11 Cara Promosi Produk di Tokopedia Agar Jualanmu Laris Manis

0
96

Cara promosi produk – Berbisnis online sudah sewajarnya ada keinginan untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan berlipat lebih dari biasanya. Semuanya pasti ingin produknya laku laris manis, seperti yang dijual di Tokopedia misalnya. Tokopedia saat melakukan transaksi jual-beli online sudah di dukung dengan sistem aman dan bebas dari penipuan, dan tentu saja sangat menarik peminat dari beragam kalangan untuk mencoba keberuntungannya untuk berjualan. Ada banyak cara agar semua terwujud. 10 Cara promosi produk di Tokopedia yang kita bahas ini mungkin bisa jadi panduan anda.

Cara promosi produk

  1. Nama Toko yang Unik

Langkah pertama Cara promosi produk ini seharusnya dilakukan ketika awal membuka toko online. Perhatikan pada bagian Nama Toko, usahakan sesuaikan dengan jenis produk dan target pasar yang kita bidik. Jika menjual produk busana muslim dan target pasar wanita usia 20-35 tahun, maka Toko yang harus kita buat adalah dengan kata yang modern, Islami tapi tetap terlihat elegan. Nama toko alangkah baiknya sesuai dengan produk yang dijual serta target pengguna produk. Nama toko juga mesti enak didengar ketika diucapkan serta mudah diingat.

2. Fokus pada Kategori Item yang Dijual

Strategi kedua dalam Cara promosi produk yang baik ialah dengan cara fokus menjual satu kategori item. Jika kita ingin menjual busana muslim, fokuslah berjualan pakaian muslim. Jangan yang lain-lainnya yang tak berhubungan dengan pakaian muslim. Banyak yang mempunyai pemikiran, dengan menjual jenis kategori yang banyak maka tokonya dianggap komplit. Toko seperti ini akan membingungkan para pembeli. Mereka justru tak merasa yakin pada jenis toko seperti ini.

3. Buatlah Judul Menarik

Seperti orang bilang, bahwa judul menarik sangat besar manfaatnya. Judul tulisan, produk, film atau judul apapun selalu dibuat se-menarik mungkin. Tulis judul lebih spesifik untuk 1 target, misalnya judul : “Gaun muslim ini cocok saat pergi ke kondangan”. Buat Judul yang membuat penasaran.

4. Penamaan Produk dengan Tepat

Ketika menamai produk tentu harus sangat diperhatikan. Tak sembarangan ini merupakan satu cara dari 10 Cara promosi produk. Ini berpengaruh sekali pada daya beli pelanggan.

Contohnya:

(Jenis + Merk/Brand + Keterangan + Kata Promosi)

Komputer + Acer + Core i7 DDR 4 + Termurah dan Garansi 1 Tahun

5. Buat Deskripsi Produk dengan Detail

Judul bagus tidaklah cukup. Deskripsi detail akan membuat pembeli jadi lebih merasa yakin pada produk kita. Detail produk yang kita berikan dengan jelas akan memancing para pembeli untuk melakukan transaksi di toko kita.

6. Gunakanlah Gambar/foto produk yang Jelas

Jangan pernah menjadikan pembeli bingung ketika melihat gambar yang kurang jelas pada toko kita. Gambar yang jelas (high resolution) akan menambah nilai bagi kualitas produk Anda.

7. Pelayanan Cepat dan Tepat

Pelayanan dari penjual/seller tentunya jadi salah satu faktor sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan produk. Siapkan waktu kapanpun setiap saat saat ada pembeli yang sekedar bertanya maupun melakukan transaksi. Lakukan dengan cepat serta tepat.

8. Komunikasi dengan Baik jadi Peranan Penting

Usahakan selalu balas diskusi dan review dari pembeli dengan cepat dan tepat. Sebaiknya, balas diskusi dari pelanggan tak lebih dari satu jam (lebih cepat akan lebih baik). Ini merupakan kunci Cara promosi produk. Jika mereka puas, maka bisa mendatangkan pembeli yang berasal dari rekomendasi mereka.

9. Favoritkan Toko jadi Sarana Marketing

Ini yang harus kita perhatikan lagi. Ingatkan pembeli untuk memfavoritkan toko kita. Gunakan cara baik dan sopan. Favorit toko sama halnya kita mempunyai followers yang nantinya selalu mendapatkan update produk tiap kali kita melakukan upload produk yang terbaru.

10. Lakukan Pembaruan atau update Berkala

Update produk di toko wajib dilakukan terus. Lakukan hal tersebut secara berkala, bisa saja seminggu 2 atau 3 kali rutin.

11. Gunakan Fitur “dink it” Satu jam sekali

11 Cara promosi produk yang terakhir dari Tokopedia yang sudah menyediakan fitur “dink it” atau promosi gratis tiap 60 menit sekali untuk promosi produk kita secara gratis.

Baca juga : Peluang usaha yang menguntungkan

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY