Kelebihan Produk Dari Sablon Kaos Distro DTG Dibanding Model sablon Kaos Manual

Kini industri sablon kaos distro DTG memang sedang “ngehitz”. Trend ini nampaknya juga mulai menggusur popularitas usaha kaos sablon manual. Secara perlahan tapi pasti mulai nampak pelaku usaha sablon kaos manual yang beralih ke industri kaos sablon digital.

Kelebihan Produk Dari Sablon Kaos Distro DTG Dibanding Model sablon Kaos Manual
Image : dtgamerica.com

Apakah yang menyebabkan bahkan para pelaku usaha sendiri memilih meninggalkan industri kaos sablon manual dan beralih pada jenis sablon kaos distro DTG? Adakah kelebihan dari kaos sablon hasil produksi mesin cetak DTG dibandingkan dengan model sablon manual?

Untuk menjawab pertanyaan tadi, saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman terutama berkaitan keuntungan dari menjalankan usaha sablon kaos digital ini.

Kelemahan dari kaos sablon manual

  1. Biaya persiapan produksi mahal
    Untuk sebuah desain Anda memerlukan beragam langkah dan peralatan dalam sablon kaos distro DTG. Tetapi menariknya dalam pembuatan sablon kaos, Anda bisa menskip beberapa peralatan dan langkah persiapan dalam kaos distro.
  2. Kesulitan menata presisi kaos
    Dalam membuat sablon pada kaos dengan teknik manual, Anda juga dituntut untuk bisa meletakan presisi posisi sablon dengan tepat pada kaos. Masalah presisi ini menjadi salah satu kesalahan yang kerap muncul dalam proses pembuatan sablon secara manual.
  3. Memerlukan penguasaan soal gradasi warna
    Dalam sablon manual, tinta yang ada hanya tinta dalam warna dasar. Sebagai pembuat penyablonan Anda perlu melakukan pencampuran warna hingga di dapat warna yang sesuai. Itu sebabnya seorang pelaku sablon manual perlu memahami ilmu gradasi warna dengan tepat.
  4. Hanya efektif pada produksi massal
    Karena untuk sebuah desain Anda perlu mempersiapkan beberapa langkah dengan biaya tidak kecil, maka artinya semakin banyak produksi yang Anda buat untuk satu model desain akan semakin baik. Karena sifat biayanya adalah biaya tetap, mau besar atau kecil jumlah produksinya biaya sebuah desain sama.
Baca juga :  Ini Dia Inspirasi Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan

Untuk menyandingkan daftar di atas, berikut ini beberapa kelebihan dari metode sablon kaos distro DTG:

  1. Proses produksi yang sederhana dan cepat
    Tidak ada lagi pembuatan alat pencetak, proses pencampuran warna dan sebagainya yang memakan waktu dan tenaga untuk sebuah produksi sablon kaos. Anda cukup membuat desain, menentukan warna dengan perangkat komputer dan dalam hitungan detik desain sablon Anda suda melekat pada kaos.
  2. Bisa memproduksi secara satuan dan terbatas
    Bahkan Anda bisa dengan santai dan murah meriah membuat sebuah desain dan mencetaknya hanya untuk satu buah kaos. Ini karena Anda tidak perlu membuat beragam proses panjang dalam membuat sablon, cukup sebuah langkah mengklik tombol OK pada printer program dan desai Anda siap tertuang pada kaos. Jadi biaya bersifat variable, besar biaya bergantung pada banyak dan tidaknya pesanan dan produksi.
  3. Harga bisa lebih tinggi dan eksklusif
    Karena Anda sedang berhadapan dengan produk yang bisa Anda desain dengan model yang sangat khusus namun Anda produksi secara terbatas, maka di pasar produk Anda bisa masuk dalam ranah produk eksklusif. Dengan begitu Anda juga bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi
  4. Hasil cetak lebih sempurna
    Satu lagi yang menarik dari sablon kaos distro DTG adalah hasil cetaknya yang lebih baik dan tajam. Ini berkat teknologi terkini dari mesin printer sablon DTG dengan resolusi cetak yang tinggi. Anda juga tidak perlu lagi pusing soal presisi dan pemilihan warna, karena sepenuhnya akan dirampungkan oleh komputer.

Nah melihat dari informasi di atas, tampaknya wajar saja bukan kalau mulai banyak pelaku usaha yang beralih dari industri sablon manual menjadi sablon digital. Mungkinkah sala satunya adalah Anda?

Baca juga :  Trend Kaos Distro Terbaru Adalah Kaos Couple

SHARE