Usaha Budidaya Dan Perawatan Burung Murai Batu Medan Masih Bakalan

0
285

Tak dapat dipungkiri dalam perawatan burung murai batu medan dan memiiki memiliki burung Murai Batu Medan adalah impian banyak orang yang menggemari dunia burung. Hanya saja dengan harga yang relatif tinggi terutama untuk jenis jawara atau setidaknya yang sudah terlatih, bisa jadi beberapa dari Anda akhirnya berdamai dengan keadaan kantung dengan membeli jenis Murai Batu masih bakalan alias belum bisa berkicau.

Usaha Budidaya Dan Perawatan Burung Murai Batu Medan Masih Bakalan
Usaha Budidaya Dan Perawatan Burung Murai Batu Medan Masih Bakalan

Untuk itulah kami akan mencoba berbagai ilmu perawatan burung Murai Batu Medan khusus untuk jenis masih bakalan. Jenis ini belum lihai berkicau malah kadang cenderung masih diam tanpa suara. Belum ada andalan yang bisa dibanggakan dan itu sebabnya Anda bisa membelinya dengan harga cenderung miring.

Baca juga : Usaha sampingan sukses ternak murai batu

Tapi jangan berkecil hati dengan keputusan Anda membeli jenis burung Murai Batu Medan dengan harga miring macam ini. Jenis masih bakalan bukan berarti tidak bisa menjadi burung super. Selama Anda menerapkan teknik perawatan burung Murai Batu Medan dengan tepat, nantinya si pendiam ini bahkan bisa menjadi burung gacor yang meramaikan hunian Anda.

Baca juga : Konsep kandang murai batu

Tetapi seperti disampaikan tadi, untuk bisa mendapatkan burung Murai Batu gacor, Anda perlu menerapkan teknik perawatan burung Murai Batu Medan dengan sentuhan khusus. Ini akan membantu burung memaksimalkan kemampuannya dalam berkicau. Dan adapun teknik-teknik tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Kenalkan Voer Secara bertahap
    Voer adalah ekstrak nutrisi untuk burung, selain lebih ekonomis juga mengandung banyak bahan yang baik untuk kesehatan burung. Namun burung baru kadang sulit mengkonusmsi voer. Anda bisa kenalkan bertahap dengan mengenalkan voer bersama kroto sampai mereka terbiasa. Setelah itu Anda bisa jadikan voer sebagai makana utama mereka. Proses ini bisa berlangsung cepat atau malah lama tergantung jenis burungnya, jadi jangan terlalu dipaksakan, biarkan berjalan alami sampai burung sanggup beradaptasi sendiri.
  2. Tetap berikan pada burung baru Anda beberapa makanan yang memicu suara bagus
    Beberapa jenis makan dapat membantu meningkatkan kualitas suaranya, seperti kroto, jangkrik, belalang dan lain sebagainya. Jadi jangan karena mereka sudah terbiasa dengan voer Anda lupa memberikan mereka makanan alami jenis serangga ini. Karena jenis makanan ini mengandung nutrisi yang baik untuk kualitas pita suara mereka. Perhatikan manakah jenis makanan yang mereka suka supaya mereka nyaman saat makan.
  3. Jangan paksa burung beradaptasi
    Burung baru terutama yang Anda dapatkan dari alam atau baru tangkapan sebaiknya jangan dipaksa beradaptasi dengan manusia terlalu cepat. Bukannya gacor malah bisa jadi mereka merusak bulu mereka karena selalu mengamuk ketakutan. Kerodong sangkar dan buka kerodongnya setahap demi setahap sampai burung bisa beradaptasi. Jangan paksa Anda nyaman secara langsung dengan lingkungan baru, karena itu mustahil. Kadang mandikan mereka dengan air dingin dan beri makan dengan tangan Anda setelahnya Ketika mereka kedinginan, mereka cenderung pasif dan lapar. Di saat inilah Anda bisa lebih mudah memperkenalkan bau tangan Anda pada mereka.
  4. Temani dengan burung lawan jenis
    Biasanya burung Murai Batu jantan cenderung lebih sanggup gacor dari jenis betina. Dan untuk membuatnya makin gacor, Anda bisa letakan jenis burung betina di sekitarnya. Buat supaya posisi keduanya dapat saling melihat dengan leluasa. Biasanya demi memikat betina, si pejantan akan menunjukan kebolehannya, seperti kemampuannya berkicau.
  5. Dekatkan dengan burung gacor
    Sekedar untuk membuat si bakalan ini bisa cepat gacor, tanpa harus menjadi jawara kompetisi sebenarnya tak sulit. Dekatkan saja burung Murai Batu muda ini dengat jensi burung gacor yang seperti kenari atau ciblek dan sejenisnya. Burung jenis ini suka sekali berikcau, sebentar saja, burung Murai muda Anda pasti sudah menimpali kicauan mereka dan tak lama kontes berkicau sudah muncul di pekarangan rumah Anda.
  6. Berikan lingkunga terbuka
    Burung jenis tangkapan bisa jadi akan merasa tidak terbiasa hidup dalam kandang, itu sebabnya sebaiknya, beri mereka kesempatan untuk hidup dengan menghirup udara bebas. Bisa dengan meletakannya di pekarangan rumah. Ini membantu mereka lebih relaks dan akhirnya merasa nyaman dan siap berkicau. Selalu bersihkan kandang, karea kandang yang kotor akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Itulah beberapa teknik khusus untuk Anda dalam perawatan burung Murai Batu Medan. Pahami dengan baik teknik perawatan burung Murai Batu Medan untuk bisa melatih si anak baru menjadi ahli gacor yang siap menghiasi hunian Anda dengan kicaua merdunya.

Sumber gambar : www.mediabnr.com

ternak burung murai batu, burung murai rumahan

LEAVE A REPLY