10 Cara Promosi Online Shop di Instagram Yang Wajib Anda Lakukan

0
390

Cara Promosi Online Shop – Bagi yang memiliki online shop apalagi yang baru merintis, pasti butuh media untuk promosi. Kita tahu sendiri menjual produk secara online membutuhkan waktu serta proses supaya produknya dikenal dan memperoleh pelanggan setia. Apalagi bila bisnis online shop itu baru saja berdiri dan butuh usaha lebih keras dalam melakukan aktivitas promosi. Berikut ini ada 10 Cara Promosi Online Shop di Instagram yang mungkin bisa jadi panduan.

Cara Promosi Online Shop

1. Selalu update secara rutin

Posting gambar atau video saja tak cukup jika tak update secara rutin. Jika tidak selalu update, maka followers dari online shop kita kemungkinan besar akan lupa karena ada banyak sekali foto dan video terbaru yang muncul di timeline.  Jadi Cara Promosi Online Shop adalah Update foto dan video produk kita di Instagram memang tidak harus dilakukan tiap hari. Untuk memudahkan pekerjaan mengelola akun online shop, kita perlu membuat jadwal teratur. Jika tidak update tiap hari, kita bisa posting gambar tiap 2 hari sekali di jam-jam tertentu misalnya.

2. Posting foto atau video yang original yang menarik

Gambar bisa mengungkapkan beribu kata. Pastinya kutipan itu pernah kita dengar sebelumnya dan ini berlaku juga pada Cara Promosi Online Shop seperti Instagram. Posting foto produk kita semenarik mungkin dan sebaiknya original dari adalah produk kita.

3. Gunakan hashtag spesifik dan tertarget

Peran hashtag dalam Cara Promosi Online Shop di instagram adalah sesuatu yang sangat penting untuk di lakukan. Upaya mempromosikan produk berdasar hashtag di Instagram tidak bisa diremehkan. Dengan hashtag yang sesuai dan tepat, maka kemungkinan produk untuk ditemukan oleh pengguna Instagram jadi lebih terbuka. Artinya, orang dapat mengetahui produk-produk yang kita tawarkan melalui hashtag yang kita tampilkan pada saat posting gambar/video.

4. Posting di saat yang tepat

Kapan saat yang tepat posting di Instagram? Upload gambar dan video di Instagram perlu waktu terbaik supaya mendapatkan perhatian serta respon yang tinggi dari para audiens. Siang hari jam 12 – 2 jadi waktu yang bagus menggunggah foto atau video online shop. Sore hari jam 5-an adalah waktu yang sangat ramai serta bisa dimanfaatkan untuk update foto produk. Waktu yang tepat adalah salah satu dari Cara Promosi Online Shop yang efektif.

5. Gunakan selebgram untuk endorse

Pemilik akun IG yang hits dan punya followers banyak dan mencapai ribuan sampai jutaan sering disebut selebgram. Jadi kita bisa melakukan endorse. Endorse produk melalaui selebgram jadi alternatif yang sering dimanfaatkan bukan cuma oleh online shop skala kecil menengah namun juga brand-brand besar yang terkenal. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, rekomendasi teman atau orang yang dipercaya jadi faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Cara Promosi Online Shop dengan endorse produk di rekomendasikan bagi mereka yang memiliki budget yang lumayan besar.

6. Kampanye dengan hadiah menarik

Cara Promosi Online Shop yang ke 6 adalah menarik minat para user Instagaram, pemilik online shop butuh melakukan aktivitas kampanye promosi. Ada beragam cara promosi meningkatkan engagement dengan user Instagram. Kegiatan campaign berupa kompetisi, lomba maupun kuis dengan hadiah menarik bisa jadi salah satunya.

7. Memasang iklan Instagram

Memasang iklan adalah salah satu cara promosi dari 10 Cara Promosi Online Shop yang dapat dilakukan di Instagram. Iklan Instagram tampilannya layaknya posting-an biasa tapi ada keterangan ‘sponsored’ pada bagian atasnya. Untuk dapat memasang iklan di Instagram, kita bisa menggunakan fasilitas Facebook Business Manager (BM). Melalui akun BM tersebut, kita bisa menambahkan akun IG kita dan mengatur format maupun jenis iklan.

8. Memberi banyak kemudahan bagi pembeli

Salah satu alasan memilih online shop karena adanya berbagai kemudahan dalam pembelian. Misalnya, dengan memberikan promosi diskon untuk pembelian item dengan jumlah tertentu. Pembeli memesan barang dengan jumlah banyak tentu saja mengharapkan potongan harga supaya bisa lebih menghemat untuk pengeluaran. Apalagi bila si pembeli adalah reseller yang menginginkan menjual kembali produk yang dibeli pada orang lain.

9. Berikan Giveaway

Memberi giveaway gratis bisa dijadikan sarana promosi. Giveaway biasanya diberikan secara acak atau random bagi para user instagram yang memposting ulang postingan kita atau biasa yang disebut regram. Atau bisa juga yang menge tag teman temannya pada postingan kita.

10. Tampilkan testimoni para pembeli yang puas

Pengalaman pembeli yang puas dengan layanan serta produk online shop menjadi satu nilai lebih dan tak ternilai harganya. Tampilkan kepuasan para pelanggan di akun Instagram agar lebih bisa menarik pelanggan baru.

LEAVE A REPLY