Ciri Ciri Ayam Bangkok Super Jalu Ganas Mematikan Pasti Menang

0
80

Ciri ciri ayam bangkok super – Ayam Bangkok adalah salah satu jenis ayam yang banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan. Banyak alasannya yakni salah satunya adalah ayam ini berpostur gagah dengan dada yang membusung serta memiliki ukuran yang cenderung lebih besar daripada jenis jenis ayam lainnya.

ciri-ciri-ayam-bangkok-super-jalu

Ayam Bangkok sering dimanfaatkan sebagai ayam petarung karena kelebihannya tersebut dan tarung ayam ini sendiri di Indonesia merupakan salah satu budaya yang sudah cukup tua. Pertarungan antara ayam ini tidaklah menggunakan ayam Bangkok biasa namun menggunakan ayam Bangkok super yang dikenal karena keberingasannya, kekuatannya serta kelincahannya dalam mengatasi lawan lawannya.

Nah bagi anda yang ingin mencari ayam jenis ayam Bangkok yang tidak hanya sekedar ayam biasa melainkan ayam super yang pandai bertarung, berikut ini ada beberapa ciri ciri ayam Bangkok super yang bisa anda kenali dari calon ayam yang akan anda beli. Pastikan anda memahaminya agar tidak tertipu.

# Postur

Karena ayam Bangkok dikenal sebagai ayam petarung, maka tidak heran jika dari postur tubuhnya saja sudah bisa dilihat apakah ayam tersebut memiliki ciri ciri ayam Bangkok super atau tidak. yang pertama yang bisa anda lihat dan perhatikan adalah ketika ayam itu berdiri. Apakah secara umum ayam tersebut simetris antara kiri dan kanan. Mampu berdiri tegak dan terlihat tubuhnya tegap atau tidak. anda bisa meraba dibalik sayapnya untuk mengetahui apakah ayam tersebut terpenuhi gizinya atau tidak.

Selain secara fisik anda bisa melihat dan merasakan, perhatikan juga ketika ayam diberdirikan, perhatikan langkahnya. Apakah bisa berjalan dengan lincah atau ada kecacatan dari langkahnya. Anda bisa melakukan beberapa percobaan dengan melempar ayam tersebut dari ketinggian sekitar 30 cm.

Apakah ayam tersebut bisa mendarat dengan sempuran? Hal tersebut penting untuk melihat apakah ayam tersebut bertenaga, ada penyakit yang membuatnya lemas dan lainnya. Kemudian jika ayam tersebut memenuhi percobaan tadi berarti bisa disimpulkan bahwa ayam tersebut memenuhi ciri ciri ayam Bangkok super.

Jika ayam yang anda akan beli merupakan ayam yang sudah sering bertarung, perhatikan luka luka yang dialami. Apakah luka luka tersebut terlihat mongering dengan sehat atau tidak. Memang ayam yang sudah sering bertarung apalagi selalu memenangkan pertarungan akan lebih terjamin untuk memenangkan pertandingan.

Namun anda juga harus melihat banyaknya luka apakah memungkinkan untuk ayam Bangkok tersebut untuk terus bermain. Jika tidak, maka ada baiknya juga untuk anda mencari ayam Bangkok muda yang ciri ciri ayam Bangkok super secara umum diatas dalam hal postur tubuhnya.

# Ukuran Tubuh

Salah satu ciri ciri ayam Bangkok super yang sebaiknya dicari adalah dari ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh dari ayam Bangkok ini haruslah professional, bukan besar karena lemak namun karena otot otot padat yang menunjang dari tubuhnya tersebut. Ukuran tubuh yang besar juga menjadi sebuah nilai positif saat pertarungan dimana jangkauan dari ayam Bangkok yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar juga lebih mudah dicapai dan mengenai lawan.

Selain ukuran tubuhnya yang besar akan semakin mudah melancarkan serangan, namun untuk bertahan sendiri pun juga memberikan kelebihannya dimana untuk ukuran tubuh yang lebih besar akan sulit untuk digapai ayam Bangkok yang berukuran lebih kecil.

