Tahap Persiapan Dalam Membuka Bisnis Kaos Sablon Printer DTG

Kok bolak balik bahas soal persiapan memulai usaha kaos sablon printer DTG ya ??

Mungkin itu yang ada dipikiran Anda semua ketika membaca artikel ini. Setelah dua artikel sebelumnya sudah bahas soal masalah langkah awal memulai dan menjalankan sebuah peluang usaha dan strategi pemasaran yang cocok untuk pemula dengan modal terbatas.

Tahap Persiapan Dalam Membuka Bisnis Kaos Sablon Printer DTG
Image : everytees.com

Kali ini masih soal langkah awal, saya akan fokus pada persiapan dalam membuka bisnis kaos sablon DTG. Meski sudah secara sepintas dibahas dalam artikel sebelumnya. Di sini saya akan secara spesifik membahas apa saja yang harus Anda persiapkan baik dalam bentuk peralatan nyata ataupun tidak nyata untuk Anda dikatakan siap memulai usaha ini.

OK…tanpa bertele-tele ya, ini dia beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk bisnis kaos sablon printer DTG.

1, Ilmu grafis
Ini nih salah satu kunci utama dari usaha Anda. Ketimbang harus menyewa tenaga desainer yang so pasti tidak mungkin murah, kenapa tidak Anda sendiri yang memang sudah menguasai teknik grafis yang menjadi desainer.

Makanya kebanyakan pelaku usaha kaos sablon juga praktisi dalam teknik grafis, tapi kalau ternyata Anda awam soal teknik grafis, Anda masih bisa kok mempelajari dengan mudah.

Ada sangat banyak image foto, lukisan, vector grafis, hingga produk bitmap yang tersebar di internet cukup dengan modal google search. Dari sana Anda bisa manfaatkan beragam program software grafis sederhana untuk sedikit memberi sentuhan personal dari hasil contekan Anda di google search

2, Peralatan komputer support desain
Nah ini satu lagi peralatan utama yang menjadi modal awal usaha Anda. Yaitu Personal Computer (PC) atau notebook dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan desain.

Baca juga :  Ide Brilian Usaha Home Industri Kreatif Dengan Kaos Flanel

Biasanya terutama pada PC atau NB dengan ketajaman gambar yang tinggi dan kapasitas besar mengingat sebagian besar pekerjaan Anda adalah image yang memiliki ketajaman gambar tinggi yang juga berarti memiliki ukuran file yang berat.

3, Software pendukung Desain grafis
Setidaknya Anda memiliki program adobe photoshop. Software ini sudah mampu mencakup semua task untuk pekerjaan desain dan artwork. Anda tidak selalu harus menggunakan software Adobe photoshop terbaru bila bagi Anda tidak memungkinkan.

Bahkan dengan hanya bermodal windows vista dengan CS versi 2 sudah cukup untuk pengerjaan desain kelas menengah. Tentu saja dengan CS versi 4 Anda bisa mendapatkan lebih banyak keleluasaan desain dan kemampuan rancang yang lebih mutahir.

4, Peralatan cetak
Jelas peralatan yang satu ini juga tidak bisa absen dalam tahap persiapan Anda. Mana mungkin ada usaha kaos sablon tanpa ada alat cetak sablon. Di sini Anda menggunakan printer type DTG atau Direct ti Garment.

Lengkapi pula dengan heat press yang berfungsi menyempurnakan perlekatan sablon pada kain. Pilihlah mesin printer dengan kemampuan yang sesuai dengan produk yang akan Anda hasilkan. Seperti kesesuaian  ketajaman, karena ada beberapa printer yang bekerja hanya pada 600 x 600 dpi namun ada pula yang bekerja dalam 1400 x 1400 dpi.

Printer DTG juga ada yang hanya efektif bekerja pada bidang tertentu dalam warna cerah saja dan ada yang bisa bekerja pada hampir semua media dengan beragam warna, hitam sekalipun.

Nah dari beragam pilihan kualitas ini Anda harus memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Satu lagi yang pasti, Anda harus memilih printer DTG dengan pengoperasian termudah dengan sistem perawatan yang bisa Anda kuasai dengan mudah.

Baca juga :  Panduan Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

5, Media sablon
Ada banyak ide brilian dalam memproduksi produk sablon dengan printer DTG. Tetapi yang paling populer adalah bahan kaos. Pilihlah kaos dengan kualitas baik seperti cotton combed tebal bila Anda ingin produk Anda lebih eksklusif.

Tapi kaos dengan kualitas di bawahnya seperti kaos cotton carded atau cotton viscose juga tidak masalah tentunya Anda bisa menekan biaya bahan baku dan menjual produk dengan lebih murah dengan bahan-bahan ini.

Sesuaikan bahan media sablon dengan kemampuan cetak dari printer DTG Anda, karena tidak semua printer bisa bekerja pada semua media. Setelah Anda mendapatkan kepastian bahan yang akan Anda gunakan, tinggal Anda pastikan untuk mendapatkan suplai kaos polos dengan harga dan kualitas yang sesuai.

OK itu tadi 5 hal yang harus Anda persiapkan untuk membuka usaha kaos sablon printer DTG. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Pencarian Terkait :

Langkah lamgkah memulai usaha sablon printing

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY