Prospek Dari Bisnis Grosir Kaos Distro Branded Secara Online

Grosir kaos distro branded – Ketinggalan jaman rasanya kalau Anda memulai sebuah bisnis dengan mengabaikan peluang menarik dari dunia maya. Dengan semakin maraknya penggunaan internet, maka dunia maya layaknya pasar besar yang bisa Anda gali lebih dalam.

Prospek Dari Bisnis Grosir Kaos Distro Branded Secara Online
Image : YouTube.com

Salah satu yang patut Anda coba adalah melakukan usaha penjualan grosir kaos distro branded secara online. Selama ini kebanyakan usaha kaos distro menggunakan toko atau outlet sebagai sarana penjualan.

Baca Juga :

Dan untuk melakukan kulakan, kadang Anda harus membeli secara langsung ke berbagai penjual besar atau produsen di pusat-pusat industri distro macam Bandung.

Dengan adanya model penjualan grosir online, Anda memotong jalur penjualan dan meringankan pembeli untuk berbelanja. Mereka cukup membuka katalog dan siap memilih produk kaos distro yang Anda jual melalui online.

Mereka tidak harus datang sendiri langsung ke kota Anda.Toh sekalipun mereka harus datang langsung mereka tetap harus mengeluarkan dana tambahan untuk pengiriman barang hingga ke lokasi toko atau outlet mereka.

Untuk usaha distro grosir, salah satu produk yang cukup handal menjadi pilihan adalah produk branded. Pasalnya dari sisi, harga jual produk branded lebih baik sehingga Anda bisa memasang harga yang lebih layak dan keuntungan Anda juga menjadi lebih besar.

Di sisi lain, penjualan dari produk kaos branded lebih baik. Salah satu kendala dari penjualan online adalah konsumen tidak dapat secara langsung menyentuh atau meraba produk yang Anda jual. Bila Anda menjual grosir kaos disro branded, maka pihak konsumen tidak lagi harus menerka-nerka mengenai kualitas dan keapikan produk Anda.

Brand dari suatu produk adalah citra, jadi bila Anda menjual produk dengan brand yang sudah ternama, dengan citra produk berkualitas tentunya, maka Anda tidak lagi terlalu sulit dalam memasarkan produk yang Anda jual. Karena cukup dengan menyebut brandnya saja, maka konsumen sudah bisa membayangkan kualitas dari rpdouk tersebut.

Yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana menekan biaya supaya bisa mendapatkan harga pokok yang rendah sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang tepat dan mampu bersaing di pasar.

Bagaimanapun produk branded berkaitan dengan dengan konsumen yang akan menjual kembali produk Anda ke pasar massal. Jadi faktor harga tetap menjadi persoalan yang harus Anda perhatikan.

Sederhananya, meski Anda menjual grosir kaos distro branded yang memang memiliki harga di atas harga pada umumnya, Anda tetap harus memperhatikan kepentingan retailer supaya mereka juga bisa mendapatkan share keuntungan yang mencukupi.

Jadi ada baiknya juga Anda memperhatikan harga di pasar terutama harga produk serupa di pesaing Anda, untuk mendapatkan pertimbangan harga terbaik.

Soal biaya dan permodalan, usaha grosir produk distro memang memiliki keunggulan karena tidak mutlak membutuhkan outlet yang biasanya memakan pos biaya cukup besar, mulai dari sewa gedung hingga renovasi.

Karena biasanya outlet distro harus dibuat dan dirancang sedemikian rupa supaya tampak menarik dan nyaman bagi pembelinya.

Sedang usaha grosir distro ini hanya membutuhkan ruang gudang memadai dengan keamanan yang baik. Keamanan utama bukan hanya untuk menghindari maling justru lebih kepada perlindungan dari kerusakan karena hewan pengerat, kelembaban, jamur dan lainnya.

Pemasaran yang sepenuhnya mengandalkan media online seperti web atau blog akan menghemat banyak biaya terutama untuk pembukaan toko. Biaya pembuatan web, penggunaan hingga pemeliharaannya biasanya tidak lebih dari 5 juta tiap tahun.

Untuk lebih memberi Anda gambaran jelas mengenai prospek usaha ini, berikut adalah asumsi dan perkiraan keuangan dari usaha grosir kaos distro branded.

Modal awal
Renovasi gudang                              Rp 2.000.000
Pembuatan web                               Rp 2.000.000

TOTAL                                            Rp 4.000.000

Modal kerja
Stock                                               Rp 150.000.000
Biaya internet dan web                      Rp 200.000
tenaga kerja                                     Rp 3.000.000
Administrasi                                      Rp 200.000

TOTAL                                             Rp 153.400.000

Penjualan                                        Rp 225.000.000

Keuntungan                                    Rp 71.600.000

Dari gambaran di atas dengan mdoal kerja yang relaif sangat kecil, Anda bisa mengeruka hasil yang luar biasa kan? Ini karena secara umum harga grosir memiliki tingkat margin sebesar 50% dari total Harga Pokok Produksi atau Harga Pokok Persediaan.

Bila Anda menjual dengan nilai di bawah harga pada umumnya atau menurunkan tingkat margin menjadi 30 % maka nilai penjualan Anda berkisar pada 195.000.000, maka:

Total modal kerja                            Rp 153.400.000

NIlai Penjualan                                 Rp 195.000.000

Keuntungan                                       Rp 42.600.000

Ternyata hasil keuntungan masih cukup memadai untuk usaha Anda. Kini Anda bisa menjual produk grosir kaos distro branded Anda dengan harga yang lebih bersaing bukan?

Konsumen Anda puas karena bisa menjual kembali dengan harga yang masuk akal, Anda juga bisa di untungkan dengan penjualan yang lebih tinggi, karena repeat order yang lebi cepat dari standar penjualan biasa.

SHARE