromosikan konten anda ke berbagai target pasar tertentu.

Anda juga bisa menargetkan audiens spesifik seperti umur, gender, ketertarikan, dan lain lain. Karena itu, Instagram Ads juga mulai populer di kalangan pebisnis online belakangan ini.

Jadi, untuk meningkatkan penjualan bisnis online anda di Instagram, anda perlu memperhatikan kualitas konten dan publisitas akun Instagram anda.

Apabila anda terus menambah konten yang bermanfaat, melakukan paid promote tepat sasaran, dan terus melakukan testing teknik mana yang berhasil untuk Instagram anda, maka penjualan anda bisa meningkat drastis.

c. Pemasaran Bisnis Online Menggunakan Website

Sekarang, banyak sekali pengusaha yang ingin menggunakan website sebagai media pemasaran bisnis mereka. Karena dengan website, membuat bisnis anda ditemukan di Google. Anda perlu tahu bahwa untuk menggunakan website sebagai media pemasaran bisnis online memerlukan modal yang lumayan.

Oleh karena itu, anda perlu memikirkan dahulu apakah channel pemasaran ini cocok digunakan sebagai salah satu strategi bisnis online anda.

Hal yang harus anda perhatikan ketika anda menggunakan website sebagai media pemasaran bisnis online anda adalah desain dan konten. Desain website anda harus benar – benar mudah dimengerti bagi pengunjung baru agar promosi anda berjalan dengan lancar.

Kenapa harus mudah dimengerti, karena ada banyak website yang berusaha “memamerkan” keindahan desain website mereka namun sangat susah untuk dinavigasi dan sangat berat dijalankan di aplikasi mobile.

Karena itu, pastikan website anda ringan dan mudah dimengerti. Sehingga website anda tidak langsung ditinggal oleh pengunjung anda. Lalu, bagaimana cara meningkatkan pengunjung website anda?

Meskipun ada banyak metode untuk meningkatkan pengunjung website anda termasuk SEO atau Search Engine Optimization yang memerlukan penjelasan panjang dan memerlukan proses yang lama, namun panduan kali ini akan fokus pada bagaimana anda bisa memanfaatkan platform iklan dari Google yang bernama AdWords.

Google AdWord memungkinkan website anda muncul di halaman pertama pencarian google dan segera mendapatkan pengunjung yang banyak. Meskipun SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara efektif untuk meningkatkan pengunjung, namun SEO memerlukan banyak modal dan waktu sebelum efeknya mulai dirasakan.

Oleh karena itu, untuk mempromosikan website anda, anda bisa menggunakan Google AdWords agar bisa segera mendapatkan banyak pengunjung dan mendapatkan penjualan di website anda. Apabila anda memilki bisnis offline, terdapat fitur GMB atau Google My Business yang bisa meningkatkan promosi bisnis anda.

Jadi, Google akan secara otomatis mendeteksi lokasi pengguna yang sedang mencari produk atau jasa dan otomatis menunjukkan apa saja bisnis yang menyediakan produk atau jasa di sekitar mereka.

Gunakan fitur GMB sebaik mungkin dengan menambahkan foto menarik mengenai tempat usaha anda, cantumkan alamat, website, dan nomor telepon anda.

Minta pelanggan yang sering datang ke tempat usaha anda agar menulis ulasan bagus di Google dengan imbalan diskon atau voucher agar usaha anda semakin banyak dicari. Pemasaran bisnis online menggunakan website dapat melejitkan bisnis anda.

Karena dengan website, bisnis anda bisa mencapai lebih banyak audiens daripada jika anda tidak menggunakan website.

Namun, untuk mulai menggunakan website, anda perlu beberapa modal awal karena pembuatan website tidak murah. Lalu, anda juga perlu menentukan strategi apa yang harus anda lakukan untuk mempromosikan website anda.

Anda bisa menggunakan strategi jangka panjang seperti SEO ataupun strategi jangka pendek seperti Google AdWords dan GMB.

3. Bisnis Online Dropship

Dengan sistem dropship, anda tak perlu lagi menyimpan stok barang dan pengiriman karena semua pengiriman akan dilakukan oleh supplier anda. Metode bisnis ini sangat potensial karena anda bisa dengan mudah membesarkan skala bisnis anda tanpa harus pusing. Yang anda lakukan hanyalah mempromosikan produk dropship tersebut ke target pasar anda.

Apabila anda belum menemukan produk apa yang harus anda jual, gunakan teknik mencari produk juara agar anda bisa menemukan list pasar yang bisa anda masukin dan produk yang bisa anda pakai untuk memulai bisnis online anda.

Anda bisa menggunakan beberapa teknik pemasaran bisnis online di atas untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Ingat, apabila anda berjualan online, ada satu hal yang sangat penting yang harus anda penuhi yaitu testimoni. Bisnis online tanpa testimoni itu seperti masakan tanpa garam. Sangat hambar. Karena untuk mengetahui kualitas produk dan layanan anda, anda memerlukan banyak testimony dari pelanggan.

Bagaimana cara mendapatkan testimoni untuk produk dropship? Tidak sesulit yang anda bayangkan, minta saja supplier anda untuk memberi testimoni yang berkaitan dengan produk anda.

Lalu posting testimoni produk tersebut di channel pemasaran yang disebutkan diatas tadi. Jangan lupa juga untuk sering – sering melihat kembali teknik – teknik pemasaran bisnis online agar pemasaran anda on point dan cepat berhasil.

