Ciri Ciri Kelinci Akan Melahirkan Perawatan Dan Persiapanya, Penting !!!

Ciri kelinci akan melahirkan – Kelinci adalah salah satu hewan yang banyak diternakan. Beberapa manfaat positif dari kelinci adalah hewan ini bisa dipelihara sebagai peliharaan atau yang sering disebut kelinci hias dan juga bisa diternakan dalam jumlah yakni sebagai kelinci pedaging.

Ciri kelinci mau melahirkan

Kelebihan lainnya adalah bahwa kelinci adalah salah satu hewan yang ketika melahirkan langsung bisa menghasilkan banyak anakan yakni hingga berjumlah 15 atau sedkitinya 5 ekor anakan. Nah, tentunya sebelum menyambut kedatangan anak kelinci yang akan dilahirkan tersebut, kita harus mempersiapkan perlakuan khusus pada indukannya yakni ketika hamil.

Tujuannya agar anakan yang dihasilkan memiliki presentasi hidup yang baik dan yang pasti memiliki kualutas baik sehingga dapat dijual kembali baik sebagai kelinci hias maupun kelinci pedaging. Nah berikut ini adalah ciri kelinci mau melahirkan yang bisa terlihat dari tingkah lakunya dan juga secara fisiknya.

Tingkah Laku

Ketika kelinci hamil, ada perubahan tingkah laku yang sangat signifikan. Hal ini menjadikan ciri ini sebagai salah satu pendukung yang kuat sebagai ciri kelinci mau melahirkan. Berikut beberapa ciri ciri yang umumnya terlihat.

  1. Agressif

Perubahan sifat atau tingkah laku sebagai ciri kelinci akan melahirkan yang pertama adalah kelinci menjadi lebih agresif. Alasannya, ketika kelinci sedang hamil maka gerak kelinci tidak akan selincah ketika tidak hamil. Oleh karena itulah secara alami kelinci akan berubah menjadi agresif dan cenderung menyerang kelinci di sekitarnya yang mengganggu.

  1. Mulut Terbuka

Masih pada ciri kelinci akan melahirkan yang pertama yakni agresifitas yang meningkat, kelinci akan lebih sering membuka mulutnya seakan akan menyerang hewan hewan di sekitarnya. Ini adalah salah satu cara pertahanan diri kelinci yang paling sering terlihat.

  1. Gerakan Menggali

Kelinci di alam bebas melahirkan di dalam gua. Hal itu juga terbawa pada kelinci yang dibudidayakan juga secara alami. Di dalam kandang kelinci seakan akan akan menggaruk nggaruk kandang seperti akan menggali lubang. Jika hal ini terlihat bisa dipastikan kelinci anda hamil karena termasuk ciri kelinci akan melahirkan.

  1. Makan Meningkat

Kelinci yang hamil harus memenuhi nutrisi bayi bayi kelinci didalam kandungannya. Tidak heran kelinci yang hamil akan makan lebih banyak pada umumnya. Mereka biasanya akan banyak makan di malam hari. hal ini sudah menjadi ciri kelinci akan melahirkan yang secara umum diketahui.

Ciri Fisik

Selain ciri dari tingkah laku kelinci yang berubah, ada juga ciri kelinci akan melahirkan secara fisik yang terlihat yakni:

  1. Mulut Memerah

Ketika kelinci secara agresif membuka mulutnya lihatlah bagian mulutnya apakah mulut dari kelinci tersebut berwarna merah cerah atau tidak. jika iya maka hal tersebut adalah salah satu ciri kelinci akan melahirkan. Perhatikan perbedaannya dengan warna mulut kelinci jantan agar anda mengerti perbedaannya.

  1. Perut Membuncit

Hal ini tentunya bukan hanya menjadi ciri kelinci mau melahirkan saja melainkan pada semua mamalia yang melahirkan yakni perut induk yang akan melahirkan menjadi besar. Nah ciri ini bisa diketahui lebih lanjut dengan kurangnya kelinci untuk bergerak dan adanya perbedaan ukuran tubuh terutama pada perut. Semakin tua masa kehamilannya maka pergerakan kelinci akan semakin sedikit.

Yang Perlu Dipersiapkan

Agar anakan kelinci yang dilahirkan bisa secara sempurna dan memiliki tingkat hidup yang baik, ada beberapa persiapan yang perlu anda persiapkan terutama untuk indukan kelincinya. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan saat mulai terlihat ciri kelinci mau melahirkan.

  1. Pisahkan dengan kelinci yang lain

Kelinci yang hamil umumnya akan lebih agresif daripada kelinci lainnya. Agar tidak saling melukai, pindahkan kelinci yang hamil ke kandang khusus pada umur 1 atau 2 minggu setelah diketahui hamil.

  1. Berikan ruang tertutup

Kelinci di alam liar melahirkan di lubang di dalam tanah. Oleh karena itulah kelinci menggali kandang sebagai ciri kelinci mau melahirkan. Nah agar situasi kandang tidak jauh berbeda dengan situasi alaminya, berikan ruang tertutup berupa kain atau kandang yang tertutup agar kelinci tidak stress. Untuk mengatasi kelinci yang terus menggali dan agar kakinya tidak terluka, berikan lantai yang empuk agar kandang tidak melukai kelinci.

  1. Pastikan persediaan makanan terpenuhi

Kelinci yang hamil memiliki ciri terus makan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sediakan makanan yang cukup agar kelinci tidak kekurangan makanan.

Pencarian Terkait :

tingkah laku kelinci