Peluang Usaha Rumahan Di Desa Berkembang Yang Menguntungkan

0
136

Peluang usaha rumahan di desa – Hidup di desa tidak selalu buruk bagi anda yang berkeinginan menjadi seorang entrepreneur. Buktinya banyak entrepreneur yang memulai mengembangkan bisnisnya berawal dari desa atau tempat asalnya terlebih dahulu sebelum menuju ke daerah lainnya. Oleh karena itulah, anda tidak perlu ragu untuk mencari peluang tersebut.

Yang menjadi tantangan anda adalah bagaimana menemukan ide bisnis yang cocok juga sesuai dengan diri anda dan juga sesuai dengan pasar yang akan anda sasar. Nah berikut ini kita akan membahas beberapa alasan dan juga beberapa peluang usaha rumahan di desa berkembang yang bisa anda kembangkan.

Alasan untuk membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang tersebut adalah:

  1. Bahan Baku Murah

Alasan pertama mengapa membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang harus anda coba adalah urusan modal. kehidupan di desa cenderung memiliki biaya hidup yang lebih murah. Bagi beberapa peluang usaha seperti peluang usaha makanan seperti snack atau kerajinan yang membutuhkan bahan baku khusus bisa diperoleh dengan mudah dan murah di desa. Modal biaya bahan baku ini tentu akan berpengaruh pada produksi anda selanjutnya.

Bagi anda yang memiliki mata jeli seorang entrepreneur, maka anda akan melihat apa yang bisa dikembangkan dari yang sudah ada di desa tempat anda berdomisili. Sebagai contoh, jika desa anda adalah desa yang sebagian besar penduduknya merupakan petani cabai, anda bisa melihat peluang usaha sebagai produsen sambal kaleng olahan atau sambal botolan.

Dengan demikian, anda melihat potensi apa yang ada dan peluang usaha rumahan di desa berkembang bisa anda kembangkan dengan mengangkat nama daerah anda.

  1. Biaya Produksi Murah

Alasan yang kedua masih bisa berhubungan dengan alasan yang pertama. Dengan memenuhi kebutuhan bahan baku untuk usaha anda, misalnya bahan baku makanan untuk jajanan atau bahan baku untuk kerajinan berupa hiasan atau produk rumah tangga lainnya sudah pasti akan menggerakkan ekonomi di desa tempat anda tinggal.

Alasan yang lebih baik lagi sebagai dampak anda membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang adalah lambat laun bukan hanya bahan baku saja yang akan anda butuhkan melainkan juga tenaga kerja yang pastinya akan menyerap tenaga kerja di desa anda. Upah minimum untuk di desa juga cenderung lebih terjangkau untuk anda yang masih baru memulai usaha anda.

Lahan yang bisa digunakan di desa juga cenderung masih luas dan juga masih bisa dijangkau jika anda berkeinginan untuk mengembangkannya lebih jauh agar produksinya meningkat. Dengan demikian peluang usaha rumahan di desa berkembang akan lebih besar kedepannya seiring dengan pertumbuhan perekonomian desa anda.

  1. Minim Persaingan

Alasan ketiga mengapa anda disarankan untuk membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang adalah minimnya persaingan. Dengan minimnya persaingan di desa, maka bisa dikatakan bahwa merk yang anda bawa di desa tersebut bisa menjadi sebuah merk khas dari daerah atau desa anda.

Dengan demikian, usaha anda secara tidak langsung memonopoli secara legal untuk produk yang anda kembangkan tersebut. Yang pasti, anda bisa mengembangkan usaha anda sebagai produk khas dan membawanya ke luar daerah.

Dengan menjadi produk khas atau membawa potensi daerah anda, maka anda juga akan mendapatkan sebuah keuntungan promosi yang akan terus diingat. Namun tentunya, usaha untuk mencapai hal tersebut masihlah panjang dan anda harus bekerja keras untuk mencapainya. Tugas anda adalah mencoba untuk mencari peluang usaha rumahan di desa berkembang untuk mencapai tujuan tersebut.

