Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Mudah Murah Dan Cepat

0
76

Cara membuat kandang kelinci – Kelinci sangat diminati di pasaran karena beberapa alasan seperti karena lucu untuk dijadikan hewan peliharaan hingga karena untuk alasan konsumsi yang juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Tak heran banyak orang memilih untuk menjadikan kelinci sebagai hewan yang dibudidaya sebagai salah satu peluang usaha yang menguntungkan atau diternakkan karena kebutuhan masyarakat yang cukup besar. Apalagi kelinci hias yang harganya juga tidak kalah dengan hewan peliharaan lain.

Manfaat lainnya yang juga dicari adalah kencing kelinci yang banyak dicari oleh pihak pertanian untuk digunakan sebagai pupuk. Nah, banyak sekali bukan manfaat dari hewan berbulu ini? jika anda berminat untuk memulai beternak kelinci, salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah kandang kelinci. Berikut ini ada beberapa penjelasan cara membuat kandang kelinci sendiri sesuai dengan manfaat ternak anda.

Secara umum beternak kelinci dibagi menjadi dua jenis, yakni kelinci pedaging dan kelinci hias. Kandang dari keduanya sangatlah berbeda untuk mendapatkan hasil dari setiap tujuan ternaknya. Nah kita akan mencoba untuk mempelajari bagaimana cara membuat kandang kelinci baik kelinci pedaging maupun kelinci hias.

Kelinci Pedaging

Yang perlu diketahui oleh anda adalah bahwa kandang untuk kelinci pedaging mengutamakan pada pengawasan pertumbuhan kelinci agar kelinci cepat bertumbuh besar dan juga cepat bereproduksi. Nah, kunci dari cara membuat kandang kelinci pedaging adalah efektifitas kandang dimana kandang bisa memuat banyak kelinci namun juga mudah untuk diawasi. Berikut langkah langkahnya.

Bahan

Untuk bahan pembuatan kandang anda dapat menggunakan kayu atau besi sebagai kerangka kandang. Sedangkan untuk separasi atau pemisahan antara setiap ruangnya dan dinding dindingnya, anda bisa menggunakan ram raman atau jaring besi renggang. Namun akan lebih baik jika di bagian belakang kandang anda menutupinya dengan papan kayi atau triplek.

Untuk bagian dasar cara membuat kandang kelinci adalah dengan menggunakan kayu.

Ukuran

Selanjutnya untuk cara membuat kandang kelinci pedaging adalah ukuran dimana untuk setiap kandang bisa berukuran 75 x 50 cm dengan tinggi 45 cm atau sesuaikan lagi dengan jenis kelinci yang akan dibiakkan. Berikan kaki kaki setidaknya setinggi 20 cm untuk kandang bagian bawah dan sebuah pintu yang cukup untuk keluar masuk kelinci berukuran paling besar di bagian depan.

Bentuk kandang

Untuk bentuk kandang sendiri anda bisa membangun kandang dengan bersusun 3 atau 2 susun. Setiap lantainya bisa diisi 3 hingga 5 kandang sesuai dengan jumlah kelinci yang anda biakkan. Untuk cara membuat kandang kelinci yang khusus adalah dengan menyediakan tempat khusus untuk kelinci yang sakit, kelinci yang akan bereproduksi dan juga kelinci yang sedang disapih agar terpisah dari rombongannya.

Kelinci Hias

Berbeda dengan kelinci pedaging, cara membuat kandang kelinci hias lebih mengutamakan kenyamanan kelinci. Hal itu dikarenakan kelinci hias memiliki komditas yang lebih penting yakni penampilannya yang dalam hal ini adalah kesehatan serta bulu bulunya yang akan menarik pembeli.

Untuk cara membuat kandang kelinci hias, akan lebih baik jika anda menerapkan kandang terbuka di alam terbuka. Anda cukup membangun sebuah kandang diatas tanah dan memagari bagian atas dan sekelilingnya dengan ram atau anyaman besi agar kelinci terlindungi dari serangan predator. Sedangkan untuk lantainya di area terbuka, anda bisa memanfaatkan tanah rumput sebagai alasnya.

Alasan mengapa kandang terbuka lebih cocok untuk kelinci hias adalah agar bulu bulu mereka serta kelincahan dari kelinci hias tidak hilang. Karena itulah yang akan menjadi penilaian kualitas kelinci sebelum diperdagangkan. Tak heran untuk cara membuat kandang kelinci hias terkadang lebih membutuhkan banyak biaya karena dalam satu area tidak boleh terisi oleh terlalu banyak kelinci.

Nah itulah dua cara membuat kandang kelinci secara umum baik untuk kelinci pedaging maupun kelinci hias. Untuk model kandangnya anda bisa berkreasi sendiri dengan penampilan yang berbeda namun tetap mengutamakan tujuan ternak kelinci anda dan kelinci tersebut aman dan nyaman dalam kandangnya. Semoga artikel ini membantu anda dalam berkreasi membuat kandang kelinci yang sesuai dengan lokasi tempat anda memelihara kelinci.

LEAVE A REPLY