Tips Cara Mencuci Kaos Yang Benar, Supaya Kaos Murah Anda Tetap Awet

Kaos murah dengan harga super miring saat ini sangat mudah Anda temukan di banyak kawasan perbelanjaan. Bukan hanya di distro dekat rumah Anda, tetapi juga di mall besar di tengah kota, sampai di penjaja kaki lima di kawasan Jatinegara.

Tips Cara Mencuci Kaos Yang Benar, Supaya Kaos Murah Anda Tetap Awet
Image : huffingtonpost.com

Biar murah meriah dengan harga yang kadang tidak lebih dari 20 ribuan Rupiah, ternyata model-model dan desain sablon dari kaos murah meriah ini tetap “eye catchy” kan? Kadang lumayan sukses juga membuat Anda melirik.

Tapi banyak pula konsumen, mungkin termasuk Anda, yang merasa enggan membeli kaos murah ini dengan alasan tidak yakin dengan kualitasnya.

Padahal kalau Anda tau benar bagaimana cara merawatnya, kaos murah Anda tetap bisa awet dan keren dalam jangka panjang. Jadi Anda malah bisa tampil kerena dengan modal cekak, siapa yang menolak?

Nah untuk bisa menjaga kaos murah untuk tetap awet, salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan adalah pada tahap pencucian. Kesalahan di tahap ini bisa merusak kaos Anda dan pencucian yang tepat bisa menjaga keawetan kaos dua kali lebih baik. Ini dia cara mencuci kaos murah dengan tepat.

  1. Pisahkan kaos berwarna dengan kaos berwarna pucat dan putih
    Kaos murah dengan warna kuat sering kali dikeluhkan mudah luntur. Lunturan dari kain kaos berwarna bisa jadi akan meresap pada kaos putih dan merusak kaos. Jadi pisahkan demi menghindari macam itu muncul.
  2. Jangan direndam terlalu lama
    Kaos murah biasanya lebih tipis dengan serat kain yang lebih longgar dan sifat warna kaos dan sablon yang kurang awet. Jadi perendaman lama bisa merusak serat kain dan warna sekaligus. Rendam kaos dengan sabun pencuci selama 30 menit saja untuk menjaga kualitas kaos tetap baik.
  3. Hindari penggunaan bahan pemutih
    Bahan pemutih memang sangat efektif menghilangkan noda pada kain putih. Tetapi menggunakannya terlalu sering bisa merusak serat kain. Pada kaos murah, resiko rusak bisa lebih buruk karena pada dasarnya bahan sudah relatif rapuh.
  4. Hindari penyikatan
    Bahkan celana jeans saja bisa rusak bila keseringan disikat, apalagi kalau kaos murah dengan serat kain yang tidak rapat, sablon kualitas kedua dan penjahitan kelas dua. Kaos yang sering disikat akan mudah robek, mudah berbulu dan sablonnya akan rusak dan terkelupas.
  5. Tidak untuk mesin cuci
    kaos murah cukup sensitive,sangat mudah melar dan robek, sangat bladus dan pudar. Mesin cuci kadang membuat kaos menjadi tersangkut dalam beragam pakaian lain, tertarik dan akhirnya melar dan busuk.
  6. Hindari memeras terlalu keras
    Memeras memang cara terbaik untuk menyingkirkan air dan sabun dalam kaos. Tetapi memeras terlalu kencang bisa membuat kaos melar dan berubah bentuk atau justru robek. Jadi lakukan pemerasan dengan lebih halus, tanpa tekanan berlebihan dan seimbang antara sisi kiri dan kanan.
  7. Segera tangani noda setelah terkena
    Noda yang Anda biarkan beberapa hari bisa menjadi sangat mengganggu. Pada kondisi ini, noda sudah kering, jadi sudah menyerap dalam kain sehingga sulit Anda bersihkan. Jadi segera tangani noda dengan cepat dan bersih. Dan tidak sempat merusak serat kain dan mempersulit proses cuci
Baca juga :  Wisata Pulau Pramuka, Wisata Bahari Mempesona Di Utara Jakarta

Itu tadi 7 tips untuk Anda untuk mencuci kaos murah supaya tidak cepat rusak dan usang. Semoga bermanfaar.

SHARE