Manajemen Pergudangan Dalam Pertarungan Usaha Jual Kaos Bola Online Shop

Usaha penjualan kaos bola adalah satu satu usaha fashion yang saat ini sedang marak. Perkembangan yang pesat adalah satu satu antisipasi dari musim piala dunia yang akan datang di tahun ini. Permintaan diperkirakan akan meningkat hingga setidaknya ratusan persen. Dan itu juga berarti pasar usaha jual kaos bola juga akan dipadati pesaing hingga beberapa kali lipat.

Manajemen Pergudangan Dalam Pertarungan Usaha Jual Kaos Bola Online Shop
Image : thefield.scroll.in

Untuk menghadapi persaingan biasanya para pelaku usaha melakukan tekanan pada sisi promosi dan pemasaran, baik dengan cara pemotongan harga, bonus hingga pembuatan iklan.

Pada sisi lain pushing juga diberikan pada sisi produksi dengan meningkatkan kapasitas dan inovasi.

Tidak ada yang mengingkari kalau semua cara tadi memang sangat mampu menjadi senjata ampuh meningkatkan penjualan kaos bola milik Anda.

Hanya saja ada satu hal yang kerap kali dianggap tidak penting dan kemudian terabaikan. Kadang, saking terabaikannya, pengelolaan dari bagian ini hanya menjadi sebuah bagian kecil dari usaha dan meletakannya dalam prioritas terakhir.

Bagian pergudangan, inilah bagian yang sering terabaikan padahal ternyata memiliki peran yang tidak kecil untuk usaha Anda, termasuk dalam meningkatkan penjualan.

Hanya sebuah alasan sederhana yang melatarinya, karena usaha penjualan selalu membutuhkan ketersediaan stok.

Lalu apa sajakah yang penting dalam sistem pergudangan dan relevan dengan tingkat penjualan? Serta bagaimana pengelolaanya?

Berikut ini adalah informasi soal bagaimana mengelola pergudangan pada toko online yang menjual kaos bola.

Saya fokus pada usaha online, karena pada umumnya usaha online dikelola dengan cara yang lebih sederhana dari usaha toko offline, sehingga kadang masalah pergudangan juga menjadi terlalu sederhana bahkan tidak seimbang dengan omset dan penjualan.

1, Perhatikan masalah data
Sering kali pelaku usaha mengabaikan masalah keteraturan data dari pergudangan. Tidak ada data jelas mana barang baru dan mana barang stok lama. Pasalnya stok dalam penjualan kaos bola sangat spesifik.

Baca juga :  Peluang Usaha Sablon Kaos, Inilah Celah Masalah Yang Harus Di Waspadai

Setiap kaos bisa memiliki identitas masing-masing dengan nama pemain, nomor punggung , kesebelasan dan warna yang berbeda.

Anda harus memisahkan data satu persatu identitas dan kategori termasuk dengan mengenai tanggal masuk, harga pokok dan masalah kaos expired karena atlet bersangkutan sudah berpindah kesebelasan.

2, Perhatikan layout
Satu lagi kesalahan dalam sistem pergudangan adalah ketika Anda meletakan semua persediaan tanpa ada kaidah sama sekali. Padahal produk kaos bola sangat kompleks. Ada perbedaa warna, kesebelasan, nama atlet dan nomor punggung hingga warna.

Bila Anda tidak memisah-misahkan produk, Anda akan kesulitan kala mendadak mendapat pertanyan mengenai stok dari kaos bola tertentu dari konsumen, Anda harus kebingungan dengan posisi produk Anda, meski secara data produk tersebut tersedia.

Pelayanan yang cepat adalah salah satu bagian penting dari peningkatan penjualan. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa tuntunan dalam menata layout gudang pada usaha ini.

  1. Pisahkan produk berdasar nama identitas nama pemain dan kesebelasan. Pisahkan pula berdasar warna kaos. Berikan tempat khusus untuk produk expired untuk bisa Anda jual obral nantinya.
  2. Pisahkan produk berdasar tanggal masuk lengkap dengan data harga pokoknya.
  3. Posisikan produk dengan penjualan yang tinggi pada posisi terjangkau ketimbang produk dengan penjualan rendah.

3, Ruangan yang memadai
Ruang memadai untuk gudang tidak selamanya sama dengan ruangan yang luas, karena sebenarnya semua terletak pada penataan. Anda bisa saja menggunakan ruang kecil untuk gudang, karena biasanya usaha online memiliki pusat operasional usaha di rumah yang pada umumnya hanya memiliki ruangan dengan ukuran terbatas.

Apalagi biasanya kaos bola memiliki karakter lebih ringan dan tipis sehingga tidak memakan tempat. Anda bisa menata dengan model bertingkat sehingga cukup menampung seluruh stok.

Baca juga :  Rahasia 7 Langkah Mudah Dalam Menghitung Harga Pokok Penjualan

Perhatikan kelembaban ruangan, serangan tikus, ngengat dan rayap, mengingat bahan kaos bola cukup rentan dengan semua hal ini. Tidak mau konsumen Anda kecewa karena produk kaos bola Anda ternyata rusak kan?

Konsumen yang kecewa jelas tidak akan melakukan repeat order kan? Malah mereka akan memberikan testimoni negative untuk produk Anda di internet.

Itu tadi beberapa ide dasar dala menata gudang pada usaha jual kaos bola. Semoga bisa menjadi referensi Anda.

SHARE