Persoalan Ukuran Dokumen Dan Grafis Image Dari Sebuah Desain Sablon Kaos Printer DTG

Faktor penentu keberhasilan sebuah desain sablon kaos printer DTG bisa tercetak dengan sempurna pada media kain atau kaos ternyata bukan terletak pada konsep desainnya, melainkan justru pada bagaimana Anda membuat sebuah desain ini tersimpan dengan ukuran dokumen dan ukuran grafis image yang tepat. Selain diluar masalah pilihan warna dan kualitas printer.

Persoalan Ukuran Dokumen Dan Grafis Image Dari Sebuah Desain Sablon Kaos Printer DTG
Image : dtgprintshop.com

Anda bisa saja membuat desain rumit yang hebat dengan sebuah keahlian grafis dan kemahiran seni yang tinggi. Tetapi semua akan sia-sia bila Anda tidak membuat desain Anda tersimpan dalam dokumen yang mencukupi dan ukuran grafis yang seharusnya.

Anda bisa menjumpai informasi lebih lanjut soal apa saja yang perlu Anda patuhi untuk membuat desain sablon kaos printer DTG Anda tercetak sempurna di kaos.

Jadi informasi ini sangat penting untuk Anda yang bermaksud untuk mengawali usaha sablon kaos printer DTG secara professional. Karena di kala Anda sudah mencapai skala professional, tentu Anda tidak mengharapkan kerugian akibat kesalahan produksi.

Untuk standar sebuah pelat cetak, Anda membutuhkan ukuran setidaknya 16 inci x 14 inci (panjang x lebar) atau sama dengan 40, 6 cm x 35, 5 cm. Anda bisa menggunakan standar ini sebagai dasar Anda dalam menentukan nilai ukuran grafis desain Anda. Anda akan menemukan hasil dari ukuran ini adalah sekitar beberapa Gygabyte untuk sebuah desain.

Dari ukuran standar yang sudah Anda buat inilah Anda bisa mengharapka ketajaman gambar yang sesuai dengan harapan Anda akan kualitas cetak. Karena dokumen tadi bisa menjadi sebuah master untuk kemudian Anda implementasikan pada desain utama dari ceta sablon kaos printer DTG nantinya.

Tinggal Anda tentukan berapa ukuran sebenarnya dari cetak desain Anda. Apakah dalam ukuran sebuah print kecil di lengan, atau sebuah sablon full di sisi belakang kaos. Apakah Anda akan mencetaknya dalam ukuran sekitar hanya sekitar panjang 2 inci atau sekitar  5 cm, atau justru membuat sablon kaos printer DTG full dalam ukuran panjang 11 inci atau sekitar 28 cm.

Baca juga :  4 Sumber Pekerjaan Sampingan Di Rumah Yang Aman Melalui Portal Online

Anda perlu melakukan penyesuaian dari ukuran master ke dalam ukuran desain sebenarnya. Lngakh real dari penyesuaian ini cukup simpel. Cukup dengan melakukan semacam langkah copypaste dengan disertai langkah-langkah pembuatan pengaturan  layout pada lembar kerja grafis desain Anda untuk mendapatkan presisi dan ketepata ukuran yang sesuai.

Langkah berikutnya adalah memastikan presisi tadi dalam penerapan di media kain atau kaos. Ini sudah masuk dalam area langkah pencetakan kaos.

Biasanya mesin printer DTG standar industry sudah memiliki ketajaman kemampuan untuk menterjemahkan grafis Anda pada proses pencetakan. Jadi pekerjaan ini terbilang cukup simpel dan mudah.

Sesuaikan dengan ukuran desain grafis real tadi dengan plat yang akan Anda gunakan sebagai dasar cetak. Anda membutuhkan untuk mengikat kain supaya berada pada bidang datar dan tidak berkerut.

Tentunya pencetakan sablon kaos printer DTG pada lengan dengan pencetakan pada sisi belakang membutuhkan plat dengan ukuran berbeda.

Kini, Anda siap mencetak desain sablon kaos printer DTG buatan Anda tadi pada media kaos pilihan Anda. Sebenarnya relatif mudah dan sederhana bukan? Anda mungkin bisa melatih kelihaian dan kemahiran Anda dalam membuat cetakan sablon secara kontinyu sehingga sukses menghasilkan presisi dan ketajaman yang sesuai dengan kualitas standar.  Jadi selamat mencoba…

SHARE