Memilih Suplai Kaos Polos Sebagai Bahan Baku Kaos Distro

Dalam menjalankan usaha kaos distro rupanya ada beberapa hal yang perlu bahkan sangat wajib Anda perhatikan. Salah satu yang cukup penting adalah memastikan suplai bahan baku bagi produk kaos distro yang Anda produksi. Termasuk di dalamnya adalah suplai kaos polos sebagai media sablon.

Memilih Suplai Kaos Polos Sebagai Bahan Baku Kaos Distro
Image : kaosyes.com

Rupanya bagi pelaku usaha kaos distro, kaos polos tidak hanya berpotensi untuk mereka jual pada rak penjualan kaos murah saja, tetapi juga menjadi bahan baku kaos distro baik itu kaos dengan sablon DTG, kaos sablon screen printing, atau kaos bordir.

Justru penggunaan kaos polos untuk industri kaos distro sablon jauh lebih besar dari sekedar penjualan kaos

Untuk penggunaan industri kaos distro sablon, diperlukan kaos polos yang sesuai dengan kriteria masing-masing produk kaos. Untuk kelas kaos distro murah, biasanya digunakan kaos polos dengan bahan baku kain TC atau PE.

Ada pula kaos dengan kualitas tengah seperti kaos cotton carded dan kaos berbahan CVC. Sedang untuk kebutuhan produksi kaos distro premium dibutuhk n bahan baku kao polos dengan bahan baku cotton combed dan viscose yang lembut dan sangat nyaman.

Semua bahan kaos polos tadi cocok untuk beragam produk kaos sablon dan bordir. Tetapi belakangan ini muncul pula produk kaos polos dengan bahan hyget dan bahan spandeks yang lebih licin dan lentur. Kedua bahan ini memerlukan perlakukan khusus dalam produksinya.

Tetapi, terlepas dari macam jenis kaos polos yang biasa digunakan di pasaran, ada beberapa kriteria umum yang perlu menjadi perhatian para pelaku usaha kaos distro ketika memilih produsen kaos polos untuk bahan baku. Berikut ini informasinya.

1, Kemampuan suplai
Sebelum memilih produsen kaos polos untuk usaha kaos distro, pastikan Anda sudah mengetahui kebutuhan kaos polos Anda rata-rata setiap bulan. Dari sini Anda perlu untuk menemukan supplier yang mampu memenuhi kebutuhan rata-rata Anda tadi secara kontinyu setiap periodenya.

2, Kesesuaian kualitas dan informasi
Pastikan jenis dan kualitas bahan yang pihak supplier informasikan kepada Anda sudah sesuai benar dengan produk yang Anda ambil Kadang karena sudah mendapat informasi pihak pemilik usaha kaos distro tidak melakukan crosscek untuk memastikan produk kaos polos sudah sesuai dengan yang diinformasikan.

3, Kontinuitas produk
Yang sering terabaikan dalam mendapatkan suplai kaos polos adalah memastikan supplier tetap menjaga kualitas produk kaos polos tetap sama untuk tiap pengiriman.

Bisa jadi produk kaos polos yang pertama di terima adalah jenis kaos cotton combed 20’s tetapi akhirnya berubah menjadi kualitas 30’s. penurunan kualitas macam ini seharusnya tidak boleh terjadi, tetapi justru sayangnya sangat sering terjadi.

4, Masalah cacat produk
Kaos polos biasanya merupakan jenis sandang produksi massal. Dari sekian banyak produk yang dijahit secara massal, kadang muncul beberapa error produksi yang bersifat random.

Sejak awal seharusnya sudah ada kesepakatan mengenai toleransi pihak produsen kaos distro mengenai kecacatan pada produk termasuk langkah tindak lanjut dari supplier untuk bila cacat produk sudah diluar toleransi.

Anda sudah mendapat gambaran dalam memilih suplai kaos polos ada beberapa pertimbangan penting selain masalah kualitas kaos polos yang Anda butuhkan.

Dengan memastikan semua aspek di atas terpenuhi, Anda bisa pula memastikan suplai kaos polos untuk industri kaos distro sesuai dan mencukupi kebutuhan serta meminimalisir masalah di kemudian hari.

SHARE