Suka Baca? Inilah 4 Tips Membuat Perpustakaan Modern dan Keren

0
88

Perpustakaan Modern dan Keren – Membaca merupakan suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk memperluas dan bahkan sudah menjadi hobi bagi sebagian masyarakat di berbagai kalangan masyarakat. Namun ternyata, minat baca di Indonesia terbilang masih rendah. Menurut Kompas, minat baca orang Indonesia berada di urutan 60, di bawah Thailand dan di atas Bostwana. Tentu hal ini menjadi pertanyaan, mengapa orang Indonesia memiliki minat baca yang rendah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang hobbi baca dan ingin berkontribusi kepada negara untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia dengan membangun perpustakaan, maka anda harus memiliki strategi, bagaimana caranya agar perpustakaan yang anda buat menjadi lebih modern dan keren. Berikut adalah tips nya:

1.      Konsep yang unik dan kenyamanan

 

Biasanya orang-orang akan cenderung memperhatikan apa yang anda buat jika hal tersebut berbeda dan unik dari yang lain. Keunikan itu bisa anda kembangkan dengan membuat branding, desain interior yang unik maupun sistem yang dijalankan.

Selain itu, faktor kenyamanan juga mempengaruhi banyak atau tidaknya pengunjung perpustakaan anda. Kenyamanan dapat dirasakan jika lingkungan sekitar perpustakaan selalu bersih, tenang dan rapi. Dan salah satu cara untuk menjadikan suasana membaca di perpustakaan anda tenang, anda dapat menggunakan Wall Insulation pada dinding agar dapat meredam suara dari luar.

2.      Fasilitas yang Lengkap

 

Selain faktor kenyamanan, ketersediaan fasilitas yang lengkap juga menjadi nilai tambah dari perpustakaan anda. Misalnya dalam memilih furniture seperti sofa, meja, dan rak buku untuk melengkapi ruang baca anda.

Selain fasilitas, kelengkapan dari buku-buku yang anda sediakan juga tak kalah penting. Mintalah bantuan pustakawan atau ahli di bidangnya untuk menata buku-buku yang anda sediakan sesuai dengan kategorinya. Jika anda menyediakan buku referensi pelajaran sekolah, maka letakannlah sesuai dengan kategorinya. Siapa tahu, banyak diantara pelajar sekolah yang menjadi pengunjung setia perpustakaan anda. Sehingga bukan hanya kegiatan Bimbingan belajar saja yang mereka tempuh untuk membantu kelulusan mereka, tapi juga buku-buku perpustakaan yang kita buat.

3.      Publikasi

 

Selanjutnya adalah mempublikasikan perpustakaan yang anda miliki. Bisa melalui Sosial media, Forum internet maupun Komunitas yang ada di masyarakat. Dengan begitu, perpustakaan yang anda buat akan ramai dikunjungi.

Dan untuk membuat perpustakaan anda lebih keren dan modern lagi adalah dengan menggunakan sistem 2D Barcode pada setiap buku yang tersedia. Hal ini dapat membantu anda dalam hal proses peminjaman buku terhadap para pengunjung perpustakaan anda. Setidaknya dengan menggunakan Barcode scanner, sistem pada perpustakaan anda jauh lebih teratur.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY