Jenis Makanan Kelinci Anggora Yang Baik Untuk Kualitas Juara

Jenis Makanan kelinci anggora – Kelinci angora sebagai salah satu kelinci yang banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan tentu saja memiliki harga jual yang mahal. Kelinci jenis ini memang memiliki penampilan fisik yang menarik yakni terlihat lucu dan menggemaskan sehingga menjadi salah satu hewan terfavorit untuk dijadikan hewan peliharaan.

makanan kelinci anggora

Namun, untuk memelihara kelinci memerlukan perhatian yang cukup intensif dibandingkan dengan memelihara hewan lain. Salah satu alasannya adalah karena kelinci bisa dibilang merupakan hewan yang cukup mudah stress apabila ada masalah seperti dari lingkungan atau bahkan dari pakan.

Karena stress itulah kelinci terkadang bisa menurun kondisi tubuhnya dan bisa menyebabkan kematian. Makanan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan selain dari tingkat stress dari kelinci. Nah bagi yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai makanan kelinci anggora sehingga kelinci anda bisa tetap sehat dan menggemaskan tentunya.

Mungkin anda berpikiran bahwa makanan kelinci angora tidak jauh berbeda dengan makanan kelinci biasa. Memang demikian, namun kelinci anggora memiliki bagian tubuh yakni bulunya yang merupakan ciri khas dan menjadi komoditasnya dibandingkan pada kelinci lain.

Oleh karena itulah ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya diberikan secara khusus untuk kelinci anggora tersebut agar bulu bulu lembut yang indah dan juga menggemaskan tersebut tidak kehilangan kualitasnnya apalagi sampai rontok.

Pelet

Untuk makanan kelinci anggora yang pertama yang bisa diberikan adalah pelet. Pelet ini bisa didapatkan dengan mudah di toko toko perawatan hewan atau penyedia pakan hewan peliharaan. Anda bisa menanyakan kepada pemilik toko pelet mana yang berkualitas. Dengan pelet yang berkualitas, maka kelinci pun akan tumbuh dan terjaga kesehatannya.

Makanan kelinci anggora berupa pelet merupakan makanan yang dibuat dengan berbagai bahan campuran. Bahan bahannya sudah terjamin baik untuk kelinci. Hanya saja satu yang kurang yakni pelet merupakan makanan padat yang kering.

Oleh karena itulah sediakan juga air minum yang cukup untuk kelinci di kandang agar kelinci tidak kekurangan cairan terutama jika cuaca sedang panas.

Makanan alami

Selanjutnya untuk makanan kelinci anggora yang bisa diberikan adalah makanan alami seperti sayur sayuran dan buah buahan bahkan juga rumput. Untuk makaanan tersebut, sebaiknya dilayukan dalam jangka waktu tertentu.

Alasannya adalah untuk menghindari kembung. Kembung pada kelinci bisa berakibat fatal dan  bisa membunuh kelinci tersebut. Oleh karena itulah perhatikan pakan alami yang diberikan.

Berbeda dengan pemberian pelet, makanan kelinci anggora berupa makanan alami cenderung masih banyak mengandung air. Namun meskipun demikian, anda tetap harus menyediakan air minum yang cukup karena kita tidak tahu seberapa banyak kebutuhan air yang dibutuhkan oleh kelinci tersebut.

Nah setelah mengetahui makanan kelinci anggora yang bisa diberikan pada kelinci peliharaan anda, sekarang adalah cara pemberian pakannya. Hal ini juga penting untuk diperhatikan agar tidak menjadi sia sia dalam memberikan pakan.

  1. Untuk pakan berupa pelet, jangan diberikan setiap hari. Berikan setidaknya satu minggu sekali dan bekali juga dengan air minum yang cukup karena pelet merupakan konsentrat yang tidak mengandung air sehingga akan membuat haus.
  2. Siapkan tempat untuk pelet yang baik. Alasannya karena kelinci anggora memiliki bulu yang harus terjaga kebersihannya. Jangan sampai kotor sehingga anda terlalu sering untuk memandikan kelinci sehingga berdampak buruk bagi kelinci.
  3. Sama halnya dengan poin kedua, untuk pemberian pakan alami bisa dilakukan dengan cara digantung. Hal ini juga bisa menjaga agar bulu kelinci tetap bersih dan terhindar dari jamur dan juga penyakit.
  4. Bersihkan makanan kelinci anggora yang tersisa setiap harinya. Jangan sampai kelinci anggora anda memakan makanan busuk yang ada di kandangnya. Terlebih makanan busuk tersebut juga bisa menjadi sumber penyakit seperti jamur.
  5. Untuk tempat minum anda bisa membelinya di toko peliharaan karena jika hanya mengandalkan mangkok saja bisa cepat tumpah dan hal itu bisa buruk karena akan membasahi bulu kelinci. Bulu kelinci yang basah bisa cepat menumbuhkan jamur yang dapat menjadi sumber penyakit untuk si kelinci.

Pencarian Terkait :

kelinci anggora, pelet khusus kelinci anggora