25 Jenis Peluang Usaha 2018 Modal Kecil Untung Besar Yang Menjanjikan

0
1308

Peluang usaha 2018 – Peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar sangat terbuka lebar, guna menambah penghasilan atau sebagai usaha sampingan. Terdapat banyak jenis usaha rumahan yang dapat diciptakan maupun mengembangkan peluang usaha yang sudah ada. Jika dikelola dengan baik, bahkan yang semula hanya sekedar coba-coba bisa menjadi pekerjaan utama dengan penghasilan yang menjanjikan.

15 Cara Promosi Produk Yang Akan Membuat Sukses Penjualan AndaDalam menggeluti usaha rumahan dengan modal kecil dapat dilakukan secara online maupun offline, keduanya dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan asal dapat membangun strategi atau promosi yang unik dan menarik. Terlebih saat ini hampir semua orang telah menggunakan internet, jadi agar lebih menguntungkan bisa mempromosikan usaha rumahan tersebut secara online, disamping membuka usaha secara offline di rumah.

Sebelum membahas daftar peluang usaha rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil, alangkah baiknya ketahui kelebihan dan kekurangan usaha rumahan, serta faktor penentu keberhasilan dan kegagalan usaha rumahan, sebagai berikut :

Kelebihan Usaha Rumahan

Kelebihan usaha rumahan tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat cukup memanfaatkan ruangan yang ada di rumah, misalnya seperti kamar tidur depan yang disulap menjadi took, atau dapur dijadikan tempat produksi olahan makanan ringan. Kemudian, guna menekan biaya upah pekerja dapat mengajak anggota keluarga untuk terlibat di dalamnya, sehingga pengeluaran semakin sedikit. Berbeda dengan pekerja kantoran, usaha rumahan tidak terikat jam kerja sehingga dapat mengatur atau menyeimbangkan waktu kerja sendiri.

Kekurangan Usaha Rumahan

Kekurangan usaha rumahan terletak dari lokasi rumah yang kurang strategis, seperti jauh dari keramaian atau berada di pelosok terpencil. Menjalankan usaha rumahan membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang strategi pemasaran, serta pengetahuan akan manajemen usaha dan keuangan yang masih kurang. Kemudian, dalam membangun usaha di rumah terkadang dalam membedakan antara kepentingan usaha dan kepentingan keluarga.

 

Faktor Keberhasilan Usaha Rumahan

Salah satu faktor penentu keberhasilan usaha rumahan dengan modal kecil bisa ditinjau dari cara pengelolaannya, dengan pengelolaan yang baik bisa membawa kepada kesuksesan. Berikut ini beberapa faktor keberhasilan usaha rumahan, diantaranya :

  1. Mengelola Keuangan secara Profesional

Faktor penentu keberhasilan usaha rumahan salah satunya terletak dari tata kelola keuangan, seringkali usaha rumahan tidak berkembang karena pengaturan keuangan yang tidak bagus. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, serta mampu membedakan uang pribadi dan dana usaha membuat siklus usaha menjadi lebih terkontrol.

2. Membentuk Tim Usaha yang Solid

Dalam membangun usaha rumahan dibutuhkan tim yang solid, dengan kemampuan yang berbeda-beda menjadi nilai penting dalam pengembangan usaha, tetapi karakter setiap anggota tim tentunya harus seirama untuk menghindari perpecahan.

3. Membuat Skala Prioritas

Memiliki rencana usaha berdasarkan urutan skala prioritas menjadi faktor keberhasilan usaha rumahan, masalah akan muncul saat usaha yang digeluti kewalahan menerima pesanan yang semakin banyak, maka hal tersebut perlu di antisipasi agar tetap berjalan lancar, dimana tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.

Faktor Kegagalan Usaha Rumahan

Usaha rumahan dengan modal kecil cenderung mudah untuk dikelola, tetapi bukan berarti dapat berjalan sesuai semestinya, terkadang menemui kendala ketika tidak ada solusinya dapat menyebabkan usaha mengalami kegagalan. Berikut faktor penyebab kegagalan usaha rumahan :

  1. Tidak Punya Planning dan Strategi Usaha

Dalam membangun usaha rumahan diperlukan rencana usaha guna menentukan arah perkembangan usaha tersebut, setelah tercipta tujuan didirikan usaha rumahan, kemudian buat strategi usaha yang baik demi kelancaran usaha dan kemajuan usaha selanjutnya.