# Warna Bagian Tubuh

Selain postur tubuh, hal lainnya yang perlu diperhatikan sebagai ciri ciri ayam Bangkok super adalah warna bagian tubuhnya. Warna tubuhnya ini bisa terlihat dari luar yakni mulai dari bulunya, hingga jenggernya. Pertama tama adalah dari warna bulunya. Ayam Bangkok yang sehat dan berkualitas super memiliki warna bulu yang mengkilap karena minyak alami yang dihasilkan.

Tidak peduli warna apa bulunya namun ketika terkena minyak dari ekornya, maka bulunya akan terlihat berkilau indah ketika terkena cahaya. apabila ayam tersebut merupakan ayam yang sering bertarung dan ada beberapa bulunya yang rontok, anda bisa mempertimbangkannya sesuai dengan penilaian anda apakah ayam tersebut masih bertenaga atau mungkin sudah saatnya pensiun.

Warna tubuhnya yang lain yang bisa dilihat adalah jenggernya. Ayam yang sehat memiliki jengger berwarna merah terang dan segar apabila jenggernya berwarna merah. Jengger tersebut menjadi salah satu ciri ciri ayam Bangkok super yang harus diperhatikan. Warna mata juga demikian dimana ayam Bangkok berkualitas super bisa terlihat dari kejernihan matanya.

# Paruh

Meskipun jarang diperhatikan, namun tidak ada salahnya jika anda memperhatikan paruh dari ayam Bangkok. Paruh ayam Bangkok super memiliki cri ciri kuat dan tajam. Pastikan tidak ada kecacatan yang ada di bagian tubuh ini karena paruh dari ayam adalah salah satu senjata yang digunakan untuk menyerang lawannya. ciri ciri ayam Bangkok super ini memang jarang disarankan untuk dicek, namun tidak ada salahnya untuk anda melihatnya.

# Nafas

Suara nafas dari ayam Bangkok adalah salah satu yang bisa dibilang penting untuk dijadikan ciri ciri ayam Bangkok super. Anda bisa mendengarkannya dnegan seksama, apakah ayam Bangkok tersebut bernafas dengan sempurna atau tidak. dikatakan tidak sempurna adalah apabila nafas dari ayam tersebut seakan akan terdengar seperti suara orang mengorok karena adanya lendir dalam saluran pernafasan.

Gangguan salauran pernafasan tersebut mungkin jarang ditemukan, namu ada baiknya jika anda memeriksa lebih lanjut apakah ayam tersebut lincah atau terlihat lemas. Karena hal tersebut bisa terindikasi sebagai salah satu penyakit. Nah hal ini merupakan ciri ciri ayam Bangkok super yang penting yang harus anda dengarkan dengan baik.

Selain nafas, ada pula kokoknya. Bagi beberapa orang yang mengandalkan ayam Bangkok super untuk dijadikan ayam petarung mungkin tidak terlalu ingin memperhatikan suara kokoknya selama ayam tersebut memiliki kualitas yang baik. Namun tidak ada salahnya pula untuk memasukkan kokok ayam ke daftar ciri ciri ayam Bangkok super.

Anda bisa menunggu ayam Bangkok tersebut berkokok atau setidaknya bersuara. Apakah ayam Bangkok tersebut memiliki suara kokok yang lantang dan lancar? Ataukah suaranya seakan terganggu oleh suatu hal. Nah anda bisa memperhatikan hal tersebut dengan seksama sebelum memutuskan untuk memilih.

# Kaki

Kaki dari ayam Bangkok adalah bagian tubuh yang paling dicari kekhasannya. Hal tersebut membuat kaki ayam Bangkok menjadi ciri ciri ayam Bangkok super yang wajib untuk dicek secara seksama. Alasannya adalah kaki dari ayam tersebut adalah alat untuk bertarung dalam pertarungan ayam dan di bagian kakilah ayam memiliki senjata tempurnya.

