Panduan Ringkas Cara Ternak Parkit Australia, Sebagai Usaha Sampingan

Cara Ternak Parkit Australia – Satu lagi jenis burung impor yang cukup potensial untuk Anda biakan sebagai usaha budidaya agro, yakni burung parkit Australia. Burung dengan tampilan fisik menyerupai burung kakak tua dengan ukuran lebih mini satu ini belakangan cukup diminati sementara persaingannya belum terlalu ketat, berbeda dengan jenis Murai Batu Medan yang belakangan sedang naik daun.

Panduan Ringkas Cara Ternak Parkit Australia, Sebagai Usaha Sampingan
Panduan Ringkas Cara Ternak Parkit Australia, Sebagai Usaha Sampingan

Cara ternak parkit Australia juga terbilang mudah, apalagi species Aves satu ini juga jinak dan cerdas. Mudah sekali Anda arahkan bahkan juga Anda latih dan ajak bermain. Mereka juga memiliki kemampuan yang terbilang sebagai kemampuan motorik halus dan tidak semua jenis burung memiliki kebisaan yang sama. Ini membuat burung satu ini tak hanya diminati di pasar lokal, tetapi juga di pasar Internasional.

Baca juga : Jalak Kebo Jantan, Rahasia Jalak Gacor Yang Nyaring

Hewan yang merupakan plasma nutfah asli Australia ini di dunia internasional di kenal dengan nama Cockatiel atau Falk. Kalau dalam bahasa lokalan kadang kita mendengar sebutan palek sebuah plesetan dari kata Falk dengan dialek lokal Indonesia.

Harga pasaran di Indonesia bisa mencapai angka 900 ribuan perekor, sedang untuk jenis bakalan bisa dihargai ssenilai 300 ribuan. Sedang harga yang indukan jadi bisa menyentuh angka 3 jutaan. Biasanya warna, kejinakan dan kemampuan dari burung sangat mempengaruhi harga jual. Harga yang terbilang tinggi ini karena memang belum banyak pelaku breeding atau pembiakan burung jenis Parkit Australia ini di Indonesia.

Padahal cara ternak Parkit Australia ini sebenarnya terbilang sederhana. Mereka tidak terlalu ribet untuk dipelihara dan tidak membutuhkan penangananan intensif macam Murai Batu. Anda tertarik dengan usaha ternak Parkit Australia? Berikut ini panduan cara ternak parkit Australia yang bisa menjadi pedoman awal Anda.

  1. Pastikan indukan sudah jodoh
    Untuk pemula akan lebih mudah untuk Anda membeli pasangan indukan yang memang sudah jodoh. Pasalnya tidak mudah menjodohkan parkit Australia, dan untuk Anda yang pemula proses ini bisa menjadi sangat memakan waktu. Anda bisa belajar secara bertahap untuk menjadi mahir menjodohkan.
  2. Masalah kandang
    parkit Australia memang bukan jenis burung tropis, tetapi mereka terbiasa dengan gaya hidup ala tropis, jadi mereka suka dengan kandang yang memudahkan mereka terekspos matahari pagi. Mereka suka bermain, jadi jangan buat kandang yang sempit dan berdesakan. Mereka tidak akan nyaman ketika mereka harus berdesakan dan akhirnya malah tidak mau bereproduksi.

    Buat kandang dari besi atau bahan metal, karena paruh mereka yang keras bisa perlahan menghancurkan kandang dari kayu. Masukan beberapa batang pohon atau setidaknya beberapa trap tempat bertengger sebagai arena bermain. Tambahkan beberapa pilihan sarang supaya mereka bisa memilih sendiri sarang favorit mereka.
  3. Masalah pakan
    Ilmu cara ternaik Parkit Australia lain adalah soal pakan. Pakan untuk jenis burung berparuh bengkok ini adalah segala jenis biji-bijian. Anda bisa memadu padankan beragam jenis kacang, biji kacang hijau, biji jagung, kacang kenari, biji bunga matahari, juwawut dan sebagainya. Padukan dengan buah dan sayur sebagai selingan karena ini juga akan membantu pencernaan mereka. Biasanya mereka suka buah pisang dan pepaya, tambahkan aneka model tauge beberapa kali sebagai pengganti biji. Anda juga bisa tambahkan tulang sotong untuk asupan kalsium untuk mereka.
  4. Kebersihan
    Burung Parkit Australia biasanya memiliki bulu dalam warna cenderung pucat, walau kadang juga hadir dalam warna gelap keabuan atau malah dengan semburat aneka warna. Masalah kebersihan sangat rentan untuk burung ini, karena mereka membutuhkan area bersih untuk merasa nyaman, juga karena bulu mereka yang pucat bisa mudah kotor bila Anda biarkan hidup dalam kandang kotor.
  5. Penjinakan
    Proses penjinakan lebih mudah ketika Anda menggunakan anakan usia 2 minggu. Pisahkan dari induk dalam ruangan khusus berpenghangat. Cara ini akan membantu indukan juga cepat berproduksi kembali. Mereka juga makan biji-bijian dalam bentuk lebih kecil dan untuk proses ini Anda perlu melakukan hand feeding alias memberi makan dengan tangan Anda sendiri. Proses inilah yang akhirnya membuat mereka terbiasa berinteraksi dengan manusia dan jinak.
  6. Pelatihan
    Setelah melalui proses 1,5 bulan dan anakan mulai mandiri, ajari mereka kemampuan berkicau dan berbicara dengan terus meningkatkan interaksi dan membantu dengan memperdengarkan suara burung gacor yang sekarakter. Ini akan membuat mereka lebih aktif untuk berkicau dan meniru suara.
    Itulah tadi cara ternak Parkit Australia atau Cockatiel ini. Ternyata tidak sulit kan membiakan burung berjambul panjang ala Kakak tua ini? Apakah kini Anda siap mengeruk potensi bisnis dari balik sicantik kakak tua mini satu ini?

Sumber gambar : www.parsipet.ir

Pencarian Terkait :

parkit australia, cara ternak parkit australia, cara ternak falk, ternak parkit australia, ternak falk, parkit australi, burung falk, Cara ternak burung falk, burung parkit australia, falk australia, harga bUrung falk, ternak burung falk, cara beternak falk, harga parkit australia 2016, ternak burung parkit australia