2. Kurang Terampil Dalam Managemen Keuangan

Managemen keuangan dalam usaha rumahan begitu sangat penting berpengaruh terhadap kelancaran dan kestabilan usaha, meskipun bermodal kecil namun dengan managemen keuangan yang tepat dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Tanpa managemen keuangan usaha yang digeluti tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

3. Selalu Cepat Merasa Puas

Jangan cepat merasa puas ketika usaha rumahan dengan modal kecil sudah berkembang, di tengah tumbuhnya persaingan perlu strategi usaha yang jitu agar tidak mengalami kegagalan atau kalah bersaing. Ciptakan ide kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan konsumen agar usaha rumahan tetap eksis dan bertahan.

Peluang Usaha 2018

 25 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Keuntungan Besar

Terdapat banyak jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil tetapi bisa menghasilkan keuntungan besar, peluang usaha ini bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari pegawai kantoran, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Berikut 25 jenis peluang usaha rumahan yang bisa Anda tekuni :

  1. Catering Rumahan

Bisnis catering memiliki potensi yang menjanjikan, dimana usaha 2018 ini bisa di rintis mulai dari skala rumahan, dengan menerima pesanan di lingkungan sekitar, seperti ibu-ibu PKK atau tempat kantor salah satu anggota keluarga bekerja dan lain sebagainya, hal ini sebagai bentuk promosi secara langsung kepada masyarakat sekitar.

Alasan usaha catering tidak pernah sepi karena kebutuhan akan makanan selalu ada, terlebih bagi para ibu atau wanita karir yang memiliki kesibukan bekerja di luar rumah, mereka akan memesan catering sehingga tidak perlu repot memasak. Tersedianya aneka macam makanan dan cita rasa menjadi nilai utama membuat catering mampu berkembang dan maju dengan keuntungan yang besar.

  1. Air Minum Isi Ulang

Pada saat ini banyak orang lebih tertarik konsumsi minuman dalam kemasan atau air minum isi ulang, karena lebih praktis dan tidak perlu repot memasak air, bahkan di beberapa tempat kebutuhan akan air bersih semakin berkurang, maka bisnis menjual air minum isi ulang bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan karena banyak peminatnya.

Dengan memanfaatkan ruangan salah satu rumah bisa digunakan untuk membuka bisnis air minum isi ulang, kemudian merekrut anggota keluarga sebagai kurir untuk mengantarkan dan mengambil galon dari rumah-rumah pelanggan. Hal terpenting membuka usaha ini adalah pelayanan yang bagus, kualitas air yang terjaga kebersihannya, proses antar jemput yang cepat sehingga bisa mendapatkan banyak pelanggan.

  1. Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan kini tidak hanya ada di kota saja, bahkan sudah masuk ke perkampungan. Mereka yang sibuk bekerja tidak memiliki kesempatan untuk mencuci pakaian, maka akan menggunakan jasa laundry. Apalagi lokasi rumah untuk usaha laundry kiloan berada di lingkungan kampus atau perumahan, terlebih jika musim penghujan datang maka peluang usaha ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Membuka jasa laundry kiloan bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga, dengan modal utama berupa mesin cuci, alat pengering, setrika dan pewangi pakaian. Agar usaha ini memiliki banyak pelanggan dan berkembang diperlukan pelayanan yang terbaik, seperti hasil cucian tepat waktu, bersih dan rapih serta wangi.

  1. Jualan Pulsa dan Paket Kuota

Hampir semua orang kini telah menggunakan telepon seluler atau ponsel, menjadi kebutuhan hidup di jaman modern seperti saat ini. Selain sebagai alat komunikasi, juga digunakan untuk mencari informasi terkini melalu sambungan internet. Maka peluang usaha jualan pulsa dan paket kuota ini sangat besar dan menggiurkan.

