Bisnis Burung Murai Dengan Konsep Pembuatan Kandang Ternak Murai Batu Modern

0
1106

Konsep kandang ternak murai batu. Belakangan usaha agri dalam bidang pembiakan burung Murai batu tengah naik daun. Permintaan yang tinggi dari berbagai daerah membuat usaha ini memiliki potensi besar setidaknya untuk beberapa tahun belakangan ini.

Konsep Pembuatan Kandang Ternak Murai Batu
Konsep Pembuatan Kandang Ternak Murai Batu

Memelihara dan membiakan Murai Batu sebenarnya tak sulit, hanya saja dibutuhkan beberapa kesiapan yang terbilang detail. Termasuk masalah kandang ternak Murai Batu. Karena burung satu ini terbilang sensitive terhadap stress, jadi penting untuk Anda memastikan Murai Batu biakan Anda bisa nyaman hidup dalam kandang mereka.

Baca juga : Ternak burung murai batu

Keuntungan dari usaha ternak Murai Batu memang sangat menggiurkan. Tak sedikit pelaku usaha yang terbukti mampu mencetak hasil besar. Sayangnya, usaha ini membutuhkan kesungguhan dan modal yang tak kecil. Setidaknya untuk 3 pasang indukan saja Anda membutuhkan modal tak kurang dari 5 juta untuk pembelian indukan dan persiapan kandang dan perawatan.

Baca juga : Teknik budidaya murai batu borneo

Bayangkan kalau kemudian usaha Anda malah mandek gara-gara salah memilih lokasi kandang. Burung dalam kandang stress dan mati karena tak merasa nyaman dengan kandang tempat mereka tinggal. Itu sebabnya penting untuk Anda menyiapkan kandang ternak Murai Batu dengan cukup seksama. Terutama dengan mematuhi beberapa konsep pembuatan seperti berikut ini.

  1. Memperhatikan lokasi
    Masalah lokasi kandang memang menjadi sangat penting dalam hal pembiakan burung Murai Batu. Karena lokasi kandang akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan burung Murai Batu di dalamnya. Beberapa syarat terkait pemilihan lokasi kandang antara lain :

    1. Pilih lokasi yang tidak dekat dengan getaran berlebihan, dekat dengan suara-suara bising, atau lokasi dengan polutan tinggi. Misalkan dengan menjauhkan kandang dari pabrik, bengkel atau jalan raya besar.
    2. Pastikan lokasi kandang cukup steril dari serangan hewan buas
    3. Jauh lebih baik lokasi kandang tak jauh dari rumah supaya memudahkan Anda untuk mencapai kandang dan melakukan perawatan harian. Terutama kalau Anda tertarik pada usaha ternak rumahan.
    4. Jauhkan dari usaha ternak lain seperti ternak ayam, bebek atau burung lain, kadang aktivitas kedua hewan akan saling terganggu.
    5. Lokasi tidak pengap, tidak terlalu gelap, relatif rindang tetapi tetap memiliki akses terhadap sinar matahari mencukupi, tidak terlalu lembab dan dingin.
  2. Konsep kandang
    Masalah kandang juga menempati posisi penting dalam usaha pembiakan burung Murai Batu. Kandang ternak Murai Batu akan berperan besar pada bagaimana mereka merasa nyaman dalam beraktivitas harian. Dan itu sebabnya penting untuk Anda memahami dengan baik bagaimana habitat asli mereka dan membangun kandang yang setidaknya menyamai atmosfer dalam habitat aslinya.
    Ini akan sangat membantu mereka beradaptasi dengan cepat dalam kandang. Bagaimana persisnya aturan pembuatan kandang ternak Murai Batu?

    1. Buat kandang dengan ukuran yang relatif lebih besar, karena burung Murai batu senang aktivitas bebas. Setidaknya kandang berukuran 1 meter kubik akan mampu menampung sepasang indukan.
    2. Pastikan kandang berdasar tanah dan tutupi permukaan dengan pasir yang sudah dicampur dengan kapur. Adonan ini akan membantu Anda mengontrol kadar asam basa dalam kandang sehingga mencegah munculnya jamur dan biota tak sehat dalam kandang.
    3. Pastikan kandang memiliki jarak dengan tanah setidaknya sekitar 10 – 15 cm supaya tidak mudah tikus mengganggu Murai Batu di dalamnya.
    4. Kandang disekat dengan tembok dinding atau papan supaya udara bebas tidak leluasa masuk ke dalam kandang. Kadang udara terlalu dingin atau terlalu panas bisa berbahaya bagi kesehatan burung. Ini juga membantu burung tidak terserang angin kencang dan hujan yang bisa membuat mereka juga mudah sakit.
    5. Pastikan kandang memiliki akses memadai terhadap sinar matahari, tetapi tetap relatif rindang untuk burung merasa nyaman.
    6. Pasangkan lampu pijar ukuran 5 sampai 10 watt untuk menghangatkan mereka di malam hari.
    7. Pasangkan ranting, lokasi istirahat dan lokasi bertelur bagi burung Murai Batu ini karena ini akan membuat mereka mudah beradaptasi. Setidaknya sediakan beberapa sarang dalam kandang dengan beberapa ragam model dan biarkan burung memilih sendiri sarang yang nyaman untuk mereka.

Itulah tadi beberapa ketentuan yang berkaitan dengan kandang ternak Murai Batu. Tak sulit membuat kandang untuk pemeliharaan Murai batu untuk jenis apapun, asalkan Anda cukup teliti memperhatikan detil kebutuhan mereka akan sarang yang nyaman. Setidaknya kenyamanan adalah satu modal awal untuk mendapatkan burung Murai batu yang gacor.

Sumber gambar : www.kicaukicau.com

LEAVE A REPLY