Teknik Memilih Jalak Nias Jantan Agar Menang Dalam Kejuaraan

0
3512

Kembali kita akan membahas mengenai daya tarik peluang usaha dalam bidang agri hobi seperti dunia peternakan burung kicauan. Dan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai salah satu tips usaha tentang burung Jalak Nias, terutama mengenai teknik dalam memilih Jalak Nias Jantan.

Teknik Memilih Jalak Nias Jantan Agar Menang Dalam Kejuaraan
Teknik Memilih Jalak Nias Jantan Agar Menang Dalam Kejuaraan

Tetapi sebelum masuk ke pokok bahasan, kita akan melihat apa yang menarik dari jenis Jalak Nias ini. Karena rupanya burung satu ini memiliki popularitas tersendiri di pasaran pecinta burung kicauan tak kalah dari jenis burung kicauan lain.

Baca juga : Budidaya poksay mandarin

Burung Jalak Nias sebenarnya bukan jenis endemic Sumatera, karena Anda bisa menjumpai jenis burung ini bahkan di seluruh dunia. Rupanya dia bisa hidup dalam beragam iklim dan cuaca. Malah jalak nias ini termasuk jenis burung yang memiliki pertumbuhan populasi cukup tinggi, berbanding terbaik dengan burung jalak Bali yang populasinya masih saja kembang kempis.

Namun karena begitu banyaknya populasi, tak banyak orang yang tertarik untuk membiakannya secara khusus. Kebanyakan burung Jalak Nias di pasaran adalah hasil tangkapan. Bahkan kadang dengan mudah Anda dapatkan karena banyak petani yang sukarela melakukan perburuan terhadap burung Jalak Nias ini, mengingat bagi kalangan petani justru Jalak Nias ini adalah salah satu jenis hama yang patut mereka berantas.

Itu sebabnya, bagi kalangan pelaku usaha Jalak Nias, metode penangkapan menjadi lebih ekonomis dan menguntungkan dari pada metode pembiakan. Biasanya pasca penangkapan, penjual akan memakan sedikit waktu untuk menjinakan Jalak Nias dan membantunya lebih mudah dipelihara.

Berkaitan dengan potensi dari burung Jalak Nias, sebenarnya tidak semua jenis Jalak Nias yang potensial sebagai burung kicauan. Hanya Jalak Nias jantan saja yang cukup gacor untuk berkicau, bahkan bisa menjadi sangat berisik. Dan tak hanya itu, Jalak Nias jantan juga bisa Anda latih untuk mampu menirukan ragam jenis suara bahkan sampai kata-kata manusia layaknya burung beo. Mungkin itu pula sebabnya Jalak satu ini dinamakan Jalak Nias, mengingat burung beo juga datang dari Nias.

Dari sisi tampilan fisik, Jalak Nias jantan juga tampak lebih menarik dari jenis betina. Warna gradasi pada tubuh Jalak Nias jantan lebih elegan dan anggun. Berbeda dengan jenis betina yang warnanya cenderung buram. Bulu Jalan Nias jantan juga tampak lebih berkilau dengan jambul kecil di sisi kepala belakangnya. Jalak Nias betina tidak memiliki bentuk jambul kecil ini di kepalanya.

Biasanya juga jenis Jalak Nias jantan cenderung lebih gesit dan agresif dari jenis betina. Mereka tampak lincah dan selalu bergerak dengan suara yang cenderung dinamis. Malah konon banyak pecinta dunia burung kicauan menjadikan Jalak Nias jantan sebagai pemancing jenis burung lain untuk cepat gacor.

Tetapi tak semudah itu pula memilih Jalak Nias jantan untuk Anda pelihara atau Anda jual, salah-salah Anda tertukar dengan jenis betina. Apakah perbedaan dari jenis Jalak Nias jantan dengan betina? Berikut ini beberapa point perbedaannya.

  1. Warna
    Gradasi warna pada jenis Jalak Nias jantan cenderung lebih solid dan kuat dengan gradasi warna cenderung lebih gelap antara warna cokelat tua menuju hitam. Sedang pada jenis betina warnanya menjadi lebih muda dan terkesan buram.
  2. Bulu
    Bulu dari jenis pejantan pada burung Jalak Nias tampak lebih berkilau. Berbeda dengan jenis betina yang jelas tampak tanpa kilau.
  3. Bentuk
    Jenis Jalak Nias jantan cenderung memiliki bentuk tubuh gempal dan membulat, sedang jenis betina justru terlihat lebih kecil dan memanjang. Dada pada jenis pejantan tampak lebih membusung sehingga tampak lebih elegan.
  4. Tingkah laku
    Beberapa pecinta burung mengatakan jenis pejantan dari Jalak Nias memiliki polah yang lebih lincah, tidak bisa diam dan kadang bisa menjadi lebih agresif. Sedang jenis betina malah cenderung diam dan tidak sulit untuk dijinakkan.
  5. Pola makan
    jenis Jalak Nias jantan sangat doyan makan, bahkan cenderung rakus. Mereka bisa makan dua sampai tiga kali lebih banyak dari betina. Meski sebenarnya memang Jalak Nias tergolong burung yang banyak makan.
  6. Kicau
    Salah satu yang membuat Jalak Nias jantan banyak disukai justru karena kegacorannya dalam bersuara. Mereka demikian nyaring, bulat, padat dan berisik dalam bersuara. Dan hal ini tak akan Anda jumpai pada jenis betina.

Dengan bermodal pengetahuan mengenai cara memilih Jalak Nias jantan, Anda bisa memulai usaha Anda dalam agri hobi burung kicauan Jalak Nias. Karena dalam usaha macam ini kemampuan membedakan pejantan dan betina menempati posisi penting.

Sumber gambar : www.burungkicau.net

LEAVE A REPLY