Peluang Usaha Dari Bisnis Sablon Kaos Distro DTG

Bagi Anda yang awam sepenuhnya mungkin sedikit mengernyitkan dahi membaca istilah sablon kaos distro DTG, apaan tuh DTG? Saya saja juga sempat dibuat bingung pada awalnya dengan istilah singkatan ini.

Peluang Usaha Dari Bisnis Sablon Kaos Distro DTG
Image : inkydeals.com

Ternyata DTG adalah teknologi baru dalam dunia sablon, meski tidak baru-baru amat. DTG adalah singkatan dari Direct To Garment. Istilah ini menggambarkan sistem pembuatan kaos distro dengan pencetakan langsung pada media kaos atau kain.

Tidak ada lagi sistem pembuatan cetakan dan media antara sebagaimana halnya Anda kenal pada pembuatan sablon manual.

Boleh dibilang saat ini peluang usaha sablon manual sedikit demi sedikit mulai tenggelam, kecuali untuk produksi kelas massal. Karena kini muncul pasar baru dalam dunia kaos sablon, yakni sablon kaos distro.

Ya…kalau Anda menilik ke bisnis sablon sekitar 15 tahun lalu, maka potensi terbesar untuk bisnis ini adalah produksi kaos seragam sesuai pesanan dengan jumlah penyebutan jumlah produksi minimal atau pemesanan minimal.

Terjadi perubahan trend berkat masuknya model mesin cetak printer DTG ini, yakni mesin pencetak sablon pada media kaos dan kain tadi. Karena dengan mesin cetak ini, Anda bisa mencetak kaos dalam jumlah terbatas dengan kerumitan desain yang khusus tanpa harus pula diikuti kerumitan proses cetak.

Serumit apapun desain sablon Anda cukup mencetaknya sekali, karena cara kerjanya sepenuhnya mirip dengan cara kerja printer pada kertas.

Dari sinilah muncul peluang usaha baru dalam industri sablon kaos distro DTG. Anda bisa membuka usaha dengan membuat kaos berdesain sablon dalam tema dan konsep khusus dan dalam jumlah terbatas. Konsep distro ini membuat konsumen merasa lebih eksklusif dan personal dengan busana kaos yang mereka kenakan.

Baca juga :  Prospek Dari Bisnis Grosir Kaos Distro Branded Secara Online

Dengan asumsi hanya dia dan beberapa konsumen lain di seluruh dunia ini yang mengenakan kaos dengan desain sablon tersebut. Semakin unik dan berbeda desain sablon yang Anda buat dan semakins sedikit cetakan sablon yang Anda buat maka produk kaos ini semakin eksklusif. Artinya juga Anda bisa membandrol dengan harga lebih tinggi.

Lalu bagaimana prospek usaha dari bisnis macam ini ?

Jelas sangat potensial, mengingat target pasar Anda bisa Anda buat dengan lebih fleksibel. Anda bisa membuat usaha sablon kaos distro DTG dengan memproduksi desain dan tema umum.

Namun bisa pula dengan mengkerucutkan target pasar Anda pada segmen khusus seperti penggemar olahraga, kaos tim, kaos dengan pesan sosial, kaos dengan desain tradisional hingga kaos dengan tema khusus seperti msialakn kaos punker, kaos biker atau kaos untuk skater.

Usaha ini juga memiliki prospek untung yang sangat menggiurkan. Mengingat produk yang Anda buat terkesan eksklusif dan personal, maka Anda bisa lebih leluasa membandrol harga, bahkan dengan angka sedikit di atas harga kaos sablon rata-rata.

Beberapa pelaku usaha sablon kaos distro DTG mengaku bisa menjual hingga harga diatas 150 ribu rupiah perpieces untuk jenis kaos dengan kualitas bahan tinggi dan detail desain yang unik dan khusus. Di sini Anda juga perlu memberikan nilai ekonomis lebih sebagai penghargaan atas kerja desain untuk pembuatan kaos tersebut.

Dengan harga pokok sekitar 30 ribu – 65 ribu perkaos saja, maka Anda bisa bayangkan berapa keuntungan Anda untuk sebuah usaha yang sudah mampu menjual dengan jumlah 50 pieces saja perbulan. Sekitar  keuntungan 2, 5 juta.

 Angka ini tidak mustahil Anda dapat bahkan meski Anda tidak membuka toko offline. Karena usaha sablon kaos distro DTG ini sangat fleksibel, bahkan Anda tetap bisa mereguk peluang yang hampir sama dengan bermodal sebuah toko online di portal jual beli. Usaha yang sangat menarik bukan?

Baca juga :  Misinformasi Dalam Pandangan Pasar Atas Produk Sablon Kaos Printer DTG

Pencarian Terkait :

Sablon distro, bisnis kaos distro

SHARE