Memilih Bahan Kaos Polos Dengan Kualitas Kaos Distro

Sebelum ini kami udah pernah membahas mengenai ragam bahan kaos polos yang ada di pasaran. Kali ini kami akan membahas bagaimana sebenarnya menentukan kaos polos yang tepat sesuai dengan kualitas kaos distro kelas premium.

Memilih Bahan Kaos Polos Dengan Kualitas Kaos Distro
Image : PusatKonveks.com

Kami katakan kelas premium karena kini di pasar kaos distro muncul kelompok produsen yang dengan sengaja menurunkan standar kualitasnya demi bisa memasuki pasar konsumen bawah.

Karena pasar ini menuntut harga yang lebih murah namun dengan tampilan yang hampir serupa, tidak heran produsen kemudian memilih menurunkan bahan ke kelas yang lebih rendah namun dengan tekstur yang hamoir sama dengan kelas di atasnya.

Sekarang kembali pada asumsi awal, di sini kita akan melihat bagaimana memilih kaos polos dengan kualitas standar dari kaos distro kelas premium. Apakah standar-standar yang biasa digunakan untuk menentukan kualitas dalam kaos distro?

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari kualitas kaos distro adalah :

1, Kualitas bahan
Kaos dengan bahan lembut, lentur, nyaman, menyerap keringat dan tidak mudah kusut adalah beberapa kualitas yang diharapkan dari sebuah kaos distro. Bahan macam cotton combed, lacoste, viscose atau setidaknya cotton carded biasanya menjadi pilihan utama.

Beberapa jenis lain macam kaos PE, hyget dan TC yang mengandung bahan sintetis juga kerap digunakan. Hanya saja bahan-bahan ini tidak bisa menyerap keringat sebaik kaos berbahan cotton.

Pada kaos cotton combed terdapat beberapa kelas bahan sesuai dengan ketebalannya, mulai dari kaos 20’s, 24’s, 30’s, 40’s. Kode-kode ini berkaitan dengan ketebalan bahan, kebanyakan kaos distro menggunakan bahan kaos dengan kualitas ketebalan 30’s dan 24’s walau tidak sedikit pula yang menggunakan bahan 40’s karena cenderung terasa lebih ringan.

Pilihan lain yang juga banyak dicari terutama oleh penggemar kaos distro wanita adalah bahan CVC atau viscose yang memiliki rasa nyaman dan menyerap keringat sebagaimana cotton namun dengan bahan yang lebih melayang dan ringan seperti bahan sintetis.

2, Kualitas rajutan
Pada rajutan kaos terdapat type single knit dan double knit. Type pertama menghasilkan kaos dengan dua permukaan, permukaan halus dan permukaan kasar. Kebanyakan kaos distro menggunakan type pertama ini karena biasanya lebih murah tapi tetap nyaman.

Model double knit adalah sistem perajutan dengan dua jarum sehingga kedua permukaan sama halus dan sama warna, tidak jarang pula kaos distro menggunakan kaos polos dari jenis ini meski lebih mahal.

3, Kualitas jahit
Ada tiga jenis kualitas jahitan yang menjadi standar bagi standar kaos distro. Yaitu type jahitan model obras dengan detil jahitan bergelombang di sisi dalam kaos, type jahitan bis dengan sisi pinggir di lipat ke dalam dan dijahit secara double dan membentuk list di pinggir, kemudian type rantai dengan cara keja yang hampir mirip dengan type bis hanya dengan model jahitan menyerupai rantai yang berurutan.

Model penjahitan sambungan macam ini memberikan jaminan jahitan kaos polos lebih tahan lama dan tidak mudah lepas. Ketiga model jahitan tadi juga membuat kaos terasa lebih nyaman dikenakan, ujung jahitan tidak mengusik pemakainya.

Bila Anda mencari kaos polos dengan kualitas kaos distro, Anda bisa menilik dari standar umum kualitas kaos distro yang ada di atas. Ini bisa menjadi panduan Anda ketika Anda mencari kaos polos dengan kualitas baik dan nyaman Anda kenakan.

SHARE