Lalu apa saja peluang usaha rumahan di desa berkembang yang bisa dicoba untuk dikembangkan? Ada beberapa peluang usaha yang bisa anda kembangkan berdasarkan modal yang anda miliki. Berikut ini ada beberapa saran yang bisa anda coba dengan menyesuaikan jumlah modal yang anda miliki.

Modal Kecil

Untuk anda yang ingin membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang dengan modal yang tergolong minim atau kecil, anda bisa memanfaatkan potensi yang ada di daerah anda untuk anda proses sehingga modal anda tidak perlu berkurang untuk membeli bahan baku.

Seperti misalnya di desa anda ada lokasi pengolahan kayu yang menghasilkan limbah berupa serabut pemotongan kayunya biasanya dibuang. Anda bisa mencoba untuk mengolahnya untuk menjadi sebuah hiasan dari hasil limbah tersebut dengan kreatifitas anda.

Untuk pemasarannya yang juga meminimalisir pengeluaran, anda bisa mengandalkan internet seperti online shop atau sosial media untuk memasarkan produk produk anda keluar daerah.

Modal Menengah

Untuk modal menengah, anda bisa membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang dengan membuat sebuah produk olahan makanan dari hasil bumi di desa anda. Dengan memiliki modal menengah, anda bisa membeli alat pemrosesan makanan atau juga alat pengepakkan. Dengan demikian produk yang nantinya anda jual bisa bersaing di pasaran dengan produk yang mungkin serupa.

Beberapa contoh yang bisa anda pilih adalah pengolahan hasil bumi seperti sayuran atau buah buahan menjadi produk makanan lain seperti keripik untuk pisang, ketela, maupun bayam atau sirup seperti untuk markisa, apel dan buah buahan lainnya.

Jangan lupa untuk memberikan sebuah pembeda berupa ciri khas yang nantinya akan membuat produk anda memiliki perbedaan dengan produk produk sebelumnya dan hal ini akan mempermudah dalam promosi. Dengan membuka peluang usaha rumahan di desa berkembang anda akan mengangkat potensi daerah atau desa tempat anda tinggal.

Modal Besar

Jika anda memiliki modal besar seperti memperolehnya dari pinjaman bank atau pemberi modal usaha, anda bisa mengandalkan sektor budidaya baik tanaman maupun peternakan. Mengapa sektor budidaya ini baik? Alasannya tentu saja karena produk produk yang dihasilkan cenderung dibutuhkan, oleh karena itulah peluang usaha rumahan di desa berkembang ini akan lebih memberikan kemungkinan yang besar untuk berlanjut.

Budidaya yang bisa anda pilih harus anda sesuaikan dengan desa tempat anda tinggal. Jika anda tinggal di tempat yang sedikit luas dengan suhu udara yang cukup stabil, anda bisa melakukan budidaya ternak seperti ikan lele, ternak ayam, atau hewan ternak besar lainnya seperti kambing dan juga sapi.

Namun untuk budidaya tidak terbatas pada hewan ternak saja. Anda juga bisa mencoba budidaya ternak burung Love Bird yang saat ini sedang naik daun. Budidaya tanaman hias maupun tanaman buah maupun sayur untuk dikonsumsi juga bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa berkembang. Namun yang pasti adalah anda harus memiliki pengamatan yang jeli untuk kecocokan lingkungan desa anda dengan rencana budidaya yang akan anda lakukan.

Itulah beberapa alasan dan beberapa jenis peluang usaha rumahan di desa berkembang yang bisa anda pilih dan coba untuk beralih ke dunia entrepreneur. Salah satu cara untuk menajamkan insting bisnis anda adalah dengan mencari pengetahuan sebanyak banyaknya sehingga anda bisa mengaplikasikannya. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY