Potensi Usaha Jual Kaos Murah Ala Distro, Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Belakangan ini bisnis distro menjadi salah satu usaha sandang terbaik dengan perkembangan pasar yang cukup pesat. Hanya saja dengan konsep yang selama ini melekat pada produk distro yang limited edition namun dengan kualitas baik maka muncul anggapan bahwa kaos produk distro cenderung mahal.

Potensi Usaha Jual Kaos Murah Ala Distro, Bisnis Modal Kecil Untung Besar
Image : 85Ideas.com

Padahal bukan mustahil lho ternyata membangun usaha jual kaos murah dengan cara dan metode distro. Tidak ada keharusan kan kaos distro harus mahal? Jadi kenapa Anda tidak mencoba membangun usaha pejualan kaos murah dengan gaya distro di kota Anda.

Selama ini kaos murah selalu identik dengan produksi pabrik secara massal dengan kualitas bahan kaos di bawah rata-rata. Anda bisa membongkar citra ini dengan merancang kaos distro dengan biaya operasional produksi yang lebih rendah.

Cara ini akan menekan biaya operasional dan dengan begitu kaos distro yang Anda jual bisa lebih murah dari kebanyakan produk kaos distro yang ada di pasaran.

Sebagai perbandingan di pasaran kaos distro pada umumnya dijual dengan harga kisaran 40 ribu hingga diatas 100 ribuan, maka dengan menurunkan harga pokok produksi Anda bisa mendapatkan kaos murah dengan harga jual di kisaran 20 ribuan, bahkan beberapa belas ribu.

Untuk bisa mendapatkan harga pokok atau biaya produksi yang rendah Anda harus sangat selektif dalam memilih bahan baku, tinta sablon, model rancangan dan tenaga produksi.

Selektif bukan berarti Anda mengorbankan kualitas secara sepenuhnya, Anda hanya harus memilih bahan dengan harga lebih rendah, penyederhanaan desain dan tentu saja penggunaan tinta sablon jenis air yang biasanya lebih murah, tanpa efek-efek tambahan apapun.

Cara lain yang bisa menjadi pilihan adalah dengan menggunakan sistem sablon digital yang secara otomatis akan menekan biaya tenaga kerja.

Baca juga :  4 Hot Trend Abadi Dalam Industri Sablon Kaos Printer DTG

Anda bisa memproduksi kaos dengan ragam model tanpa plat sehingga bisa menekan biaya pembuatan sablon.

Cara ini juga akan membantu Anda untuk tetap mempertahankan konsep distro yang terkesan produksi terbatas tanpa harus terbebani biaya operasional  yang tinggi.

Lalu bagaimana dengan potensi penjualan yang bisa Anda dapatkan dari model usaha jual kaos murah gaya distro ini?

Ternyata cukup menjanjikan, hal ini berdasar pengakuan seorang pelaku usaha ini di kota Yogyakarta bernama Aji Madya Putra yang bisa dipanggil Ajimat, yang sudah menjalankan usaha ini selama 3 tahun.

Usaha kecil-kecilannya ini hanya mengandalkan booth sederhana setiap hari minggu di kawasan Sunday Morning UGM di hari minggu pagi dan pameran distro di kota Yogya yang setidaknya diselenggarakan setiap 2 bulan sekali.

Meski tidak memiliki toko secara resmi, setiap bulannya Ajimat sudah bisa menjual setidaknya 200 sampai 400 kaos murah dengan aneka model. Setiap kaos buatannya biasanya dibandrol dengan harga antara 18 ribu hingga 30 ribuan.

Menurut Ajimat, harga yang relatif rendah ini membuat konsumen mudah tergiur. Meski menggunakan bahan cotton jenis yang tipis, namun berkat desain sablon yang menarik dan penuh warna, sangat cepat produk-produk line clothingnya memikat pasar.

Saat ini dari usaha jual kaos murah ala distro buatannya ini, Ajimat sudah bisa mengantongi omset setidaknya 7 jutaan tiap bulan.

Pada musim liburan dan pada masa-masa menjelang puasa, biasanya penjualan meningkat sekitar 40 %. Dari angka ini setidaknya 20% keuntungan sudah bisa dikantonginya.

Padahal untuk memulai usaha kaos murah meriah ini, Ajimat hanya membutuhkan modal sekitar 8  jutaan untuk membeli printer khusus cetak sablon digital, bahan baku dan booth sederhana dari terpal untuk toko tendanya di Sunday Morning UGM tadi.

Baca juga :  Bagaimana Membuat Desain Distro Yang Memikat ? Baca Artikel Ini

Booth ini Ajimat beli dari toko barang bekas di kota Yogya, sehingga bisa didapat dengan harga lebih murah.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gambaran skema keuangan dari peluang usaha jual kaos murah ala Distro berdasar informasi dari Ajimat.

Modal Awal  
Set Peralatan sablon digital4.000.000 
Bahan Baku1.000.000 
Tenda dan display3.000.0008.000.000
 
Modal Kerja  
Bahan Kaos3.350.000 
Tinta850.000 
Tenaga kerja850.000 
Sewa lokasi booth di Sunday Morning300.000 
Adminitrasi dan lain-lain200.0005.550.000
 
Penjualan 7.500.000
Keuntungan 1.950.000
 

Anda bisa lihat dari skema keuangan di atas, bagaimana potensi dari usaha jual kaos murah dengan gaya distro ini. Bahkan dengan modal yang terhitung kecil, Anda bisa bisa mnghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Itulah prospek dari usaha penjualan kaos gaya distro yang murah meriah.

Pencarian Terkait :

Keuntungan jualan baji kaos, bisnis jual kaos, usaha jualan ka, modal usaha jualan kaos, modal usaha jual kaos murah, usaha jualan kaos distro, tips usaha jual kaos, rata rata keuntungan jualan kaos, modal usaha jual kaos, cara memulai bisnis jualan kaos murah

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY