6 Jenis Kelinci Hias Kualitas Terbaik Dan Harganya

0
66

Jenis kelinci hias – Salah satu hewan peliharaan yang favorit untuk dimiliki adalah kelinci. Kelinci tergolong hewan yang sangat penurut dan memiliki penampilan yang lucu dan menggemaskan. Tak heran kini banyak yang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan. Nah, banyak jenis kelinci yang disebut sebagai kelinci hias.

Harganya sendiri bergantung pada jenisnya, semakin langka jenisnya apalagi jika merupakan jenis impor maka semakin mahal pula harganya. Namun, jangan heran dan jangan gemas apabila melihat wujudnya.

Nah lalu apa saja jenis jenis kelinci hias yang banyak beredar di pasaran dan berapa sih kira kira harganya? Nah berikut ini adalah beberapa ulasannya yang mungkin bisa membantu anda menemukan calon peliharaan kelinci anda.

Kelinci Anggora

Jenis kelinci hias yang satu ini sudah tidak perlu banyak dibicarakan lagi mengenai penampilan fisiknya. Nama anggora sendiri identic dengan bulu tebal yang menggemaskan baik pada kucing maupun kelinci. Kelinci anggora yang berasal dari Turki ini memiliki bulu yang lembut dan tebal sehingga tampak lucu dan menggemaskan.

Jenis kelinci hias  anggora
Anggora

Untuk jenis kelinci ini sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis lainnya sesuai dengan asalnya seperti kelinci anggora perancis, inggris dan beberapa hasil persilangan seperti satin dan dwarf.

Harga dari jenis kelinci hias yang satu ini terbilang cukup mahal karena bisa mencapai harga jutaan. Namun hal tersebut juga dipengaruhi sumber jenisnya apakah impor maupun lokal. Jika lokal, maka anda harus mempersiapkan dana yang lebih besar.

Kelinci Lion

Kelinci lion sering disamakan dengan jenis kelinci hias anggora asal Inggris, namun sebenarnya beda. Kelinci lion bisa dijadikan alternative bagi anda yang menginginkan kelinci dengan bulu yang tebal dan menggemaskan namun harganya masih terjangkau. Kelinci Lion setidaknya memiliki harga hingga 2 juta, lebih murah daripada kelinci anggora. Namun untuk alasan khusus mungkin bisa menyamai harga kelinci anggora.

Gambar Kelinci Lion
Lion

Kelinci lion memiliki bulu rambut yang menutupi wajahnya. Dan salah satu ciri khas yang memberdakan dari jenis kelinci hias anggora adalah telinganya dimana kelinci lion cenderung lebih pendek dan rambutnya seperti surai singa sehingga disebut lion yang berarti singa.

American Chinchilla

Jenis kelinci hias yang satu ini memang merupakan jenis kelinci hias impor namun memiliki harga yang sedikit lebih terjangkau. Harga dari American Chinchilla sendiri bisa ditebus dengan harga mulai dari 200 hingga 700 ribu.

kelinci American Chinchilla
American Chinchilla

Kelinci hias American chinchilla memang tidak memiliki bulu yang panjang seperti anggora maupun lion, namun tubuhnya yang besar dan bulunya yang pendek lembut menjadikan jenis kelinci hias yang satu ini cukup diminati banyak orang.

Dutch

Jenis kelinci hias dutch juga terbilang jenis kelinci yang memiliki harga mahal. Harganya memilki kisaran antara 200 ribu hingga 3 juta rupiah untuk dewasa dan untuk yang masih kecil antara 50 hingga 200 ribu. Kelinci yang satu ini memiliki kelebihan pada warna bulu rambutnya dimana warnanya cenderung merupakan kombinasi dari lebih dari satu warna.

gambar kelinci Dutch
Dutch

Memiliki berat hingga 2,5 kg, jenis kelinci hias yang satu ini memang terlihat biasa namun sifatnya yang terbilang lebih keibuan dari kelinci jenis lainnya menjadikan kelinci jenis ini banyak dipelihara karena bisa dikembangbiakkan dengan baik.

English Spot

Salah satu jenis kelinci hias yang harganya bisa menyaingi kelinci hias anggora adalah kelinci berjenis English Spot. English Spot memiliki ciri khas yang unik yakni noda noda di bulunya yang terlihat lucu dan menarik. Harganya bisa mencapai tiga juga sesuai dengan keunikan spot atau noda yang dimilki.

gambar kelinci English Spot
English Spot

Himalayan

Kelinci dengan bulu rambut tebal dan juga memiliki harga beli yang murah lainnya adalah jenis kelinci hias Himalayan. Kelinci Himalayan memiliki warna mata merah terang dan bulu yang tebal. Tubuhnya memanjang dan juga penuh dengan bulu. Berat dari kelinci ini bisa mencapai berat 4 kilogram lebih. Kelinci yang berasal dari Rusia ini juga banyak ditemui versi mininya atau dwarf yang merupakan hasil persilangan.

gambar kelinci himalayan
Himalayan

Nah itulah beberapa jenis kelinci hias yang populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Anda bisa mencari gambar lainya di Google sehingga bisa mempertimbangkan jenis apa yang akan anda ambil sebagai binatang peliharaan.

LEAVE A REPLY