Menapak Sukses Dengan Budidaya Ikan Arwana Super Red

0
320

Satu jenis ikan hias yang populer dari perairan tawar Indonesia adalah ikan Arwana. Warna dan bentuknya yang khas dan unik menjadikannya demikian digemari hingga ke pasar penghobi manca. Jangan kaget kalau ikan eksotis ini bisa terjual dengan harga yang terbilang fantastis. Dan jangan heran pula kalau kemudian banyak orang tertarik menggiatkan usaha budidaya ikan arwana super red.

Menapak Sukses Dengan Budidaya Ikan Arwana Super Red
Menapak Sukses Dengan Budidaya Ikan Arwana Super Red

Dan salah satu orang yang berhasil membuktikan betapa menguntungkannya menjalankan bisnis budidaya ikan arwana super red ini adalah Teja. Pria yang membuka gerai ikan arwana super rednya di kawasan Jl Letnan Sutopo BSD Tangerang ini sudah beberapa tahun belakangan menjalankan usaha budidaya ikan arwana super red.

Baca juga : Ikan Cupang Giant Sebagai Komoditas Usaha Sampingan Potensial

Di dalam tokonya tersebut setidaknya tersedia belasan ekor ikan arwana super red beraneka ukuran dengan kualitas terbaik.

Setiap ikan yang terpajang pada deretan akuarium dalam toko yang bernama Aro Kingdom ini memiliki bentuk dan tampilan sempurna. Dengan warna pijaran merah yang kuat, berpadu dengan warna dasar hijau dengan cantik. Ekor yang mekar dan rapi serta bentuk wajah yang sempurna dengan mulut mencuat yang rapat menutup.

Baca juga : Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Teja tak tanggung-tanggung membandrol ikan-ikan hasil biakannya, setidaknya seekor ikan ukuran kecil 15 cm beliau sudah membandrol dengan harga 3 jutaan. Bahkan untuk jenis ikan arwana super red berukuran 60 cm, Teja berani memasang harga sampai 80 juta. Jelas sebuah angka fantastis untuk seekor ikan hias.

Menurut Teja yang sudah lebih dari 10 tahun menjadi penghobi ikan arwana ini, tak banyak pemain yang memasuki pasar khusus macam yang dia jalankan saat ini. Kebanyakan orang menjalankan budidaya ikan arwana super red secara simpel sehingga hanya mampu menjual murah.

Bahkan kebanyakan ikan arwana ukuran 10 cm hanya dibandrol dengan harga kisaran 300 ribu. Jauh berkali lipat lebih rendah dari harga yang dipasang oleh Teja.

Justru karena selama ini sebagai penghobi Teja kerap bertemu dengan keluhan konsumen penghobi soal sulitnya menemukan ikan arwana kualitas wahid yang mampu memuaskan hasrat penghobi dan dijamin 100% kualitas terbaik, Teja yang memang sudah fasih soal dunia ikan arwana memutuskan menjajal bisnis budidaya ikan arwana super red ini dengan serius.

Awalnya hanya jajal-jajal, rupanya margin keuntungannya luar biasa, jadilah kini Teja memilih menekuni bisnis ini. Sejak masa sebagai penghobi, Teja sudah memilih mencari bibitan langsung dari ke Kalimantan. Menurut Teja ikan asli Kalimantan biasanya cantik secara alami tanpa sentuhan manusia. Jadi kalau diberi sedikit sentuhan manusia bisa menjadi berkali lipat lebih cantik.

Itupun masih pilih-pilih, tak jarang Teja pulang dari Kalimantan dengan tangan kosong. Lebih baik pulang dengan tangan kosong dari pada memaksa beli bibitan yang kualitasnya tak sesuai standar. Pasalnya dia tidak mau mengecewakan konsumen.

Sejak awal konsumen yang masuk ke tokonya memilih membeli melalui Teja karena yakin dengan kualitas ikan yang dimiliki. Mereka rela bayar mahal demi mendapat jaminan ini dan hal ini jelas disadari sepenuhnya oleh Teja.

Masalah ini memang menjadi kendala terbesar bagi Teja. Sejak awal usahanya ini memang sarat tantangan. Karena memilih memasuki pasar yang terbatas macam ini jelas harus ada banyak kiat yang Teja lancarkan untuk memaksimalkan keuntungan.

Persaingan boleh tidak ketat, tetapi pasar juga sangat kecil. Tetapi sebagian besar dari pasar potensial adalah kalangan penggemar yang siap dengan dana besar selama memang mereka terpuaskan.

Itu pula sebabnya, soal perawatan dan pembesaran Teja menjalankannya dengan serius. Seluruh proses pembesaran dijalankan Teja dan tim kerjanya dengan optimal dengan prosedur detil yang memang kebanyakan pelaku usaha arwana akan enggan menjalaninya.

Tak heran kalau ikan arwana yang dihasilkan dari budidaya ikan arwana super red besutan Teja seakan memang siap saji untuk konsumen. Sudah demikian merah dengan tampilan sempurnanya.

Tantangan lain adalah membuat konsumen datang ke tokonya. Bila kini usaha tokonya mulai dikenal dari mulut ke mulut dari konsumennya yang puas membeli arwana darinya. Namun di awal tak mudah mendapatkan pembeli.

Dengan aktif pada beberapa forum komunitas pecinta Arwana dan mengawali usahanya dulu denga kerap menjadi peserta pameran, kini Aro Kingdom seakan tak pernah kehabisan permintaan. Malah kadang sampai kewalahan memenuhinya.

Ikan arwana super red memang memiliki pesona yang membuatnya menjadi salah satu ikan hias kenamaan dari tropis. Tetapi tak disangka dari budidaya ikan arwana super red ini Anda bisa mengeruk hasil besar hingga omset ratusan juga.

Sumber gambar : www.aroclubindonesia.com

alamat budidaya arwana di tangerang, arwana bsd, budidaya ikan arwana daerah bsd tangerang, penangkar ikan arwana super red, ternak arwana tangerang

LEAVE A REPLY