Ciri Ciri Kelinci Hamil Dan Mau Melahirkan Persiapan Makanan Dan Kandang

0
41

Ciri ciri kelinci hamil – Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang mudah untuk dikembang biakkan. Selain karena harganya yang cukup mahal, sebagai hewan peliharaan kelinci juga sangat menyenangkan karena tidak agresif dan tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pada anjing atau kucing.

Ciri Ciri Kelinci Hamil

Nah, dalam beternak kelinci, kita harus memahami ciri ciri kelinci hamil karena pada saat itulah kelinci yang biasanya tenang dan tidak agresif akan berubah sifat maupun fisiknya. Nah berikut ini adalah beberapa cirinya yang sebaiknya anda kenali dan setelah memastikan bahwa kelinci tersebut benar hamil, maka anda bisa memindahkan kelinci tersebut ke kandang yang khusus.

Tingkah Laku

Ciri ciri kelinci hamil dapat dilihat dari tingkah lakunya. Hal ini dikarenakan karena sang calon induk akan mempersiapkan kelahiran anak anaknya. Kelinci termasuk hewan dengan tingkat reproduksi yang tinggi. Satu kelinci betina sehat setidaknya mampu melahirkan 5 hingga 15 anak dalam sekali kehamilan. Sedangkan dalam satu tahun, kehamilan bisa mencapai 5 kai kehamilan. Saat kelinci tersebut hamil, akan ada perubahan tingkah laku yang terlihat yakni seperti berikut ini:

  1. Menjadi Galak

Deteksi kehamilan kelinci setidaknya bisa terlihat mulai memasuki hari ke tujuh setelah proses perkawinan. Kelinci anda yang biasanya terlihat tenang dan jinak akan mulai menunjukkan perubahan sifat dan tingkah lakunya pada hari ke 14 karena di hari tersebutlah ciri ciri kelinci hamil mulai dapat dipastikan. Salah satu perubahannya adalah kelinci anda akan menjadi lebih galak. Bahkan pada kelinci jantanpun, kelinci betina bisa terlihat lebih galak.

Ketika hal tersebut terjadi, akan lebih baik jika anda mulai untuk memindahkan kelinci yang hamil ke kandang khusus.

  1. Menggali Gali Tanah

Hal ini adalah salah satu ciri ciri kelinci hamil secara alami. Kelinci betina yang hamil akan terus terusan menggali bahkan di kandangnya sendiri. Hal ini alami untuk mempersiapkan kehamilan, karena di alam bebas kelinci melahirkan pada lubang lubang di tanah. Akan lebih baik juga anda memiliki kandang khusus kehamilan yang sedikit lebih tertutup agar kelinci merasa nyaman. Setidaknya kelinci harus sudah dipindahkan ke kandang khusus pada hari ke 24 atau 25.

  1. Mudah Lapar

Selain agresifitas yang meningkat, ciri ciri kelinci hamil yang akan jelas terlihat adalah sifatnya yang mudah lapar. Hal ini umum pada mahluk hidup betina yang hamil karena harus memenuhi asupan gizi untuk janinnya, apalagi jumlah janin yang dibawa seekor induk kelinci lebih dari 5 ekor. Umumnya kelinci akan merasakan kelaparan dan mencari makanan saat malam hari. sediakan pakan yang cukup agar tidak menjadi stress.

Setelah melahirkan, pemberian pakan untuk induk kelinci juga harus cukup karena apabila asupan berkurang, maka hasilnya adalah air susu yang tidak lancar.

Perubahan Fisik

Untuk ciri ciri kelinci hamil dari fisiknya, hal yang pertama terlihat adalah mulut dari kelinci terlihat lebih kemerah merahaan. Hal ini umumnya dibarengi dengan sifat agresifitas yang tinggi. Karena saat agresifitas meningkat, kelinci akan sering membuka mulutnya seakan akan akan menggigit. Sedangkan jika masa kehamilan sudah mulai lama, maka perut indukan kelinci akan menjadi buncit dan akan membuatnya untuk sedikit tidak lincah atau mengurangi geraknya.

Masa Melahirkan

Mendekati masa melahirkan juga ada ciri ciri khusus selain ciri ciri kelinci hamil. Salah satunya akan menjadi lebih agresif lagi karena memang saat saat itulah kelinci akan sulit untuk bergerak sehingga satu satunya cara untuk pertahanan diri adalah dengan berubah menjadi lebih agresif.

Selain menjadi lebih agresif, apabila masa melahirkannya sudah semakin mendekat maka ada ciri ciri lainnya yakni bulu bulunya mulai rontok. Jika hal ini sudah terjadi, persiapkan kandang untuk lebih terutup dan tersedia kain kain kering dan tebal didalamnya untuk menghangatkan anakan kelinci yang baru lahir.

Karena secara alami kelinci melahirkan di lubang lubang tanah yang panjang dan berkelok kelok dan juga hangat. Jadi akan lebih baik jika kita juga merubah kandang sedikit serupa dengan keadaan alami yang sebenarnya.

LEAVE A REPLY