Cara Budidaya Ternak Semut Rangrang Kroto Media Toples Rumahan

0
106

Cara budidaya semut rangrang – Semut rangrang atau yang memiliki nama latin Oecopylla Smaragdina adalah salah satu semut yang memiliki manfaat untuk dikembang biakan atau dibudidayakan. Meskipun tidak untuk dikonsumsi langsung, alias semut tersebut dibudidaya untuk pakan, permintaan dari semut rangrang yang berwarna merah ini terbilang stabil dan juga yang pasti menguntungkan.

Cara Budidaya Ternak Semut Rangrang Kroto Media Toples Rumahan
Sumber gambar: krotojogja.com

Namun sebelum anda membaca mengenai cara budidaya semut rangrang media toples alangkah baiknya jika anda mendapatkan sumber inspirasi atau sedikit motivasi mengapa budidaya semut rangrang ini bisa anda pilih sebagai salah satu usaha anda.

  1. Modal Tergolong Murah

Sebelum memulai cara budidaya semut rangrang media toples tentunya anda juga perlu mengerti modal untuk melakukan usaha ini. Modal untuk usaha budidaya semut rangrang atau yang juga disebut kroto ini terbilang cukup murah dan mudah.

Alasannya adalah karena semut adalah salah satu serangga yang bibitnya tidak begitu mahal dan tidak memerlukan jenis jenis tertentu layaknya binatang budidaya lainnya yang mungkin untuk jenis tertentu harga bibitnya bisa sangat mahal. Untuk kroto anda bisa mencari bibitnya sendiri apabila memungkinkan, atau membeli bibitnya pada yang juga membudidayakan kroto.

Cara budidaya semut rangrang media toples juga tidak memerlukan peralatan atau perlengkapan yang khusus agar dapat mendapatkan hasil yang menarik. Anda hanya perlu bermodal toples sebagai medianya, sebuah ruangan yang suhunya tetap, dan yang pasti adalah ketelatenan dalam merawat semut semut anda nantinya. Jika dihitung hitung, biaya untuk memulai budidaya semut rangrang tidak mencapai satu juta rupiah.

  1. Perawatan Hingga Panen

Dalam budidaya semut rangrang, perawatan yang perlu dilakukan untuk panen tidaklah sebanyak perawatan yang dibutuhkan budidaya lainnya seperti ternak unggas. Cara budidaya semut rangrang media toples hanya membutuhkan kandang yang terjaga suhu, kelembapan dan juga kebersihannya bersama dengan pangan yang cukup. Semut rangrang tidak memerlukan asupan atau obat obatan lainnya agar bisa menghasilkan kroto atau semut rangrang yang berkualitas.

Cara budidaya semut rangrang media toples ini juga terbilang minim resiko dalam perawatannya. Jarang ditemukan adanya penyakit yang menyerang selama anda tetap mampu mengontrol kondisi kandangnya dan juga pakannya. Terlebih anda juga harus melindungi kandang dari predator predator yang mungkin akan mengincar.

  1. Persaingan Masih Kecil

Salah satu alasan mengapa anda harus mempelajari cara budidaya semut rangrang media toples dan juga memilihnya sebagai usaha anda adalah karena budidaya semut rangrang ini meskipun sudah cukup banyak yang menggeluti namun masih sedikit persaingannya. Dengan demikian, tidak ada salahnya anda untuk mencobanya sebagai salah satu ide untuk berwiraswasta.

Cara Memulai Budidaya Semut Rangrang

Nah setelah anda membaca beberapa alasan mengapa jenis budaya yang satu ini bisa anda pilih, sekarang anda bisa melanjutkan ke bagaimana cara budidaya semut rangrang media toples. Sebelum memulai caranya, kita simak dulu apa yang akan anda butuhkan dalam beternak semut rangrang. Selain barang barangnya tergolong murah untuk dibeli, barang barangnya juga tergolong mudah untuk ditemukan.

