Manfaat Mengajarkan Anak Menggambar Sejak Usia Dini

0
333

Menggambar Sejak Usia Dini – Sebagai seorang tua, guru, dan juga pembimbing sang anak dalam masa-masa perkembangannya, Anda harus bisa memposisikan diri Anda sebagai pengajar, pendukung serta menjadi seseorang yang inspiratif menurut sang anak.

Banyak sekali berbagai hal yang bisa Anda ajarkan kepada anak Anda ketika ia sedang menjalani masa-masa balitanya. Menurut salah satu Psikolog dari UI yaitu Maria Herlina Limyati, anak yang berumur 1 tahun sudah mulai bisa menggambar, dan itu merupakan salah satu pendikan anak usia dini yang bisa para orang tua kembangkan.

Namun, sebaiknya bila Anda sebagai orang tua juga mendampingi sang anak untuk melakukan kegiatan seperti menggambar, selain menemaninya Anda juga dapat mengetahui beberapa sisi manfaat bila Anda mengajarkan sang anak mengganbar. Apa sajakah itu?

Mengembangkan Sisi Kreatifnya

Anda bisa langsung melihat bagaimana sang anak menggambar bila Anda menemaninya. Proses yang dilakukan sang anak dalam menggambar ini bisa juga menjadi salah satu cara untuk mengembangkan sisi kreatif sang anak tersebut.

Biarkan sang anak memberikan coretan atau gambaran yang sesuai dengan apa yang ada didalam imajinasi ataupun inspirasinya agar ia mulai terbiasa menuangkan sisi kreatifnya dengan menggambar. Anda juga bisa membantunya untuk mengikuti kursus belajar menggambar bila Anda merasa sang anak masih bingung untuk menyalurkan kekreatifannya.

Mengenalkan Warna

Pada saat Anda menemani sang anak menggambar, Anda juga bisa langsung memperkenalkan berbagai macam warna kepada sang anak, bila Anda melakukan kegiatan menggambar tersebut dengan menggunakan pensil warna.

Sejak usia dini, ada baiknya juga bila Anda perlahan-lahan memperkenalkan berbagai macam warna yang berada disekeliling anak Anda tersebut.

Memperlihatkan Bakat Sang Anak

Semakin sering Anda memperhatikan anak Anda melakukan kegiatan menggambar serta anak Anda semakin sering menyalurkan kekreatifannya dengan sebuah gambar, maka Anda harus bangga karena mungkin saja itu adalah salah satu bakat yang dimiliki oleh anak Anda tersebut.

Selayaknya orang tua yang mendukung sang anak, Anda juga harus mendukung sang anak untuk terus menuangkan ide kreatif serta insipirasi yang ia punya dalam sebuah gambaran. Semakin ia berminat setelah usia dininya lewat, maka mungkin semakin besar bakat yang akan timbul didalam dirinya.

Bisa jadi, kelak sang anak Anda tersebut menjadi salah satu seniman, graphic designer sampai bahkan fashion designer pada masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY