Teknik Jitu Penangkaran Burung Murai Batu Medan

0
297

Beberapa saat lalu kami sempat membahas mengenai beberapa tips seputar penangkaran burung Murai Batu Medan. Dalam pembahasan tersebut kami mengulas mengenai bagaimana tips menjalankan usaha penangkaran burung yang masuk dalam jajaran jawara ini.

Teknik Jitu Penangkaran Burung Murai Batu Medan
Teknik Jitu Penangkaran Burung Murai Batu Medan

Dalam kesempatan ini sekali lagi kami akan mencoba mengulas mengenai burung Murai Batu Medan yang memang memiliki berbagai sisi pesona itu. Namun kali ini kami akan secara spesifik memberi Anda teknik khusus untuk mensukseskan usaha penangkaran burung Murai Batu Medan ini. Yakni dengan menjelaskan bagaimana cara menghasilkan burung andalan yang siap Anda jual dengan nilai yang memuaskan di pasaran.

Baca juga : usaha ternak murai batu

Selama ini kebanyakan orang cenderung melihat burung Murai Batu dengan ukuran tubuhnya. Ketika tubuhnya tampak gempal dengan ekor yang menjurai mulus, maka jenis burung ini dijuluki dengan nama burung Murai Super. Anda bisa saja fokus pada jenis super macam ini dengan memaksimalkan upaya penggemukan dan proses perawatan bulunya.

Baca juga : Perawatan murai batu

Namun nilai lebih dari Murai Batu rupanya tak berhenti pada bulu. Dan justru membentuk tubuh terlalu gempal akan membuat kualitas lain dari Murai Batu menurun. Ini akan membuat asset hidup ini kehilangan satu nilai jualnya.

Untuk mendapatkan Murai Batu dengan nilai jual yang memuaskan, Anda perlu melatih kicau burung Murai Batu ini. Disanalah tantangan tersendiri dari usaha penangkaran burung Murai Batu Medan. Karena begitu Anda sukses menerbitkan burung Murai Batu dengan kicau yang super, maka usaha penangkaran Anda akan menuai hasil besar.

Pada dasarnya meski burung ini memiliki tampilan yang cantik, tetapi dalam kompetisi, kemampuan kicau menjadi penilaian utama. Itu sebabnya bila Anda ingin meningkatkan level dari usaha penangkaran burung Murai Batu Medan yang Anda jalankan, penting untuk Anda meletakan porsi fokus lebih besar pada pelatihan kemampuan burung dalam berkicau.

Pada dasarnya dalam melatih kemampuan berkicau untuk murai, tak berbeda jauh dengan teknik pelatija untuk burung lainnya. Terdapat dua cara standar yang bisa Anda terapkan yakni dengan menggunakan burung murai lain yang sudah matang dengan kemampuan kicaunya atau dengan memasangkan tape atau suara rekaman dari murai yang sudah jawara.

Memperdengarkan suara burung murai akan memancing hasrat burung murai amatir untuk ikut bersuara dan pada akhirnya akan melatih kualitas suaranya. Namun rupanya proses inipun perlu teknik khusus. Dan teknik khusus tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan jenis burung master atau suara rekaman burung Murai Batu memang berasal dari jenis burung dengan salur suara yang sejenis dengan Murai Batu yang akan Anda latih. Kalau dalam salur suara yang berbeda, biasanya burung yang Anda latih tak akan mampu mengikuti suara master sebaik yang Anda harapkan, jadi usaha Anda akan sia-sia.
  2. Jangan latih dengan banyak modal suara dan nada dulu. Latihlah setahap demi setahap supaya burung tidak terlalu bingung, apalagi kalau ini adalah proses latihan pertamanya. Meski memang bisa memakan waktu lama, tetapi akan memberi hasil lebih baik dari pada Anda terburu-buru dan membuat burung malah merasa tertekan dan akhirnya mogok berkicau sama sekali.
  3. Pastikan suara burung tidak memekakan telinga, terutama untuk pelatihan jenis burung kicauan yang masih baru. Pelankan suara speaker atau jauhkan jarak burung master yang burung yang Anda latih kalau burung master memiliki karakter suara yang nyaring.
  4. Jangan berlebihan memberi pemaparan untuk burung baru, bila dengan speaker, pastikan Anda memilih 1 jam pelatihan sebanyak dua kali di waktu dengan suara lebih lengang seperti pagi dan malam hari. Hindari penggunaan master yang terlalu banyak berkicau karena bisa jadi burung baru malah merasa tertekan, terutama kalau Anda tengah melatih burung yang sama sekali baru dalam urusan berkicau.

Itu tadi beberapa teknis khusus untuk mendapatkan burung jawara dalam usaha penangkaran burung Murai Batu Medan. Satu catatan di sini, letakan masalah pelatihan berkicau ini sebagai prioritas utama dalam pengembangan kemampuan burung baru kemudian Anda memaksimalkan masalah perawatan bulu dan surainya. Maka usaha penangkaran burung Murai Batu Medan Anda akan memberi Anda hasil yang memuaskan dalam jangka panjang.

Sumber gambar : www.situshewan.com

LEAVE A REPLY