Tingkatkan Harga Jual Dengan Pembuatan Packaging Produk Yang Lebih Menarik

Baca Juga :

Packaging Produk – Tidak bisa dipungkiri jika packaging atau kemasan produk memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap harga jual produk itu sendiri. Bahkan packaging ini juga bisa menambah daya saing di pasar.

Packaging Produk

Sederhananya, packaging produk bisa memberikan citra yang positif baik dari kualitas, merek, dan bahkan kepercayaan di benak para pelanggan. Oleh sebab itu kenapa menjadi sangat penting terkait dengan hal yang satu ini.

Di zaman modern seperti sekarang ini, konsumen terbilang lebih kritis terhadap segala sesuatunya. Salah satu diantaranya adalah ketika ingin membeli sesuatu. Para konsumen cenderung lebih teliti dan cerdas dalam menilai produk yang akan dibelinya.

Oleh sebab itu, bagi perusahaan mapun para pelaku bisnis, mestinya benar-benar memperhatikan kemasan produk yang akan digunakan, mulai dari kemasan yang dipakai, desain, ukuran, dan lain sebagainya.

Packaging Produk Sebagai Investasi
Dalam pengadaan packaging produk sangat diperlukan investasi yang terbilang cukup besar dan mestinya dibeli dalam jumlah yang cukup banyak. Meskipun perlu modal yang tidak sedikit, tapi kemasan produk bisa menjadi investasi untuk usaha Anda.

Packaging produk memiliki tuntutan yang terbilang luar biasa pentingnya. Kemasan produk dapat meningkatkan harga jual dengan catatan ada beberapa faktor penting yang juga harus diperhatikan.

Sebenarnya packaging produk yang menarik tidak melulu hanya bisa meningkatkan harga jual saja, tapi minimal ada 3 manfaat packaging produk yang juga tidak kalah pentingnya, seperti:

1. Efektifitas
Sebagai contoh, bahan packaging produk yang akan dipakai mestinya disesuaikan dengan kebutuhan serta sifat produk yang akan dikemas. Misalnya saja produk yang akan dikemas adalah bahan pemutih, maka bahan yang bisa digunakan adalah botol plastik bukan menggunakan kertas.

2. Keamanan
Fungsi dari packaging adalah menjaga produk supaya aman. Dengan melakukan pengemasan yang baik dan benar, produk yang ada di dalamnya secara otomatis akan terjaga serta keasliannya pun tetap terjaga.

3. Daya Tarik
Packaging yang menarik secara otomatis bisa membuat daya tarik tersendiri. Meskipun ada pepatah yang mengatakan “Jangan melihat luarnya tapi lihatlah isinya”, tapi pada momen tertentu pepatah ini kurang pas.

Kenapa? Sebab diakui ataupun tidak manusia memiliki kecenderungan lebih mementingkan yang tampak pertama kali. Dan yang bisa terlihat pertama kali adalah kemasan produk itu sendiri.

Sudah saatnya bagi Anda para pelaku bisnis untuk tahu begitu pentignya sebuah kemasan. Apapun produk yang Anda tawarkan jika dikemas dengan menarik, peluang membuat tertarik orang menjadi semakin besar.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara membuat packaging yang baik dan benar?

1. Mudah dikenali
Packaging produk sebaiknya mudah dikenali dan dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Sebisa mungkin selalu buat inovasi-inovasi baru sehingga selain mudah dikenali, produk yang Anda tawarkan juga mudah diingat dan mudah membuat tertarik.

2. Jangan melupakan faktor keindahan
Sebaik apapun produk yang Anda tawarkan, jika kemasannya kurang menarik umumnya sulit sekali untuk dipasarkan. Berbeda jika kemasannya menarik, paling tidak sudah bisa membuat rasa penasaran.

Misalnya saga produk makanan, gambar kemasan yang ada haruslah yang bisa menggambarkan kelezatan dan kesegaran dari makanan itu sendiri. Sehingga nantinya bisa cepat menggugah selera dari para calon kunsumen.

3. Informasi
Penting sekali untuk mencantumkan informasi mengenai produk Anda secara akurat dan menyeluruh.

Pada dasarnya, sebagus apapun produk Anda jika tidak didukung dengan packaging produk yang tepat, maka kebanyakan akan cukup sulit untuk menarik minat para calon konsumen yang ingin Anda tuju.

Baca Juga :