Dengan memiliki kaki yang kuat dan sesuai dengan ciri ayam Bangkok berkualitas super itu berarti seperti layaknya lengan petinju yang berotot dan cepat untuk memukul. Nah ciri dari kaki ayam Bangkok berkualitas super adalah sebagai berikut:

# Bentuk Paha

Untuk bagian tubuh ini memiliki ciri ciri ayam Bangkok super yakni berbentuk pipih dan juga gepeng. Bentuk paha ini bukan satu satunya ciri namun setidaknya bentuk paha seperti ini memberikan kemudahan bagi ayam untuk menyerang lawannya. Dengan ciri ciri lainnya yang ada akan semakin membuat ayam Bangkok tersebut semakin sulit terkalahkan.

# Otot paha

Meskipun ciri ciri ayam Bangkok super mengatakan bahwa ciri yang menunjukkan kualitas adalah bentuknya yang pipih atau gepeng, namun bukan berarti pipih tersebut adalah pipih yang kurus tak berisi. Anda bisa meraba bagian ini dan merasakan apakah otot paha dari ayam tersebut besar, padat dan kuat. Anda juga bisa sedikit menggoyangkan area luarnya apakah itu merupakan otot atau memiliki lapisan lemak yang tebal.

Meskipun hal tersebut merupakan ciri ciri ayam Bangkok super namun bukan berarti otot dari ayam Bangkok tidak bisa dilatih. Karena ada beberapa peternakan yang memang memiliki spesialisasai dalam budidaya ayam Bangkok untuk petarung dimana kaki adalah salah satu hal yang penting sehingga mereka melakukan beberapa latihan dan asupan gizi yang cukup bagi ayam agar otot pahanya bisa berkembang dengan baik.

Lalu apa sih manfaat otot paha dari ayam Bangkok? Mengapa hal ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan sangat sebagai ciri ciri ayam Bangkok super bahkan hingga adanya latihan khusus untuk mendapatkan masa otot yang sesuai? Tentu saja sama seperti analogi sebelumnya.

Bagi petinju, kedua lengannya haruslah kuat dan berotot sehingga bisa menyampaikan tinjunya pada lawan, sedangkan pada ayam Bangkok kakinya haruslah memiliki otot yang kuat agar dapat memberikan sepakan, tendangan serta dorongan untuk bermanuver menyerang lawan. Hal ini sangat diperlukan sehingga tidak heran ketika ayam Bangkok memiliki kualitas kaki yang terbilang buruk, maka ayam Bangkok tersebut akan berkurang harga jualnya.

# Warna kaki

Selain warna bulunya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu warna yang perlu diperhatikan adalah warna kakinya. Ayam Bangkok memiliki ciri ciri ayam Bangkok super khusus yang umumnya berbeda dengan jenis ayam lainnya yakni memiliki warna yang hampir sama dengan warna paruhnya atau warna dari kornea mata yang mengelilingi matanya.

Konon, meskipun belum ada penelitian resmi, namun warna dari kaki ayam Bangkok ini sering dikaitkan dengan tingkat konsentrasi ayam pada pertarungan, kepercayaan diri, serta mental tangguh dalam menghadapi lawan lawannya. Oleh karena itulah, jangan lupa masukkan syarat ini ke dalam daftar ciri ciri ayam Bangkok super mu.

# Lutut Kaki

Selain ketiga hal diatas, yang juga perlu diperhatikan meskipun sebentar adalah bagian lutut. Bagian lutut ini akan lebih baik sedikit diperhatikan karena dari lutut inilah ayam Bangkok bisa melompat dan bermanuver untuk menyerang lawan dengan pijakannya yang kuat. Oleh karena itu, sama seperti pada ciri ciri ayam Bangkok super dalam hal postur tubuh, lutut kaki juga sebaiknya diberikan perhatian agar mampu tumbuh dalam hal kualitas.

# Pergelangan Kaki

Setelah di bagian lutut, turun lagi ke bawah ada pergelangan kaki yang juga turut berpengaruh apabila ayam Bangkok dijadikan sebagai ayam petarung. Dengan pergelangan kaki yang besar, maka pukulan yang disampaikan juga diharapkan dapat mampu mengenai lawan dengan telak.

Karena semakin besar bagian pergelangan kaki maka akan semakin mantap pula ketika pukulan atau tendangannya kepada lawan. Nah tidak ada salahnya bagian pergelangan kaki ini juga turut mendapatkan perhatian untuk ciri ciri ayam Bangkok super anda.

