Cara Budidaya Kelinci Pedaging Hasil Melimpah Menguntungkan

0
69

Cara budidaya kelinci pedaging – Kelinci dipilih untuk diternakkan beralasan karena memang masih sangat jarang ditemukan peternakan kelinci. Kelinci lumayan banyak diminta di pasaran baik untuk hewan peliharaan atau untuk diambil dagingnya untuk dikonsumsi. Tentu saja kedua tujuan ternak itu sangat berbeda dimana untuk cara budidaya kelinci pedaging lebih mengutamakan pertumbuhan kelinci agar semakin besar dan berbobot.

Cara budidaya kelinci pedaging

Karena itulah, mulai dari kandang, jenis pakan, hingga perawatan dari kelinci pedaging sangatlah berbeda dengan kelinci hias. Lalu apa saja yang harus diperhatikan jika anda ingin beternak atau melakukan budidaya kelinci pedaging? Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kandang

Untuk kandang kelinci pedaging sangatlah berbeda dengan kandang kelinci hias. Untuk kelinci pedaging lebih mengutamakan jumlah pembibitan dan juga bobot dari kelinci tersebut. Oleh karena itu kandang bisa dibuat bertingkat sehingga lebih efektif untuk pengawasan dan pemberian pakan. Nah berikut cara budidaya kelinci pedaging dari kandangnya terlebih dahulu.

Untuk ukuran, anda bisa membuat kandang untuk setiap kelinci 30 x 35 cm dengan tinggi 40 cm. anda bisa membuatnya sebanyak 4 berbanjar kemudian bertingkat hingga 3 buah tingkat. Setiap kandang akan diisi oleh seekor kelinci.

Nah cara budidaya kelinci pedaging ini juga harus dipenuhi dengan kandang khusus untuk bereproduksi atau ruang khusus penyapihan anak anak kelinci yang baru lahir. Akan baik pula anda menyediakan kandang khusus untuk kelinci yang sakit sehingga anda dapat memberikan perhatian secara khusus.

Pakan

Untuk cara budidaya kelinci pedaging dalam hal pakan, anda harus secara sistematis merencanakan pada berat berapa kelinci akan menguntungkan anda apabila dijual. Alasannya adalah hal ini juga akan berhubungan dengan pakan kelinci. Semakin besar ukuran kelinci anda maka semakin banyak pula pakan yang dibutuhkan.

Kebutuhan akan pakan yang semakin membesar berarti anda akan membutuhkan pengeluaran yang lebih untuk pakannya. Sehingga anda harus memperhatikan apakah kelinci tersebut sudah layak jual atau belum.

Untuk jenis pakan sendiri sangatlah bervariasi. Hal ini yang kini memudahkan cara budidaya kelinci pedaging karena sudah banyak yang menjual pakan berupa pelet dan vitamin tambahan yang akan semakin membuat kelinci sehat dan juga bertumbuh besar. Selain pelet ada juga sayuran dan juga buah buahan yang bisa diberikan.

Cara pemberian pakannya sendiri untuk cara budidaya kelinci pedaging tidak boleh asal. Pemberian palet dan sayuran serta buah buahan haruslah divariasikan. Apalagi untuk pemberian pakan palet yang cenderung menyebabkan kelinci menjadi haus maka harus diberikan juga asupan minuman atau cairan yang cukup.

Untuk sayuran sendiri akan lebih baik jika sayuran tersebut dilayukan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar setelah kelici memakan sayuran tersebut, kelinci tidak merasa kembung.

Perawatan

Untuk cara budidaya kelinci pedaging dalam hal perawatan mungkin terbilang lebih sederhana dibandingkan dengan kelinci hias. Kelinci pedaging hanya perlu perhatian pada pemberian pakan dan juga asupan gizi yang lainnya sehingga bisa berkembang secara optimal.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya kelinci pedaging adalah jenis penyakit serta bagaimana cara penanganannya apabila terkena penyakit. Sebelumnya telah disampaikan bahwa akan lebih baik jika kelinci yang sakit dipisahkan dari gerombolan dengan kandang khusus sehingga kemungkinan terjadinya penularan untuk penyakit yang menular tidak akan terjadi. Namun, bukan hanya pemisahan saja melainkan anda sendiri juga harus turut memperhatikannya agar tidak bertambah buruk.

Panen

Cara budidaya kelinci pedaging yang terakhir tentu saja adalah cara panen. Timbangan adalah benda yang akan selalu anda butuhkan untuk masa panen. Seperti yang sebelumnya dikatakan bahwa masa panen bergantung dari diri anda sendiri. Kembali, apakah anda akan menjual bibit kepada peternak lainnya atau anda ingin menjual kelinci dewasa yang siap untuk dikonsumsi?

Apabila anda menjual kelinci yang akan siap dikonsumsi maka sebaiknya anda menghitung kebutuhan pangan yang akan anda  butuhkan hingga masa panen sehingga anda tahu pengeluaran yang telah anda keluakan dengan demikian anda akan mendapatkan keuntungan dari kelinci tersebut. Karena orientasi budidaya kelinci pedaging sebagai sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

LEAVE A REPLY