Usaha Budidaya Poksay Mandarin Dan Cara Perawatan Jitunya

0
2589

Satu lagi jenis burung kicauan yang banyak digemari para pecinta burung, yakni burung Poksay Mandarin atau dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama Poksay Genting. Poksay yang berasal dari kawasan Kalimantan dan Sumatera ini termasuk salah satu burung kicauan yang gacor dan memiliki bulu dengan warna yang menarik.

Usaha Budidaya Poksay Mandarin Dan Cara Perawatan Jitunya
Usaha Budidaya Poksay Mandarin Dan Cara Perawatan Jitunya

Harga jual satu ekor Poksay Mandari jenis bakalan bisa mencapai harga kisaran 300 sampai 500 ribuan. Tetapi untuk jenis yang gacor Anda bisa capai angka sekitar 1,5 jutaan dan jangan tanya untuk jenis yang sangat gacor, Anda bisa mendapat angka mencapai lebih dari 5 juta perekor.

Baca juga : Panduan Ringkas Cara Ternak Parkit Australia

Dengan harga jual relatif tinggi dan stabil, rasanya memang tak salah kalau Anda memilih jenis Poksay Mandaring ini sebagai hewan ternak. Apalagi hewan species aves ini memiliki karakter suara yang cukup memikat dan nyaring dengan cara perawatan yang tidak terlalu rumit. Sebenarnya malah hampir sama saja dengan kebanyakan Janis burung kicauan lain.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dalam memelihara dan beternak burung dengan warna dominasi kelabu dan bermahkota jingga tua ini. Berikut beberapa panduan terkait perawatan burung Poksay Mandarin.

  1. Sangat menyukai hujan
    Burung satu ini menggemari hujan dan sangat suka bila Anda hujan-hujankan. Malah lebih baik kalau Anda mandikan dengan spray ketimbang dengan model disiram menggunakan keramba. Justru ketika mereka basah oleh hujan dan Anda beri pakan dan anginkan supaya kering bulunya di saat inilah mereka kadang merasa santai dan nyaman dan mulai bernyanyi. Cara ini juga membantu Anda menenangkan jenis burung yang masih giras.
  2. Pada dasarnya memang suka berkicau
    Tanpa Anda latih khusus sekalipun sebenarnya jenis Poksay memang sudah sangat suka berkicau. Dan biasanya jenis betina cenderung berkicau dengan monoton dari jenis jantan. Rasanya ini bisa menjadi panduan Anda membedakan jenis betina dan jantan karena secara fisik keduanya sangat mirip.
  3. Pakan serangga dan buah
    Jenis pakan untuk Poksay Mandarin secara alami adalah jenis pakan serangga mulai dari kroto, jangkrik dan belalang. Tambahkan ulat hongkong karena jenis ini sangat cocok untuk memberi efek hangat ketika mereka baru saja dimandikan.

Setelah Anda memahami panduan dasar dalam merawat burung kicau asal tanah Melayu ini, apa saja teknik perawatan untuk bisa mendapatkan Poksay Mandaring berkualitas? Berikut ini beberapa standar perawatan yang kami dapatkan dari beberapa sumber pakar burung kicauan.

  1. Burung Poksay Mandarin butuh Anda embunkan ketika pukul 5 atau 6 pagi sekitar 30 menitan lamanya setiap hari.
  2. Berikan asupan ulat bambu 2 ekor ketika masa pengembunan
  3. Mandikan burung ketika pukul 7 pagi, sebaiknya dengan cara semprotan menggunakan spray bertekanan rendah.
  4. Di saat yang sama bersihkan kandang dari sisa makanan dan kotoran. Ganti minuman dengan yang lebih segar. Jangan lupa bersihkan wadah makan dan minum untuk menghindari jamur dan jentik. Anda bisa tambahkan vitamin dengan dicampurkan pada minuman bila perlu
  5. Setelah dimandikan angin-anginkan burung Poksay Mandarin tadi dan paparkan dengan inar matahari pagi. Sebaiknya cari lokasi terbuka yang tidak terlalu terik. Sementara Anda memberikannya pakan 3 ekor ulat Hongkong dan 2 ekor jangkrik. Makanan ulat hongkong akan membantunya lebih hangat.
  6. Setelah bulu kering, jemur burung pasca di angin-angin di ruang terbuka yang teduh selama kisaran 2 jam. Ta.mbahkan buah pada kandang supaya mereka bisa makan sembari dijemur
  7. Sore hari, mandikan lagi burung dengan spray bertekanan rendah, dan angin-angin kembali sampai bulu kering. Lakukan ini sebelum pukul 3 sore supaya tidak terlalu dingin.
  8. Berikan 2 ekor ulat hongkong dan 2 ekor jangkrik pada saat angin-angin sore ini.
  9. Sebelum pukul 5 atau menjelang matahri tenggelam masukan burung ke dalam ruangan tertutup supaya tidak kedinginan dan terpapar udara malam
  10. Pada kisaran siang sampai sore hari ini Anda bisa tambahkan dengan memperdengarkan suara burung kicauan gacor yang sesuai untuk melatih kemampuan kicau mereka. Semakin beragam jenis kicau yang mereka dengar semakin baik kemampuan mereka.
  11. Kadang bila perlu kandang dikerodong untuk membuat mereka bisa istirahat, pada kisaran pukul 6 sore.

Itulah tadi beberapa panduan dasar dan standar perawatan burung Poksay Mandarin untuk menghasilkan burung Poksay Mandarin gacor yang siap memanjakan hunian Anda dengan kicauan meriah mereka.

Sumber gambar : www.pricearea.com

LEAVE A REPLY