Pemanfaatan Filter Kolam Ikan Koi Secara Baik Dan Benar

0
622

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana membuat desain kolam ikan koi untuk sebuah hunian minimalis modern. Pada kesempatan ini kami akan membahas aspek penting dalam sebuah desain kolam ikan koi, yakni filter kolam ikan koi.

Pemanfaatan Filter Kolam Ikan Koi Secara Baik Dan Benar
Pemanfaatan Filter Kolam Ikan Koi Secara Baik Dan Benar

Sebagaimana kebanyakan ikan air tawar lain, ikan koi membutuhkan aliran air memadai untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen dalam air. Hanya pada air mengalir oksigen bisa memasuki air dan memenuhi kebutuhan ikan koi.

Baca juga : Menapak Sukses Dengan Budidaya Ikan Arwana Super Red

Ikan koi juga tak suka hidup dalam air yang keruh, kaya lumut dan mengandung banyak kandungan toksin macam amoniak yang berasal dari kotoran mereka sendiri. Tingginya toksin dalam air mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur yang membuat kualitas air menurun dan merusak kondisi kesehatan ikan koi secara keseluruhan.

Baca juga : Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Mengatasi masalah dengan obat desinfektan jelas mustahil mengingat air kemudian akan terhirup oleh ikan dan pada kedepannya malah bisa menjadi racun bagi ikan. Jadi sebaiknya, hindari penggunaan beragam obat desinfektan baik itu klorin atau jenis lainnya.

Alih-alih dengan desinfektan, Anda penting untuk menggunakan sistem filter kolam ikan koi. Sistem filter ini bisa Anda pilih yang dibuat menyatu dengan kolam dengan sistem penyaringan biologi menggunakan material alami yang sifatnya menyuling air menjadi bersih kembali atau dengan sistem filter modern yang sudah menggunakan teknologi praktis.

Pada kesempatan ini kami akan mencoba membantu Anda memahami perbedaan dari kedua sistem filter kolam ikan koi untuk bisa menjadi pertimbangan Anda mana yang lebih baik untuk Anda pilih dan pasangkan pada kolam ikan koi di rumah Anda.

  1. Filter kolam ikan koi sistem alami
    Kolam dengan sistem alami ini membutuhkan setidaknya 30 % bagian dari kolam untuk menjadi struktur filter. Biasanya terdiri dari beberapa lapis material penyaringan yang akan bekerja bertahap untuk mengembalikan kebersihan dan kemurnian air. Akan sedikit memakan waktu dalam instalasi namun cenderung lebih ringan biaya.

    Anda akan membutuhkan beberapa ruang penyaringan yang terdiri dari sistem penyaringan kotoran, penyaringan kandungan air dan mineralisasi kembali kandungan air. Air tak hanya menjadi lebih bersih tetapi kaya akan mineral alami yang berasal dari kandungan bebatuan mineral yang menjadi sistem penyaringan akhir dalam sistem filter. Air menjadi lebih sehat untuk ikan koi bahkan kadang bisa menyamai kualitas air di alam aslinya.

    Kendala dari penggunaan filter model ini selain sistem instalasinya yang memakan waktu juga proses pembersihannya yang rumit. Adanya beberapa material penyaringan membuat Anda perlu satu persatu membersihkan material dari kotoran yang tersaring dan melekat pada material. Proses pencuciannya juga tidak bisa sembarangan karena pemaparan obat kimia dalam proses pembersihan malah bisa merusak kualitas air yang dihasilkan.

  2. Filter kolam ikan koi dengan sistem modern
    Pada sistem ini penyaringan dilakukan secara praktis dengan menggunakan perangkat teknologi praktis, dimana tak perlu lagi melakukan penyaringan berulang dan air sudah bersih dari kotoran dan bebas dari kandungan kimia berbahaya. Sistem kerjanya hanya memurnikan air. Biasanya tidak memakan waktu lama dalam instalasi dan tidak memakan ruang besar dalam kolam.

    Cara kerjanya beberapa kali lebih cepat dari sistem alami dengan ukuran yang lebih kompak. Merupakan pilihan terbaik kalau Anda tidak memiliki cukup ruang, karena sistem filter ini tidak memakan ruang besar. Hasil kualitas air memang berbeda karena sifatnya hanya membersihkan dan tidak menambahkan kadar elektrolit dan mineral dalam air. Tetapi relatif cukup aman untuk ikan koi.

    Kendala terbesar adalah ketika sistem perpipaan dalam sistem filter ini mulai berkarat malah sistem penyaringannya mulai berkarat dan bocor. Maka mau tidak mau Anda akan mengganti seluruh perangkat yang kadang juga akan memakan biaya lebih besar. Kadang besi berlebih pada air akan meracuni air dan merusak ekosistem dalam air untuk ikan koi. Apalagi biasanya kapasitasnya relatif terbatas jadi untuk jenis kolam besar, kadang Anda membutuhkan lebih dari 1 filter.

Kini Anda bisa memahami mana yang sesuai untuk Anda aplikasikan pada kolam ikan koi Anda, filter kolam ikan koi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kolam Anda. Termasuk dari sisi luas dan kebutuhan dari ikan koi sendiri.

Sumber gambar : www.desainic.com

LEAVE A REPLY