# Tulang kaki

Yang satu ini merupakan salah satu ciri ciri ayam Bangkok super yang mungkin hanya bisa diketahui bagi mereka yang memang kerap berhubungan dengan pertarungan ayam. Secara kasar atau garis besar, kaki ayam Bangkok bisa disentuh dan dirasakan untuk dirasakan jenis apa tulang dari ayam tersebut.

Dari rabaan bisa diketahui bahwa jenis tulang ayam tersebut terbagi menjadi dua yakni membulat dan membentuk persegi. Tidak ada yang lemah diantara kedua jenis kaki ayam ini selama mereka tumbuh sempurna.

Setiap jenis tulang kaki dari ayam Bangkok ini memiliki kelebihan masing masing dimana untuk tulang membulat akan memberikan pukulan atau tendangan yang keras dan menyakitkan bagi lawan. Namun untuk yang berbentuk  persegi memiliki penampilan yang lebih garang dan juga keras.

Kedua jenis tulang tersebut menjadi salah satu ciri ciri ayam Bangkok super yang mungkin harus anda pahami atau dalami sendiri, karena bagi ayam yang mungkin memiliki kaki yang tebal akan sedikit sulit untuk menentukan jenis mana tulang kaki dari ayam tersebut.

# Jari Kaki

Ini adalah ciri ciri ayam Bangkok super yang penting dan harus anda pahami. Ciri ayam petarung yang hebat terletak pada bagian jari kakinya dimana merupakan senjatanya. Cirinya adalah jarinya panjang sehingga mudah menjangkau lawan, mengecil dan juga meruncing untuk menusuk ayam.

ciri ciri ayam Bangkok super dalam hal jari kaki ini juga menjadi salah satu yang menentukan tinggi rendahnya harga ayam Bangkok super. Karena dari bentuk jari kaki yang sesuai dengan cirinya itulah yang bisa dibilang akan sukses untuk menyerang lawan.

# Tumit Kaki

Jika sebelumnya banyak dianalogikan dengan sesuai dengan pertarungan tinju, namun yang satu ini berbeda. ciri ciri ayam Bangkok super adalah memiliki tumit kaki yang tipis bagian dagingnya. Alasannya? Karena apabila daging yang memenuhi bagian tumit tersebut digunakan sebagai senjata, maka yang lawan akan dapatkan adalah anda memukul dengan menggunakan sarung tinju yang empuk sehingga lawan memiliki peluang untuk bertahan lebih lama.

# Sisik

Faktor lainnya yang juga menjadi ciri ciri ayam Bangkok super adalah sisik dari kakinya. Sisik dari kakinya akan menunjukkan bagaimana perawatan dari si pemiliki ayam sebelumnya. Jika sisiknya terlihat bersih dan bersinar itu artinya perawatan yang diberikan baik. Alasannya sisik sisik dari kaki ayam ini seringkali terluka atau terkelupas setiap mengalami pertarungan. Jika tidak diobati dengan baik apabila terluka bisa menjadi sebuah hal yang buruk seperti infeksi dan sebagainya.

Ada dua jenis sisik yang menjadi ciri ciri ayam Bangkok super. Keduanya memiliki perbedaan namun tidak berarti salah satu diantaranya merupakan ciri yang buruk. Dua jenisnya tersebut adalah sisik basah dan sisik kering. Untuk sisik basah, maka sisik yang ada di kaki cenderung empuk dan kenyal.

Keuntungan dari sisik jenis ini adalah ketika dalam pertarungan bisa menjadi peredam. Kemudian jenis yang kedua adalah sisik kering dimana manfaatnya adalah dalam pertarungan bisa menghindari goresan karena cenderung lebih keras.

Kedua jenis sisik ini tidak dimiliki oleh ayam Bangkok secara berbeda. Terkadang ada yang awalnya sisik basah lalu menjadi sisik kering atau sebaliknya. Namun secara umum, jenis sisik yang ada pada ayam yang telah berusia matang akan mengkerut dank eras. Namun hal ini tidak bisa dijadikan patokan mengenai berapa usia dari ayam Bangkok tersebut karena beberapa perlakuan khusus memang disengaja agar mendapatkan ciri ciri ayam Bangkok super berupa sisik kering.

