Usaha Budidaya Ternak Burung Murai Batu Borneo Kalimantan

0
1628

Ketika nama murai batu mulai populer di pasaran penggemar burung, di saat yang sama muncul pasar permintaan baru dari kalangan kolektor rumahan yang sekedar mencari burung gacor yang siap meramaikan hunian dengan nyaring kicauan burung ala Murai Batu.

Usaha Budidaya Ternak Burung Murai Batu Borneo Kalimantan
Usaha Budidaya Ternak Burung Murai Batu Borneo Kalimantan

Dan untuk memenuhi permintaan pasar ini, rasanya memang burung Murai Batu Borneo Kalimantan bisa jadi pilihan terbaik. Harganya yang cukup miring dibawah harga burung Murai Batu asal Sumatera membuat jenis Murai Batu Borneo Kalimantan jelas lebih ditaksir kalangan pecinta burung rumahan. Tetap gacor dan tak kalah cantik namun dengan harga yang lebih terjangkau, jelas bukan pilihan yang buruk kan?

Baca juga : Tips Usaha Sampingan Ternak Burung Murai Batu Medan

Bisa Anda bayangkan harga perekornya untuk jenis bakalan bisa mencapai ¾ dari harga pasaran jenis Murai Batu Medan. Kadang malah harga bisa lebih dibanting sampai separuh dari harga Murai Batu Medan. Biasanya memang kondisi burung menjadi alasan harga ditentukan, semakin baik kondisi burung dengan kemiripan yang mendekati jenis Murai Batu Sumatera semakin baik harga jualnya.

Saking miripnya dengan jenis Murai Batu Sumatera dan harganya yang miring tak jarang Anda menjumpai pemain nakal yang main aksi tipu-tipu dengan menjual jenis burung Murai Batu Borneo Kalimantan ini dengan label Murai Batu Sumatera. Tentu saja mereka bisa mengeruk hasil lebih besar karena harga asalnya saja udah jauh berbeda.

Biasanya memang burung asal Kalimantan cenderung kurang elegan dari warna bulu. Warna ekornya memiliki beberapa bulu putih yang kentara dan bentuk ekor yang kurang lancip. Berbeda dengan bentuk ekor burung Murai Batu Sumatera yang lebih solid bentuk dan warnanya dengan nuansa hitam kelam yang kuat. Sentuhan putih hanya seperti semburat samar yang kadang tak kentara.

Bentuk burung asal Kalimantan ini sendiri cenderung tampak lebih gempal, bahkan ada kesan perutnya sedikit buncit.. Ini berbeda dengan burung asal Sumatera yang lebih ramping dengan perut yang tampak kecil dan terkesan sangat anggun.

Tampilan dan suara yang harus diakui tak sesempurna besutan asal Sumatera membuat burung asli Kalimantan biasanya lebih miring. Tapi justru permintaan untuk jenis Murai Batu Borneo Kalimantan ini di atas permintaan dari jenis Sumatera. Harganya yang relatif rendah dan peminatnya yang justru tidak mengerucut hanya pada para pecinta kompetisi membuatnya lebih banyak dicari.

Apalagi belum banyak penjualan burung jenis satu ini yang berasal dari usaha pembiakan. Berbeda dengan jenis Burung Murai Medan dan asal Nias yang mulai banyak dikembangkan dalam usaha ternak, jenis dari Kalimantan ini malah kurang populer di kalangan pembiak burung Murai Batu. Pasalnya memang jenis ini lebih baru dari jenis burung Murai Batu lain.

Kebanyakan burung Murai Batu Borneo Kalimantan ini berasap dari hasil tangkapan hutan. Mereka biasanya ditangkap ketika masih relatif muda dengan sistem perangkap. Meski kadang hasil penangkapan ini kadang menyebabkan burung memiliki cacat apalagi kalau sistem penangkapannya tidak aman.

Kadang ketika Anda melakukan transaksi Anda bisa lihat kondisi bulu dan paruh burung Murai Batu tersebut. Bisa jadi proses penangkapan membuat bulunya rusak, seolah mekar atau malah paruhnya yang tampak terluka. Jangan pula mudah terkecoh ketika burung Murai Batu Borneo Kalimantan ini tampak asyik menikmati ulat Hongkong, bisa jadi ini bukan karena demi meningkatkan suaranya tetapi karena memang burung ini belum lihai makan voer.

Untuk Anda ketahui salah satu kelemahan dari burung tangkapan bukan jenis burung biakan adalah ola makannya yang masih konvensional. Jangan harap mereka terbiasa menikmati voer. Jadi bisa saja para pedagang memang hanya bisa memberi makan ulat hongkong dari pada harus berpayah-payah melatihnya malan voer.

Kalau Anda tertarik untuk menjajal pembiakan burung satu ini, Anda bisa membeli beberapa jenis burung indukan dan membiakannya di dalam beberapa kandang di rumah Anda pada spot yang sekiranya cukup nyaman untuk burung Murai Batu Borneo. Selalu perhatian tahapan pakan mulai dari indukan, proses pembesaran sampai proses pelatihan supaya suara mereka gacor.

Bila Anda bisa menerapkan ketekunan, ketrampilan dan kesabaran, bukan mustahil dari usaha skala kecil Anda bisa mengeruk hasil tak kecil. Pasalnya saat ini memang jenis Murai Batu termasuk Murai Batu Borneo Kalimantan ini sedang naik daun, memanfaatkan kesempatan jelas ide yang bagus kan?

Baca juga : wisata goa jogja

Sumber gambar : blog-muraibatu.blogspot.com

LEAVE A REPLY