  1. Toples

Seperti dari judul artikel ini yakni bagaimana cara budidaya semut rangrang media toples, maka sudah pasti barang yang akan anda butuhkan sebagai media untuk budidaya semut rangrang merah adalah toples plastik bening. Untuk jumlahnya anda sesuaikan terlebih dahulu dengan modal yang anda beli. Harga toples plastik bekas wadah makanan bisa anda beli dengan harga kurang lebih Rp. 1000,- saja.

  1. Ruangan

Yang kedua yang anda perlukan dalam cara budidaya semut rangrang media toples adalah ruangan khusus untuk meletakkan toples toples tersebut nantinya. Anda bisa menggunakan ruangan tak terpakai di rumah anda seperti gudang dengan membersikannya terlebih dahulu. Apabila anda memiliki meja, anda bisa menggunakan meja tersebut sebagai tempat meletakkan kroto. Jika anda memiliki sedikit lebih banyak modal anda bisa membuat rak rak bersusun tempat anda meletakkan toples toples tersebut.

  1. Peralatan lainnya

Untuk memenuhi peralatan yang dibutuhkan dalam usaha cara budidaya semut rangrang media toples anda bisa menggunakan alat alat yang sudah ada dalam rumah anda atau membelinya sendiri. Alat alat tersebut adalah seperti penjepit kue, pinset, untuk nantinya anda mengambil sampel atau mengambil sejumlah semut ketika akan memanen. Jaring jaring agar lantai di sekeliling rak rak tidak kotor dan juga peralatan lainnya.

Langkah Memulai Budidaya Semut Merah

  1. Cara budidaya semut rangrang media toples yang pertama adalah dengan menyiapkan semua kebutuhan yang anda perlukan dalam budidaya semut rangrang. Pastikan ruangan memiliki suhu yang stabil dan tidak terlalu lembab, bersihkan toples toples juga peralatan lainnya bebas dari minyak dan segala kotoran.
  2. Cara budidaya semut rangrang media toples selanjutnya adalah melubangi toples plastik yang akan digunakan sebagai wadah untuk lubang udara. Pastikan lubang udara tersebut tidak terlalu besar sehingga semut bisa kabur. Tips untuk melubangi toples plastik tersebut yakni dengan menghindari menggunakan pembakaran seperti menggunakan solder atau paku yang dipanaskan. Anda bisa menggantinya dengan pisau atau benda tajam lainnya. Lubangi setidanya 35 hingga 40 lubang.
  3. isi toples yang anda miliki dengan koloni semut yang sudah anda siapkan. Letakkan dengan posisi tutup toples berada di bawah.
  4. cara budidaya semut rangrang media toples agar tidak terlalu padat atau renggang adalah dengan perbandingan 10 : 2 dimana jika anda baru memiliki 10 toples maka setidaknya satu atau dua toples cukup untuk setiap periodenya.

Hal hal yang perlu anda perhatikan dalam budidaya semut merah.

  1. Semut memang tidak rawan penyakit, namun semut termasuk serangga yang sudah pasti sangat bergantung pada lingkungannya. Semut adalah salah satu serangga yang menyukai kebersihan dan juga kering. Oleh karena itulah pastikan lokasi tempat anda meletakkan semut semut tersebut kering terlebih toples toplesnya. Semakin bersih toples yang anda miliki maka akan semakin nyaman pula semut rangrang tersebut untuk berkoloni di tempat anda.

  1. Alasan mengapa toples dijadikan sebagai media untuk budidaya semut rangrang adalah agar perkembangannya mudah terawasi karena jika terlalu penuh maka semut tidak akan memperbanyak koloninya. Oleh karena itu pilihlah toples yang sebaiknya tidak memiliki banyak lekukan. Jika anda memperhatikan, hal yang akan pertama semut rangrang lakukan terhadap toples tersebut adalah menutup lubang lubang udara yang ada sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka akan membangun sarangnya dan akan mulai berkoloni.

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam usaha cara budidaya semut rangrang media toples untuk anda yang baru akan memulai. Tips terakhir yang bisa anda lakukan untuk semakin memperkaya ilmu anda agar usaha budidaya semut rangrang ini sukses adalah dengan banyak membaca dan juga mencari ilmu dari pengalaman pengalaman pembudidaya semut rangrang merah lainnya.

Sumber gambar : krotojogja.com

LEAVE A REPLY