Mengenal Ragam Mesin Printer DTG Untuk Mengawali Usaha Sablon Kaos Printer DTG

Sablon kaos printer DTG – Sebelumnya dalam artikel terdahulu saya sudah pernah menyampaikan mengenai betapa pentingnya Anda untuk mengetahui betul printer DTG jenis apa yang sesuai  dengan kebutuhan dan daya  beli Anda sebagai pelaku usaha sablon kaos printer DTG.

Mengenal Ragam Mesin Printer DTG Untuk Mengawali Usaha Sablon Kaos Printer DTG
Image : DTGDigital.com

Makanya kali ini saya bermaksud untuk berbagi informasi mengenai ragam jenis mesin printer DTG yang ada di pasaran. Karena saat ini Anda bisa menemukan sangat banyak varian dari mesin cetak kaos sablon sistem digital ini.

Hanya saja secara keseluruhan, terdapat 2 kategori utama dengan 2 sub kategori untuk mengelompokan model printer DTG sesuai dengan kualitas dan kapasitas.

Berikut ini pengelompokan dari mesin printer DTG tersebut :

  1. Printer dengan perangkat hardware standar printer
    Inilah dasar dari semua model printer DTG dan pada awalnya semua printer cetak kaos sablon digital hanya menggunakan system ini. Sistem cetaknya hampir serupa dengan system cetak pada printer kertas dengan flatbed sebagai dasar media cetak supaya lebih kaku. Dari model ini terdapat dua sub kategori sebagai berikut :

    1. Model konvensional
      Bisa dibilang model ini adalah hasil adaptasi paling sederhana dari system printing pada kertas untuk garmen. Dengan penambahan semacam papan untuk dasar media printing atau juga dikenal dengan istilah flatbed. Kadang beberapa produknya juga berfungsi pada bahan akrilik, plastic dan sebagainya. Sebagai tambahan produk printer DTG model ini dilengkapi dengan kemampuan sensor garmen, system on board bulk pada tintanya dan lain sebagainya.
    2. Model modifikasi Desktop
      Pada model ini beberapa modifikasi sudah dilakukan sebagai pengembangan kualitas cetk DTG pada kain. Pada printer DTG standar modifikasi, sudah terdapat modifikasi khusus seperti perpanjangan area printing, system pengaturan untuk tinta putih, preassure ink system, mengatasi masalah ink mist (tinta berkabut) dan sudah memiliki system otomatis dalam membersihkan kepala printing. Model ini sudah mampu menghasilkan gambar dengan presisi yang tinggi namun dalam ketajaman yang menengah
  2. Printer model DTG Viper
    Mesin printer DTG model ini merupakan hasilmodifikasi terbaik dari printer DTG model terkini. Di sini terdapat semacam print head yang lebih modern dan bisa bekerja dengan sensor pintar yang bisa menghasilkan gambar dengan ketajaman gambar lebih baik, presisi yang tinggi hingga kedetilan gambar dan warna yang lebih variatif. Model ini terbagi dalam 2 sub kategori, yakni :

    1. Model industry
      Model dengan system yang sudah menggenapi kebutuhan industry dengan kemampuan cetak lebih tinggi, mulai dari kecepatan, jumlah lebih banyak, presisi dan keakuratan, ketajaman dan varian warna. Masuk dalam kategori alat berat karena ukuranya relative besar dan juga dibandrol dengan harga tinggi.
    2. Model print head modifikasi
      Satu lagi model gress dan teranyar dari konsep direct to garments yang mungkin untuk saat ini belum terlalu ternama, tetapi diramalkan akan menguasai pasar menengah. Konsepnya adalah mengadopsi konsep print head besar ala model industry ke dalam model printer kelas rumahan. Daya produksi memang tidak sebesar kemampuan skala industry, tetapi tidak semua produsen bermaksud masuk dalam pasar besar macam itu kan? Dalam wktu singkat kualitas dari produk cetakan model ini akan smakin meningkat dan kelompok produsen menengah akan semakin diuntungkan dengan printer lebih miring dengan kualitas sama baiknya.

Itu tadi 4 jenis printer DTG yang saat ini beredar di pasaran. Anda bisa memilih mana yang cocok degan kebutuhan Anda. Dari budget sekitar beberapa juta hingga mencapai angka ratusan juta Anda bisa menentukan pilihan Anda sesuai dengan kapasitas usaha sablon kaos printer DTG.

SHARE