# Susunan sisik

Selain jenis sisik di atas, salah satu yang juga menjadi ciri ciri ayam Bangkok super yang sehat dan juga berkualitas adalah susunan sisiknya. Susunan sisiknya ini sedikit banyak terpengaruh oleh jenis sisik, namun bukan berarti tidak mungkin ada diantara kedua jenis sisik tersebut.

Ada alasan khusus mengapa sususnan sisik menjadi penting untuk diteliti, yakni karena susunan sisik tersebut memberikan gambaran mengenai syaraf motoric dan juga aliran darah di bagian kaki. Hal ini sangat penting karena kaki merupakan salah satu senjata dari ayam Bangkok selain paruhnya.

# Taji

Yang terakhir ini menjadi hal yang paling penting bagi ciri ciri ayam Bangkok super untuk mereka yang mencari ayam petarung. Taji atau kuku yang memancang diatas kaki ayam adalah sebuah cakar yang bisa dibilang menjadi jari ke lima dari ayam. Letak dari taji ini harus berada di kedua kaki dari ayam yakni kanan dan kiri.

Dimana letak taji tersebut di kakinya harus sama tingginya dan apabila tidak berarti anda bisa kembali melihat langkah nomor satu dimana kegagahan postur tubuh ayam jago menjadikan ayam tersebut tidak takut.

Nah itulah beberapa ciri ciri ayam Bangkok super secara fisik sebagai bahan pertimbangan untuk budidaya ternak ayam petarung. Namun tidak semua yang secara fisik itu baik atau sempurna menjadi jaminan untuk memenangkan pertarungan. Karena layaknya seorang atlit, ayam Bangkok pun perlu di latih mentalnya agar berani melawan ayam lainnya yang mungkin dari segi ukuran lebih besar, lebih tua dan lain lain.

Untuk tips pembelian ayam Bangkok super, akan lebih baik jika anda membelinya secara langsung dengan mengajak untuk bertemu terlebih dahulu. Alasannya karena anda harus mengecek segala kelengkapan dari ciri ciri ayam Bangkok super. Yang kedua adalah anda bisa meanyakan mengenai permasalahan yang mungkin akan terjadi pada si ayam apabila diketahui setelahnya ayam tidak memiliki kualitas seperti yang ditawarkan sebelumnya.

Anda bisa meminta bantuan pada orang yang tepat yang mengetahui kualitas dari ayam Bangkok super yang berkualitas dan sebagainya. Sedangkan untuk yang ketiga adalah anda harus memastikan harga jual dari ayam tersebut wajar atau tidak berbeda terlalu jauh dari harga jual secara umum terlebih jika usia ayam Bangkok tersebut terbilang tua untuk dijual. Harga bisa lebih tinggi apabila ada kelebihan khusus yang bisa meningkatkan harga jual.

Ayam Bangkok yang memiliki ciri ciri ayam Bangkok super secara baik maka hasilnya pun kembali menguntungkan pemiliknya entah nantinya akan dijadikan sebagai ayam petarung atau hanya sekedar untuk memelihara ataupun sebagai peluang usaha jual beli aym bangkok. Namun hal yang baik akan berguna di tangan orang yang tepat pula. Anda perlu mengerti berbagai perawatan, pemberian pakan dan hal hal lainnya agar setelah anda mendapatkan ayam Bangkok berkualitas super, kualitas tersebut juga bisa terus terjaga atau lebih baik lagi.

Untuk anda sekalian yang menginginkan ayam yang anda beli menjadi petarung hebat maka harus ada perlakuan khusus bagi ayam Bangkok super. Apa saja perlakuan khusus tersebut diberikan bahkan hingga beberapa waktu sebelum pertandingan atau malah dijual. Nah apa saja yang diberikan? Berikut ini adalah beberapa ulasannya agar ayam Bangkok anda memiliki ciri ciri ayam Bangkok super:

# Pemberian Makanan Yang Cukup

Makanan adalah salah satu kunci untuk mahluk hidup bertahan hidup. Nah, bagi ayam Bangkok yang dipelajari bisa juga di berbagai media, namun akan lebih baik jika pemberian waktu yang cukup dan tidak berbeda dalam menentukan kualitas dari jagoan ayam petarungnya.