Dengan modal kecil membuka bisnis jualan pulsa dan paket data sudah bisa berkembang, tanpa harus memiliki kios pun usaha ini bisa dilakukan, dengan promosi menawarkan kepada teman dekat ataupun media sosial sudah bisa menghasilkan keuntungan. Agar dalam proses pengisian pulsa cepat masuknya, bisa langsung bekerja sama dengan operator seluler seperti telkomsel, xl, three, indosat dll sehingga mampu memberikan kepuasan pada pelanggan.

  1. Jasa Potong Rambut

Peluang usaha potong rambut memberikan keuntungan yang menjanjikan, pasalnya selama rambut manusia masih selalu tumbuh di kepala, maka usaha ini tidak akan pernah mati. Terutama bagi yang memiliki keahlian dalam menata rambut, usaha ini mempunyai prospek masa depan yang cukup bagus.

Bisnis potong rambut tidak perlu modal besar, cukup memiliki keahlian memotong rambut dan gunting sudah bisa berjalan meski tanpa tempat, sebagai tahap awal bisa berkeliling mencari pelanggan, setelah banyak pelanggan bisa mendirikan tempat potong rambut di rumah dengan peralatan seperti peralatan cukur rambut modern agar hasil lebih maksimal dan cepat.

  1. Penjahit Pakaian

Peluang usaha rumahan dengan modal kecil seperti penjahit pakaian tidak pernah mengalami masa surut, kebutuhan akan pakaian sangat besar karena setiap orang membutuhkan pakaian. Apalagi harga membuat pakaian dari penjahit lebih murah dari pakaian jadi yang dijual di pasaran, sehingga akan memilih membuat pakaian di penjahit.

Apalagi jika memiliki keterampilan desain pakaian, peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar sangat terbuka. membuat pakaian seperti baju pernikahan, baju anak sekolah dan kantor potensi penghasilan yang diperoleh lebih menggiurkan. Dengan bermodalkan keahlian menjahit dan desain, usaha ini memiliki prospek yang cerah di masa depan.

  1. Jasa Pembuatan Website

Di jaman teknologi digital saat ini, banyak perusahaan membutuhkan website sebagai media informasi atau bentuk pemasaran produk mereka, maka dibutuhkan jasa pembuat website untuk menunjang kegiatan tersebut. Dengan demikian, peluang usaha rumahan membuka jasa pembuatan website ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan

Usaha jasa pembuatan website memerlukan keahlian di bidang pemrograman sebagai modal utamanya, mahir dalam mendesain website agar menarik, serta memiliki banyak relasi dan jaringan yang luas, maka tidak akan sulit untuk mempromosikan jasa pembuatan website ini.

  1. Jasa Penulis Online

Ingin memiliki usaha dengan modal kecil atau tanpa modal dapat dilakukan di rumah, yakni dengan menjual jasa sebagai penulis artikel online. Memiliki keterampilan dalam menulis artikel yang unik dan menarik menjadi modal utama menjadi penulis online, tulisan yang dihasilkan mampu menarik minat pembaca maupun pemilik website yang merekrut.

Biasanya setiap artikel yang ditulis akan dipatok dengan harga sesuai dengan jumlah kata, semakin menarik tulisan maka pemilik website akan terus berlangganan menggunakan jasa Anda sebagai penulis di websitenya. Hal ini dapat memberikan keuntungan yang besar, usaha ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

  1. Jasa Pengetikan dan Fotocopy

Membuka usaha jasa pengetikan dan fotocopy sangat cocok bagi yang memiliki rumah dekat dengan kampus atau perkantoran, usaha ini akan terus berkembang apabila ditekuni dengan serius, dimana awalnya hanya membuka jasa pengetikan dan fotocopy bisa berkembang menjadi toko perlengkapan ATK yang mampu menghasilkan keuntungan yang besar.

Dalam mendirikan usaha jasa pengetikan dan fotocopy ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, pasalnya harga mesin fotocopy second saat ini masih terbilang mahal. Akan tetapi, jika melihat prospek ke masa depan usaha ini cukup menjanjikan.

  1. Warnet dan Game Online

Warnet dan game online merupakan jenis usaha kategori hiburan yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, meskipun saat ini telah banyak menggunakan ponsel untuk menjelajah dunia maya, tetapi warnet masih banyak dibutuhkan. Terutama bagi mereka yang butuh hiburan dengan bermain game online, usaha ini masih cukup menjanjikan.

