Ciri Ciri Kelinci Sakit Dan Solusi Pengobatanya, Penting !!!!

0
40

Ciri ciri kelinci sakit – Jika anda berniat untuk memelihara kelinci, maka salah satu hal yang perlu anda sangat pahami adalah tingkah laku dari kelinci tersebut. Karena dari tingkah lakuknya, kelinci menunjukkan keadaan yang sedang dia alami. Apabila menjadi sangat agresif maka ada kemungkinan kelici yang anda pelihara sudah hamil, apabila kelinci tersebut mendekati kelinci betina terus menerus, berarti kelinci tersebut sedang masa subur dan sebagainya.

Ciri Ciri Kelinci Sakit

Nah satu yang penting untuk diperhatikan dari banyak tingkah laku kelinci yang ada adalah tingkah laku yang menunjukkan ciri ciri kelinci sakit. Selain itu ditambah dengan kita mengecek perubahan fisiknya kita juga bisa mengetahui kira kira apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya.

Kelinci memang mudah dikembang biakan dengan cepat. Alasannya sekali melahirkan kelinci bisa melahirkan hingga 15 anakan kelinci. Hal itu akan membuat peternakan kelinci menjadi cepat untuk terisi banyak. Namun, kelinci adalah salah satu hewan yang sensitif terhadap lingkungannya sehingga kita harus mengetahui bagaimana lingkungan yang baik sehingga tidak mempengaruhi kesehatannya.

Lingkungan yang kurang mendukung bisa membuat kelinci mudah stress dan jatuh sakit selain karena pakan dan faktor lainnya. Oleh karena itu sebelum anda mengetahui ciri ciri kelinci sakit akan lebih baik lagi jika anda mencoba mencari tahu lingkungan yang pas untuk kelinci hidup.

  1. Telinga Terasa Dingin

Salah satu fungsi dari telinga kelinci adalah untuk menjaga suhu tubuhnya. Oleh karena itulah salah satu ciri ciri kelinci sakit bisa dicek dari telinganya. Apabila telinga kelinci tersebut terasa dingin, itu berarti ada kemungkinan lingkungan kandang yang terlalu lembab, berangin atau terlalu dingin. Sedangkan untuk posisi telinga kelinci yang sakit juga berubah yakni menekuk kearah belakang.

  1. Telinga Terasa Sangat Panas

Seperti manusia, kelinci juga bisa mengalami demam. Untuk ciri ciri kelinci sakit demam juga bisa dicek pada suhu telinganya dimana telinganya terasa sangat panas berbeda dengan kelinci normal. Akan lebih baik jika anda memisahkan kelinci yang demam ke kandang yang berbeda karena ada kemungkinan menular. Demam merupakan salah satu penyakit kelinci yang serius, bisa disebabkan oleh infeksi atau penyakit serius lainnya.

  1. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan yang menurun menjadi salh satu ciri ciri kelinci sakit. Kejadian nafsu makan menurun bisa dikarenakan karena stress yang juga termasuk karena lingkungannya atau juga bisa karena masalah pencernaan. Tingkah laku kelinci yang memiliki nafsu makan menurun ini adalah salah satu ciri umum kelinci yang sakit.

  1. Perut Buncit

Perut yang buncit menjadi salah satu ciri ciri kelinci sakit akibat cacingan. Pahami baik baik mana ciri perut yang buncit, hamil maupun yang karena gemuk. Hal ini sangat berbeda. Cacingan diakibatkan oleh faktor makanan atau lingkungan yang kurang bersih sehingga membawa telur cacing.

  1. Karakteristik Feses

Ciri ciri kelinci sakit juga bisa terlihat dari karakteristik feses atau kotorannya. Hal ini hampir serupa dengan manusia yang apabila terlalu encer atau bahkan banyak berair bisa dikatakan bahwa kelinci tersebut mengalami diare. Feses yang terlalu kering berarti kelinci anda kekurangan minum. Ubahlah pola makanan dan perhatikan fesesnya agar anda bisa melihat perubahannya.

  1. Warna Urin

Selain feses, urin juga menjadi salah satu hal yang bisa diawasi untuk mencari ciri ciri kelinci sakit atau tidak. warna yang coklat atau terlalu pekat bisa berakibat buruk karena berkaitan dengan metabolism.

  1. Mata dan Hidung Berair

Untuk mengetahui ciri ciri kelinci sakit selanjutnya anda bisa menchek mata dan hidungnya. Apabila tampak berair maka ada kemungkinan kelinci anda sakit dan penyebab paling umumnya adalah stress.

  1. Menyendiri dan Bertingkah Aneh

Selain ciri ciri fisik diatas, salah satu ciri ciri kelinci sakit dari tingkah lakunya adalah sifatnya yang menyendiri apabila bersama dengan gerombolan kelinci yang lainnya. Selain menyendiri juga kelinci cenderung malas bergerak, tidak merespon terhadap suara juga bisa menjadi ciri tidak sehat lainnya.

Jika ada suara gemertak gigi geraham juga bisa menjadi tanda bahwa kelinci tersebut stress karena suatu masalah dalam tubuh dan sebaiknya anda membawanya ke dokter.

ciri ciri kelinci sakit bagi pemula

LEAVE A REPLY