Pertimbangan Dasar Dalam Memilih Printer DTG Untuk Memulai Usaha Sablon Kaos Printer DTG

Kembali saya kembali dengan artikel yang masih mengusung bagaimana cara memulai usaha dalam bidang sablon kaos printer DTG. Sebagaimana sudah saya sampaikan sebelumnya dalam artikel-arteikl pendahulu, untuk memulai usaha satu ini salah satu tools terpenting yang harus menjadi perhatian Anda adalah mesi printer DTG.

Pertimbangan Dasar Dalam Memilih Printer DTG Untuk Memulai Usaha Sablon Kaos Printer DTG
Image : yourdigitalcreator.net

Jelas Anda akan mendirikan usaha sablon kaos printer DTG, artinya Anda memang mutlak membutuhkan alat ini kan? Tapi masalahnya mesin printer DTG macam apa yang perlu Anda miliki. Ada beragam varian dengan beragam harga, saya juga pernah membahas ragam kategori produk mesin printer DTG di pasaran.

Yang saya harapkan jangan sampai Anda terjebak dengan stigma membeli yang “terbaik” namun ternyata hanya mubazir, karena tidak semua fitur dalam printer  yang Anda beli tersebut memang Anda butuhkan dan akhirnya fitur-fitur ini hanya sekedar hiasan saja tanpa terpakai oleh Anda.

Nah untuk itu ada beberapa tips sebagai pertimbangan dasar ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah mesin printer DTG, apa sajakah itu?

  1. Bagaimana perspektif Anda akan target pasar dan penjualan?
    Di sini sejak awal Anda tidak hanya harus memiliki target pasar incaran Anda tetapi juga beberapa perkiraan untuk mengetahui sejauh mana kemungkinan yang bisa Anda peroleh dari pasar Anda, termasuk di dalamnya karakter dan selera dari target pasar Anda. Semakin rumit dan berat selera pasar, tentu Anda perlu semakin spesifik dalam memilih printer.
  2. Apakah Anda menjalankan system produksi dengan berdasar pada permintaan dan penawaran atau dengan hanya menerima system pesanan?
    Hal ini nantinya berkaitan dengan sejauh mana volume dan kecepatan produksi yang Anda harapkan dari mesin printer DTG Anda. Usaha sablon kaos printer DTG bisa saja hanya membuat cetakan eksklusif sesuai pesanan dengan harga tinggi, detil dekoratif khusus namun produksi limited. Atau justru membuat produksi missal sesuai perkembangan permintaan dan penawaran di pasar, dengan detil dekoratif sederhana namun bersifat general dan match dengan selera pasar secara umum.
  3. Sejauh mana Anda membutuhkan fitur-fitur dekoratif dengan kemampuan khusus pada mesin printer DTG Anda ini nantinya?
    Ada beberapa spesifikasi khusus yang tidak dimiliki semua jenis printer DTG, seperti cetak pada kain hitam, cetak pada lengan kaos, cetak pada materi kain khusus seperti handuk dan spandex, cetak ukuran super besar dan sebagainya. Semua fitur-fitur ini akan menambah harga dari printer dan kadang juga menambah biaya cetak. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk memiliki printer DTG super serba bisa yang juga artinya supermahal, pastikan Anda memang membutuhkan fitur-fitur ini dan Anda yakin sudah menyiapkan pasar untuk produk dengan biaya lebih ini.
  4. Seberapa sering mesin printer DTG akan Anda gunakan?
    Ini berkaitan dengan sejauh mana Anda membutuhkan jenis printer dengan daya tahan kerja yang lebih baik. Harga beli memang sudah pasti lebih tinggi, tetapi membeli jenis yang murah namun sebentar-sebentar KO dan masuk reparasi, bisa jadi akan lebih memakan biaya kan?
  5. Adakah rekomendasi terbaik dalam kemampuan cetak garmen?
    Anda bisa saja mencari tau dari ragam testimony yang tersebar di dunia maya mengenai produk printer bersangkutan. Pastikan memang memiliki bukti nyata akan kemampuanya menerima tantangan cetak garmen, dengan kesalahan yang minim, permasalahan dalam pengoperasian yang bisa Anda pahami dan sebagainya.
  6. Manakah yang bisa memberikan Anda layanan terbaik?
    Tidak semua dari Anda adalah pakar IT dengan grade tinggi. Jadi bukan tidak mungkin Anda cukup meraba dalam mengoperasikan printer DTG. Jadi pilihlah merek dengan pelayanan purna jual terbaik. Anda harus pastikan apakah mereka siap memberikan semacam kursus singat pengoperasian hingga pendampingan saat Anda mengawali penggunaan.
Baca juga :  8 Cara Dapat Uang Cepat Dari Bisnis Online

Itu tadi beberapa pertimbangan selain harga pastinya dalam memilih mesin printer DTG. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam memulai usaha sablon kaos printer DTG.

SHARE