Agar usaha warnet dan game online bisa memberikan keuntungan yang besar, bisa sediakan minuman atau makanan ringan, serta fasilitas lainnya yang bisa membuat pengunjung merasa nyaman. Komputer dan koneksi jaringan menjadi modal utama mendirikan usaha rumahan ini, sehingga modal awal yang harus dikeluarkan perlu dipertimbangkan.

  1. Bisnis Jualan Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan makanan ini, semua orang tentunya menyukai makanan murah meriah ini. Dengan modal yang kecil, tapi bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar, pasalnya usaha jualn gorengan ini banyak diburu konsumen sehingga tidak akan pernah sepi. Terlebih lagi lokasi jualan ini berada di tempat ramai maka keuntungan yang diperoleh bisa berlipat ganda.

Nasi uduk atau nasi kuning biasanya melengkapi usaha gorengan ini, sebagai menu sarapan dan menu makanan anak kos yang paling diminati, maka keuntungan yang diperoleh dari kombinasi usaha ini semakin menggiurkan.

  1. Bisnis Jualan Keripik

Dengan memanfaatkan ruangan di salah satu rumah untuk produksi keripik menjadi peluang usaha yang banyak peminatnya, dalam produksi keripik ini tidak hanya satu jenis saja, bisa memproduksi banyak jenis keripik seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik ubi dan lain sebagainya, maka keuntungan yang bisa diperoleh lebih besar.

Pemasaran usaha keripik bisa dilakukan secara online maupun offline, promosi melalui media sosial atau menjajakannya ke warung atau toko oleh-oleh. Dengan melibatkan anggota keluarga membuat produksi usaha keripik bisa berkembang lebih maju. Terpenting dalam usaha ini memiliki pengelolaan keuangan yang bagus agar usaha tetap berjalan lancar.

  1. Pencucian Kendaraan Bermotor

Dengan bermodalkan mesin kompresor dan sabun sudah bisa membuka usaha pencucian kendaraan bermotor di rumah, apalagi letak rumah berada di pinggir jalan raya membuat usaha ini lebih strategis dijalankan. Banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang dan butuh jasa pencucian memberikan peluang usaha yang menghasilkan pundi-pundi uang.

Bagi mereka yang memiliki kesibukan tidak sempat mencuci kendaraannya, akan datang ke tempat pencucian, saat menunggu kendaraannya di cuci agar tidak merasa jenuh sediakan koran atau makanan dan minuman, maka dalam usaha ini pelayanan menjadi faktor utama dalam menggaet pelanggan,

  1. Bengkel dan Tambal Ban

Banyaknya kendaraan bermotor membuka peluang usaha bengkel dan tambal ban menjadi sangat menjanjikan, meski dengan modal yang terbatas, tetapi memiliki keahlian dalam bidang otomotif sudah bisa membuka usaha ini. Apalagi lokasi rumah berada tepat di pinggir jalan, maka peluang usaha ini memilik prospek yang bagus untuk ke depannya.

Agar semakin menghasilkan keuntungan yang lebih besar, sediakan juga aksesoris kendaraan sebagai pelengkap usaha ini. Akan tetapi, jika ditelusuri usaha bengkel dan tambal ban saat ini sudah banyak berdiri. Namun dengan menyuguhkan pelayanan yang maksimal dan service yang memuaskan usaha ini akan mampu bersaing.

  1. Ternak Ikan Lele

Semakin menjamurnya pedagang kaki lima seperti pecel lele, membuat peluang usaha ternak lele lebih menjanjikan. Memiliki halaman belakang rumah yang luas bisa dibuatkan kolam tempat untuk ternak lele, untuk perawatan ikan lele pun tidak terlalu sulit.

Usaha ternak lele dapat berkembang dengan pesat apabila mampu menjalin kerjasama baik dengan para pedagang pecel lele, pada dasarnya dalam usaha ini relasi menjadi faktor penting keberhasilan. Maka harus berusaha mempromosikan atau menawarkan kepada para pedagang pecel lele lebih banyak lagi, sehingga keuntungan yang diperoleh bisa menjadi besar.

