Ini Dia Cara Merawat Kelinci Anggora Yang Benar Dan Mudah

0
94

Cara merawat kelinci Anggora – Kelinci adalah hewan yang lucu dan menggemaskan sehingga banyak dicari oleh masyarakat. Umumnya kelinci diternakan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan karena harga dari beberapa jenis kelinci bisa dibilang cukup mahal. Namun, ada juga yang berternak kelinci untuk dijadikan budidaya dan konsumsi alias sebagai pedaging karena dagingnya juga enak.

Cara merawat kelinci Anggora

Di beberapa negara lain, bahkan kelinci dijadikan sebagai penghasil wol pengganti domba dan juga kulitnya digunakan untuk berbagai macam produk. Tetapi merawat kelinci anggora bukanlah hal yang mudah. Kelinci terbilang sebagai hewan yang cukup mudah stress sehingga bisa cepat mengalami kematian. Nah berikut ini ada beberapa cara merawat kelinci anggora agar kelinci yang anda miliki baik sebagai peliharaan maupun sebagai ternak tetap sehat dan bisa bertahan hidup lama.

Tempat Hidup

Kelinci membutuhkan tempat hidup yang bisa dibilang nyaman daripada dengan hewan peliharaan lainnya. Terutama masalah kebersihan yang merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit yang bisa membunuh kelinci kesayangan anda. Pastikan tempat dimana kelinci anda adalah tempat yang bersih dan tidak membuat stress kelinci tersebut.

Nah cara merawat kelinci agar tempat tinggalnya atau tempat hidupnya tidak stress adalah dengan mencari kandang atau tempat yang cukup untuk kelinci bergerak dan seperti yang kita ketahui bahwa kelinci memiliki telinga panjang yang sangat sensitif terhadap suara sehingga lebih baik tempat hidup kelinci tersebut juga tidak terlalu bising.

Tambahan untuk cara merawat kelinci pada tempat hidupnya adalah perhatian pada pemangsa. Kelinci umumnya memiliki pemangsa seperti anjing liar, kucing, elang dan lainnya. Pastikan tempat hidup atau kandang dari kelinci anda aman dari gangguan para predator.

Makanan

Makanan adalah salah satu hal penting yang juga perlu mendapatkan perhatian khusus dalam cara merawat kelinci. Untuk pakan kelinci sebaiknya diberikan dengan banyak variasi seperti pellet, sayuran segar dan biji bijian. Jangan lupa juga untuk turut memberikan air minum yang cukup.

Alasannya adalah kelinci mudah sekali mati apabila mendapatkan makanan yang tidak cocok dengan mereka. Seperti sayuran yang terlalu segar malah bisa membuat perut kelinci kembung dan bisa menyebabkan kematian.

Dengan memvariasikan pakan yang diberikan, peternak kelinci juga bisa mendapatkan perkembangan yang signifikan dari tubuhnya. Hanya saja untuk cara merawat kelinci dalam hal pakan anda harus melakukan perhitungan yang pas agar harga jualnya tinggi namun biaya yang dikeluarkan juga tertutup oleh harga jualnya.

Kelinci pedaging memang diincar dari ukuran tubuhnya. Namun, semakin besar ukuran tubuhnya, maka semakin banyak pula konsumsi pakan yang dia butuhkan. Dengan demikian anda bisa melakukan perhitungan yang pas dari biaya pakan dan harga jualnya.

Perawatan

Untuk cara merawat kelinci sehari harinya bisa dipelajari terlebih dahulu dengan cara membawa atau menggendong mereka. Alasannya adalah seperti yang telah dikatakan sebelumnya yakni kelinci sangat mudah stress. Dengan demikian, baik anda yang memiliki kelinci baik untuk peliharaan maupun untuk beternak bisa menjaga kelinci anda tetap sehat dan tidak stress.

Cara merawat kelinci dimulai dari cara mengangkatnya yakni dengan menggenggam kulit punggungnya, membawa keseluruhan tubuhnya atau membuatnya tengkurap ke langit langit seperti menggendong bayi. Sedangkan cara yang salah dalam mengangkat kelinci adalah dengan menarik telinganya.

Telinga kelinci adalah bagian tubuh yang sangat sensitive karena banyak syaraf didalamnya. Jika kelinci itu berbeban berat, maka bisa terjadi syaraf yang putus dan menyebabkan kematian. Selain syaraf, hal itu juga bisa mengakibatkan otot telinga rusak dan menimbulkan kecacatan.

Cara yang salah lainnya adalah dengan mengangkat dari kedua kaki belakangnya. Hal ini buruk karena dapat menyebabkan penggumpalan darah di kepala dan mengganggu peredaran darah serta masalah lainnya.

Penyakit

Selain ketiga hal diatas, anda juga perlu tahu bahwa kelinci juga bisa dan mudah terserang penyakit. cara merawat kelinci anggora yang baik adalah dengan mengatasi penyakit tersebut sesuai dengan cara penangannya atau dengan obatnya. Anda bisa mempelajari bagaimana cara mendeteksi penyakit dari kotoran kelinci, dari tingkah lakunya maupun ciri ciri lainnya. Kita pun harus menyayangi binatang peliharaan kita dengan kasih sayang.

LEAVE A REPLY