# Ramuan Khusus

Bukan rahasia lagi, ciri ciri ayam Bangkok super yang bertarung dalam pertarungan adalah mereka yang mampu bergerak lincah atau cepat. Nah untuk menambah kelincahan, stamina, dan lain lain ada ramuan khusus yang bisa diberikan pada ayam Bangkok melalui pellet atau sumber makanan lainnya. Biasanya ramuan ini merupakan ramuan yang rahasia dan tidak mudah untuk mendapatkan resepnya dari pada para petarung. Namun anda bisa memanfaatkan konkret untuk mendapatkan

# Perlakuan Khusus

Selain ramuan khusus, ada juga ciri ciri ayam Bangkok super dalam membuat lakon anda semakin beringas dan juga semakin mematikan adalah dengan adanya pemberian pelatihan atau perlakuan khusus. Pelatihan tersebut bisa dilakukan dalam suatu tempat seperti berlari, mendarat setelah terbang dan lain lain.

Pelatihan tersebut memang akan memberikan hasil pada ayam Bangkok yang dilatih, namun sayangnya pelatihan tersebut tidak memberikan jaminan karena kualitas dari pelatihnya. Jangan sampai anda melakukan pelatihan yang anda tidak ketahui tujuannya serta anda tidak ketahui manfaatnya atau malah tidak diketahui caranya. Jangan sampai ayam Bangkok yang sudah memiliki ciri ciri ayam Bangkok super akan menjadi sia sia karena anda memaksakan untuk berlatih kembali.

# Perawatan

Perawatan ayam Bangkok bisa juga diberikan dengan berbagai cara seperti memandikannya. Meskipun jangan dilakukan sering sering, namun memandikan ayam juga bisa baik apalagi jika ayam tersebut memiliki luka setelah pertarungan akan lebih baik anda membantu untuk membersihkan lukanya.

Cara perawatan melalui mandi ini juga tidak boleh asal seperti hewan peliharaan lainnya mandi. Anda hanya perlu menyiapkan spons yang dibasahi dengan air dan diperas agar tidak terlalu basah. Kemudian secara perlahan, anda mengelap dan mengusap bagian bagian tubuh yang kotor atau perlu dibersihkan.

Seperti burung peliharaan ataupun merawat kelinci peliharaan, ada baiknya jika setelah memandikan anda menjemurnya dibawah sinar matahari. Karena anda membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan tubuhnya, maka saat paling baik untuk memandikan ayam adalah pada waktu pagi hari.

Selain pemberian pakan dan perawataan, agar ayam peliharaan anda bisa memiliki ciri ciri ayam Bangkok super, anda juga perlu memberikan kandang atau tempat tinggal yang khusus. Nah apa saja kandang yang sebaiknya anda miliki agar ayam Bangkok jawara anda tetap menjadi yang paling tanggung:

  1. Kandang yang bersih, kotoran bisa langsung keluar dan tidak mengendap di kandang. Jika terlalu banyak kotoran yang mengendap bisa membuat ayam Bangkok anda sakit. Jangan sampai kualitas ayam Bangkok yang kita miliki menurun karena kualitas kandang yang kurang baik.
  2. Kandang yang kurang luas

Nah, selain kebersihan kandang luasnya kandang juga harus diperhatikan. Jangan sampai ayam Bangkok kita menjadi stress karena kurangnya tempat untuk bergerak. Karena ayam Bangkok ini adalah ayam yang khusus dari segi perawatan dan lainnya, maka setidaknya ayam Bangkok akan lebih baik ditempatkan di kandang yang berukuran 1 x 1 meter dengan tinggi 1 meter lebih,

Semoga informasi tentang ciri ciri ayam Bangkok super di atas bisa membantu.

Ciri jalu yang ganas

LEAVE A REPLY