  1. Agen Pembayaran Listrik

Bekerjasama dengan PLN bisa membuka usaha agen pembayaran listrik di rumah, peluang usaha ini cukup menjanjikan, dimana bagi mereka yang tidak sempat membayar listrik karena kesibukan yang padat, akan menggunakan jasa agen pembayaran listrik, apalagi saat ini sistem pembayarannya lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.

Peralatan yang diperlukan untuk usaha ini adalah komputer dan printer untuk mencetak struk pembayaran, serta koneksi internet untuk melakukan pembayaran secara online. Biasanya usaha rumahan seperti jasa agen pembayaran listrik menjadi lebih banyak menghasilkan keuntungan dikombinasikan dengan usaha jualan pulsa ponsel.

  1. Toko Kelontong

Meskipun saat ini minimarket sudah banyak berdiri, jika mampu menarik hati konsumen maka membuka usaha toko kelontong akan selalu ramai, setiap orang membutuhkan barang dan bahan untuk keperluan sehari-hari, maka kelengkapan barang-barang kebutuhan di toko menjadi faktor keberhasilan dalam membangun usaha ini.

Selain itu, pengelolaan usaha yang baik disertai dengan strategi marketing yang handal sangat dibutuhkan dalam usaha rumahan ini, karena persaingan usaha ini cukup ketat. Di kota-kota besar toko kelontong banyak dijumpai, bahkan jaraknya hanya beberapa meter saja antara toko kelontong satu dengan toko lainnya.

  1. Jual Beli Barang Bekas

Usaha jual beli barang bekas memiliki nilai nominal yang cukup menguntungkan. Jual beli motor bekas atau ponsel bekas misalnya, ketika konsumen tidak mampu membeli yang baru, maka mereka akan mencari yang bekas, dengan begitu bisa menjadi produsen barang bekas yang berkualitas, promosikan jualan tersebut baik secara online maupun offline. Di jaman sekarang jualan online sangat meningkat pesat jika dilihat hari kuantitasnya.

Usaha rumahan jenis ini bisa digeluti oleh para anak muda atau sebagai usaha sampingan yang ingin memiliki penghasilan tambahan, kejelian menjadi hal penting dalam usaha ini, jeli dalam melihat kualitas barang agar tidak mengecewakan pelanggan.

  1. Jasa Service Komputer dan Ponsel

Jasa service komputer dan ponsel memiliki market yang besar, pasalnya hampir semua orang mempunyai ponsel dan komputer untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka. Akan tetapi, rata-rata lebih banyak dari mereka hanya bisa menggunakan dari pada jumlah yang bisa service, maka peluang usaha ini cukup menggiurkan.

Jika jasa service yang dilakukan sangat memuaskan, maka usaha ini tidak akan pernah sepi. bahkan mereka tidak segan untuk mempromosikan ke teman-temannya, sehingga secara otomatis dapat mendatangkan banyak pelanggan, maka penghasilan yang diperoleh akan lebih besar dan nama brand dri jasa usaha ini akan semakin populer.

  1. Kerajinan Tangan dan Souvenir

Merubah hobi menjadi ladang penghasilan melahirkan peluang usaha yang menjanjikan, usaha ini sangat tergantung dari selera pasar dan tren yang sedang berkembang. Kreatifitas dan inovasi menjadi modal utama, kerajinan tangan dan souvenir yang dibuat harus mampu menarik perhatian konsumen.

Dalam memasarkannya bisa dilakukan dengan bantuan promosi di media sosial, jika mereka puas akan hasil kerajinan tangan yang dibuat, maka mereka akan merekomendasikan ke teman-temannya, sehingga mendatangkan keuntungan yang besar.

  1. Jualan Kue dan Roti Rumahan

Membuka usaha produksi kue dan roti rumahan tidak memerlukan modal yang besar, dengan memanfaatkan ruangan kosong di rumah sehingga bisa menekan biaya sewa tempat, untuk proses produksi bisa mengajak anggota keluarga yang terampil untuk membantu menjalani bisnis jualan kue dan roti ini, meskipun Anda tidak terampil dalam membuat kue atau roti.