Lalu, bagaimana dengan cara berkomunikasi dengan pelanggan agar anda bisa menggiring mereka untuk cepat closing, menutup penjualan dan anda segera mendapat untung. Ada satu metode bernama funelling.

Metode ini esensinya adalah menjual produk termurah anda pada pelanggan pertama lalu setelah anda mendapatkan trust atau kepercayaan dari pelanggan, anda mulai menawarkan paket yang lebih mahal.’

Metode ini tidak harus anda lakukan apabila anda tidak yakin. Namun, untuk tetap lebih unggul dari kompetisi bisnis online yang ada, anda perlu tahu metode baru yang bisa meningkatkan bisnis anda, salah satunya dengan metode funelling. Nah beginilah cara menggunakan metode tersebut.

  • Apabila anda menargetkan pelanggan baru, usahakan tawarkan produk yang paling terjangkau terlebih dahulu. Karena produk yang paling terjangkau lebih cepat terjualnya daripada produk lain.
  • Setelah transaksi, usahakan untuk menyimpan nomor whatsapp pelanggan anda. whatsapp inilah yang kita gunakan sebagai media promosi. Tenang, anda masih bisa mendapatkan untung dengan metode ini.
  • Mulailah membuat broadcast informasi yang berkaitan dengan industri anda dan kira-kira menarik untuk konsumen minimal dua minggu sekali.
  • Jangan lupa untuk menulis bahwa apabila mereka ingin keluar dari list broadcast anda, mereka bisa langsung kontak anda untuk menghapus nama mereka dari list anda.

Ini akan menyaring calon pelanggan yang benar – benar cocok untuk promosi produk yang lebih mahal dari produk sebelumnya. Setelah itu, buatlah penawaran produk yang lebih mahal dan berkualitas di broadcast anda.

Untuk meningkatkan penjualan, anda bisa menambahkan kata – kata seperti “terbatas” dan “promo hari ini saja” untuk menambahkan urgensi membeli.

Untuk hasil maksimal, anda bisa menggabungkan beberapa produk dalam satu paket dan mendiskon paket tersebut dan mempromosikannya ke list broadcast anda.

Bisnis dropship tidak akan mati karena dropshipper atau para pebisnis dropship adalah jembatan antara produsen dan konsumen.

Ada banyak sekali cara untuk memasarkan bisnis dropship anda. Ada sosial media seperti Facebook dan Instagram yang bisa anda gunakan dan website untuk meningkatkan penawaran bisnis online.

4. Bisnis Online Jasa

Bisnis online ini sangat cocok untuk anda yang memiliki skill yang bisa dijual. Bisnis ini pun memiliki waktu dan tempat yang bebas, karena anda sebagai penyedia jasa atau freelancer, anda bisa bekerja dimanapun yang anda mau asal anda memenuhi permintaan konsumen. Anda pun juga bisa mengatur harga jasa anda.

Kalau misal anda mulai kebanjiran order, anda bisa meningkatkan harga anda untuk menjaga kualitas pekerjaan anda. Selain itu, tak jarang anda bisa mendapatkan klien kelas kakap yang bisa membayar lebih untuk jasa yang ada sediakan.

Bagaimana cara mencari pelanggan? Anda bisa menggunakan teknik pemasaran grup Facebook yang telah dijelaskan di atas.

Jadi, carilah grup facebook yang sesuai dengan target pasar anda, saya akan menggunakan contoh penyedia jasa desain.

  • Langkah pertama adalah mencari komunitas – komunitas desain yang ada di Facebook.
  • Langkah kedua, cobalah menjadi anggota aktif di dalam grup Facebook tersebut selagi anda mengembangkan skill dan kualitas pekerjaan anda.
  • Langkah ketiga, mulailah membuat contoh – contoh desain karya anda dan beri watermark sehingga orang tidak bisa dengan begitu saja mencuri desain anda. Intinya, buatlah katalog desain apa yang bisa anda tawarkan kepada calon klien anda.

Pada langkah ketiga, anda mungkin sudah mendapatkan satu atau dua pekerjaan yang menguntungkan. Sekarang promosikan jasa anda di website freelancing Indonesia.

Upload semua hasil kerja anda (apabila anda ingin mengupload pekerjaan anda yang dimiliki oleh klien anda, usahakan untuk meminta izin atau minimal mengubah warna dan beberapa bentuk agar kepuasan klien anda tetap terjaga).

Ketika anda mendapat pesanan dari website freelancing tersebut, usahakan untuk menjaga komunikasi dengan klien anda lancar agar kepuasan klien tetap terjaga. Bisnis jasa merupakan bisnis yang menggiurkan bagi banyak orang.

Kebebasannya mengatur waktu dan harga sekaligus permintaannya yang semakin naik membuat banyak orang ingin terjun bisnis online yang satu ini.

Dengan menggunakan metode promosi grup facebook dan website freelancing anda bisa meningkatkan profit bisnis jasa online anda secara signifikan. Bisnis online merupakan bisnis yang akan terus berkembang karena semakin banyak orang mulai melakukan transaksi secara online.

Dan dengan bisnis online, bisnis yang anda jalankan tidak terbatas dengan tempat dan waktu. Anda bisa melakukan bisnis anda dimanapun dan kapanpun.

Dengan meningkatnya pengguna dan meningkatnya persaingan bisnis, anda perlu terus beradaptasi agar anda tidak kalah dalam persaingan bisnis online yang sangat ketat.

Terus lakukan testing beberapa metode yang berbeda ketika bisnis anda mulai stabil dan perlu pembaruan. Tetap peka pada tren pasar sehingga bisnis anda tidak kalah bersaing dengan bisnis online yang lain.