Pesona Wisata Pantai Gunung Kidul, Pantai Wedi Ombo

0
290

Pantai Wedi Ombo memang bukan pantai yang berada di ujung paling timur dari kawasan pantai di Gunung Kidul. Menurut peta, pantai Jungwok adalah pantai yang paling timur dan langsung berbatasan dengan kawasan Wonogiri dan Pacitan. Hanya saja nama Wedi Ombo belakangan menjadi populer dan membuatnya dikenal sebagai pantai timur Gunung Kidul.

Untuk bisa mencapai pantai ini sebenarnya memang cukup butuh pengorbanan. Jaraknya dari Yogya bisa mencapai kisaran 76 km dengan jarak tempuh hampir serupa dengan jarak tempuh menuju pantai Siung, sekitar 2 jaman. Jaraknya sendiri cukup dekat dari pantai Siung jadi tak heran biasanya pengunjung sengaja mengunjungi keduanya sekaligus.

Sebenarnya bila kita membahas mengenai kemolekan pantai di kawasan Gunung Kidul, maka kita pasti akan membahas soal gulungan ombak besar khas laut selatan yang menghempas pantai dengan jinak berkat terhadang oleh gugusan karangnya yang membentang di sepanjang pantai. Juga soal hamparan pasir putih cantiknya yang berpadu cantik dengan vegetasi cantik khas pantai. Juga soal bukit-bukit karang yang membingkai pantai dengan eksotisnya.

Baca juga : Pulau macan Resort

Tapi ada yang membuat pantai ini istimewa, sebagaimana setiap pantai di kawasan Gunung Kidul. Selalu ada keistimewaannya masing-masing yang membuat Anda tak akan jengah mengunjungi tiap pantainya satu persatu. Dan pantai Wedi Ombo juga lagi-lagi akan memanjakan Anda dengan kemolekan panoramanya yang istimewa.

Batuan karang yang membentang di seluruh pantai inilah yang membuatnya berbeda. Juga bentangan pantainya yang unik. Pantai ini berbentuk teluk, dengan pantai yang menjorok ke dalam dan diapit oleh dua buah bukit karang besar di kanan dan di kiri dengan bentuk unik penuh tonjolan-tonjolan membuat keseluruhan landscape terlihat seperti ada di negeri antah berantah.

Bentuknya yang berupa teluk membuat Anda bisa menjelajahi seluruh bagian pantai sampai keujung pantai dan bisa mengakses pemandangan dari sisi pantai lainnya. Anda bisa memandang luru kea rag pantai di sisi barat ketika Anda berada di sisi timur pantai dan begitu pula sebaliknya. Tak semua pantai memberi Anda akses panorama unik semacam ini.

Dua dinding karang di sisi barat dan timur memberi semacam penghadang bagi ombak menghajar pantai dengan keras. Menariknya lagi pantai ini sebenarnya menghadap kea rah barat, jadi Anda bisa memandang panorama sunset yang cantik dari sisi timur pantai bila Anda beruntung bertemu langit yang cerah.

Pasirnya sebagian terasa lembut menyapa kaki Anda, sebagian terasa kasar karena sarat serpihan dari kerang dan karang. Pasir putih ini berpadu dengan batuan gamping, yang membentuk gundukan-gundukan tinggi. Serta batuan karang yang menghampar di seluruh area pantai, terutama di sisi barat. Bahkan bisa di katakan pasir tak langsung bersapaan dengan ombak saking padatnya gugusan karang pendek di area barat ini.

Pesona Wisata Pantai Timur Gunung Kidul, Pantai Wedi Ombo
Pesona Wisata Pantai Timur Gunung Kidul, Pantai Wedi Ombo

Beberapa batuan karang dan gamping ini berada cukup dalam menjorok kea rah laut dalam ukuran cukup besar. Dan batuan karang inilah yang kini menjadikan pantai Wedi ombo ini populer sebagai spot memancing yang digemari banyak orang. Bila Anda beruntung Anda bisa menangkap ikan tenggiri, ikan kakap sampai ikan cucut berukuran besar di spot ini.

Bahkan terdapat bukit karang di sisi timur yang untuk memanjatnya perlu perjalanan meniti bukitan karang sampai kisaran 1 jam. Bukit terjal, curam dan menantang adrenalin ini cukup memuaskan Anda jadikan spot memancing karena bahkan Anda bisa menangkap ikan dengan berat belasa kilo di spot ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati kuliner, bisa menjajal beberapa sajian ikan bakar dan goreng hasil tangkapan masyarakat setepat yang banyak dijajakan di dekat area parkir. Area parkir dari pantai ini memang sedikit merepotkan. Posisinya relatif tinggi sehingga Anda perlu menuruni tangga cukup dalam untuk bisa mencapai area pantai. Meski perjalanan menuruni tangga ini akan memberi Anda suguhan menarik berupa aktivitas masyarakat setempat seperti pertanian.

Tak sayang memang menempuh perjalanan jauh yang melelahkan meniti perbukitan dan jalur terjal menuju lokasi pantai Wedi Ombo ini. Karena pantai Wedi Ombo selalu akan memberikan Anda pengalaman menawan dengan panorama cantiknya.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.soedarajogja.blogspot.com

LEAVE A REPLY