Produksi kue dan roti rumahan saat ini masih menjanjikan, meskipun bisnis ini sudah banyak yang menjalankannya. Dengan sentuhan tangan yang kreatif dan pemikiran yang inovatif mampu menciptakan resep kue dan roti jenis baru, baik berupa bentuk dan rasa sehingga bisa bersaing dengan bisnis produksi yang serupa lainnya.

  1. Jualan Bubur Ayam

Waktu yang tidak memungkinkan untuk membuat sarapan pagi karena di kejar deadline pekerjaan, sehingga membuat mereka tidak sempat mengisi perut. Biasanya bubur ayam menjadi pilihan sebelum melanjutkan aktivitas di tengah kesibukan pekerjaan, sehingga peluang usaha 2018 ini sangat menggiurkan.

Bubur ayam merupakan makanan yang disukai oleh semua orang dalam segala usia, makanan ini tetap eksis dari jaman dahulu hingga kini, sehingga prospek usaha ini cukup besar jika dikelola dengan serius, bahkan bisa menghasilkan omset yang besar.

  1. Jualan Mie Ayam dan Bakso

Mie ayam dan bakso menjadi makanan favorit semua orang, usaha ini tidak ada matinya dan tidak lekang oleh waktu. Tetapi persaingan usaha ini cukup ketat, maka dibutuhkan strategi usaha yang mampu menarik perhatian, sehingga kreatifitas dan inovasi menjadi modal utama menggeluti usaha ini.

Cita rasa dan pelayanan merupakan faktor penting dalam memajukan usaha ini, mereka yang doyan mencicipi makanan kuliner lebih mengedepankan cita rasa dari pada membuat perut kenyang, maka buatlah bumbunya yang bisa menggugah selera. Jika pelanggan merasa puas, mereka akan mengabadikan makanan ini dan membagikannya lewat media social, sehingga bisa menjadi sarana promosi gratis.

  1. Jasa Sol Sepatu dan Tas

Memiliki keahlian menjahit sepatu, tas dan jaket kulit bisa menjadi sumber penghasilan, bisa dipastikan semua orang memiliki barang-barang tersebut, ketika barang kesayangan mereka mengalami kerusakan, dari pada dibuang atau membeli yang baru maka mereka akan mencari jasa ini, sehingga barang yang rusak kembali terlihat seperti baru.

Usaha sol sepatu dan tas pelakunya masih belum banyak, dengan kebutuhan yang cukup tinggi maka peluang usaha ini cukup menjanjikan. Modal untuk membuka usaha ini pun tidak besar, cukup menyediakan jarum, benang sol dan lem serta peralatan pendukung lainnya. Kerapihan dan keawatan menjadi modal utama bisnis ini mendatangkan pelanggan.

  1. Desain Grafis dan Fotografer

Memiliki keahlian dibidang desain dan kemampuan fotografer, bisa menjadi peluang usaha 2018 yang menjanjikan, dimana jasa ini biasanya disewa untuk acara pernikahan atau khitanan serta acara yang perlu diabadikan sebagai momen berharga.

Keahlian dalam mengolah gambar menjadi nilai utama, mampu menghasilkan gambar yang bagus sehingga usaha ini akan terus berjalan seiring dengan rekomendasi mereka. Untuk desain grafis dengan hasil yang berkualitas biasanya gambar diedit menggunakan photoshop atau coreldraw, kepuasan menjadi sangat penting disni.

15 Cara Promosi Produk Yang Akan Membuat Sukses Penjualan Anda

Demikian 25 peluang usaha rumahan dengan modal yang kecil tetapi mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar, jika dikelola dan ditekuni dengan serius setiap usaha yang digeluti bisa berkembang dan maju. Tidak mudah menyerah dan jangan cepat putus asa menjadi dasar utama dalam membangun usaha rumahan menjadi ladang usaha yang besar.

bisnis menjanjikan 2018, usaha yang menjanjikan 2018, prospek bisnis 2018, usaha yang bagus di tahun 2018, peluang usaha warnet tahun 2018, budidaya yang menjanjikan 2018, bisnis modal kecil 2018, bisnis modal kecil untung besar, usaha di tahun 2018, trend usaha 2018

LEAVE A REPLY