Peluang Usaha Dari Bisnis Sablon Kaos Distro DTG Printer

Peluang usaha kaos distro, sablon kaos distro DTG – Bagi Anda yang awam sepenuhnya mungkin sedikit mengernyitkan dahi membaca istilah sablon kaos distro DTG, apaan tuh DTG? Saya saja juga sempat dibuat bingung pada awalnya dengan istilah singkatan ini.

Peluang Usaha Dari Bisnis Sablon Kaos Distro DTG
Image : kaosposmo.com

Ternyata DTG adalah teknologi baru dalam dunia sablon, meski tidak baru-baru amat. DTG adalah singkatan dari Direct To Garment. Istilah ini menggambarkan sistem pembuatan kaos distro dengan pencetakan langsung pada media kaos atau kain.

Tidak ada lagi sistem pembuatan cetakan dan media antara sebagaimana halnya Anda kenal pada pembuatan sablon manual.

Boleh dibilang saat ini usaha sablon manual sedikit demi sedikit mulai tenggelam, kecuali untuk produksi kelas massal. Karena kini muncul pasar baru dalam dunia kaos sablon, yakni sablon kaos distro.

Ya…kalau Anda menilik ke bisnis sablon sekitar 15 tahun lalu, maka potensi terbesar untuk bisnis ini adalah produksi kaos seragam sesuai pesanan dengan jumlah penyebutan jumlah produksi minimal atau pemesanan minimal.

Terjadi perubahan trend berkat masuknya model mesin cetak printer DTG ini, yakni mesin pencetak sablon pada media kaos dan kain tadi. Karena dengan mesin cetak ini, Anda bisa mencetak kaos dalam jumlah terbatas dengan kerumitan desain yang khusus tanpa harus pula diikuti kerumitan proses cetak.

Serumit apapun desain sablon Anda cukup mencetaknya sekali, karena cara kerjanya sepenuhnya mirip dengan cara kerja printer pada kertas.

Dari sinilah muncul peluang usaha baru dalam industri sablon kaos distro DTG. Anda bisa membuka usaha dengan membuat kaos berdesain sablon dalam tema dan konsep khusus dan dalam jumlah terbatas. Konsep distro ini membuat konsumen merasa lebih eksklusif dan personal dengan busana kaos yang mereka kenakan.

Dengan asumsi hanya dia dan beberapa konsumen lain di seluruh dunia ini yang mengenakan kaos dengan desain sablon tersebut. Semakin unik dan berbeda desain sablon yang Anda buat dan semakins sedikit cetakan sablon yang Anda buat maka produk kaos ini semakin eksklusif. Artinya juga Anda bisa membandrol dengan harga lebih tinggi.

Lalu bagaimana prospek usaha dari bisnis macam ini?

Jelas sangat potensial, mengingat target pasar Anda bisa Anda buat dengan lebih fleksibel. Anda bisa membuat usaha sablon kaos distro DTG dengan memproduksi desain dan tema umum.

Namun bisa pula dengan mengkerucutkan target pasar Anda pada segmen khusus seperti penggemar olahraga, kaos tim, kaos dengan pesan sosial, kaos dengan desain tradisional hingga kaos dengan tema khusus seperti msialakn kaos punker, kaos biker atau kaos untuk skater.

Usaha ini juga memiliki prospek untung yang sangat menggiurkan. Mengingat produk yang Anda buat terkesan eksklusif dan personal, maka Anda bisa lebih leluasa membandrol harga, bahkan dengan angka sedikit di atas harga kaos sablon rata-rata.

Beberapa pelaku usaha sablon kaos distro DTG mengaku bisa menjual hingga harga diatas 150 ribu rupiah perpieces untuk jenis kaos dengan kualitas bahan tinggi dan detail desain yang unik dan khusus.

Di sini Anda juga perlu memberikan nilai ekonomis lebih sebagai penghargaan atas kerja desain untuk pembuatan kaos tersebut.

Dengan harga pokok sekitar 30 ribu – 65 ribu perkaos saja, maka Anda bisa bayangkan berapa keuntungan Anda untuk sebuah usaha yang sudah mampu menjual dengan jumlah 50 pieces saja perbulan. Sekitar  keuntungan 2, 5 juta.

Angka ini tidak mustahil Anda dapat bahkan meski Anda tidak membuka toko offline. Karena usaha sablon kaos distro DTG ini sangat fleksibel, bahkan Anda tetap bisa mereguk peluang usaha yang hampir sama dengan bermodal sebuah toko online di portal jual beli. Usaha yang sangat menarik bukan?

5 Langkah Awal Memulai Usaha Kaos Sablon Printer DTG

Sebelumnya Anda sudah disuguhkan beberapa informasi seputar usaha dan produk kaos sablon printer DTG. Bagaimana potensi usaha ini dan bagaimana kelebihan dari produk kaos sablon dengan sistem produksi menggunakan printer DTG.

Kali ini saya akan mencoba membantu Anda yang tertarik dengan bisnis ini. Anda bisa jadi adalah seorang pelaku usaha yang sudah mulai melalang buana dengan aktivitas bisnis Anda.

Tetapi bila Anda terbilang baru dalam dunia usaha garmen dan kaos sablon, mungkin beberapa informasi mengenai langkah awal usaha kaos sablon printer DTG ini bisa membantu Anda.

Sebenarnya secara umum tidak ada yang berbeda dalam memulai sebuah langkah awal usaha. Poin utama yang perlu Anda lalui adalah riset, persiapan dan promo awal sedang terakhir adalah perencanaan produksi awal.

Nah di sini saya hanya akan menjabarkan langkah-langkah spesifik dari pembukaan usaha kaos sablon printer DTG ini berdasar kutipan yang saya dapatkan dari para pelaku usaha yang sudah berpengalaman dalam bidang ini

1, Riset
Rasanya memang klise kalau saya katakan pada Anda bahwa Anda harus melakukan sebuah riset sebelum memulai usaha, semua artikel bisnis seolah mengulang saran yang sama. Tetapi nyatanya sebuah usaha yang baik memang seharusnya dimulai dengan riset.

Dari sini Anda bisa melihat semua aspek dari usaha Anda dengan lebih jelas. Mulai dari melihat target pasar terdekat yang bisa Anda incar, persaingan yang Anda hadapi, sumber daya tenaga kerja Anda, supply peralatan yang bisa Anda dapatkan, supply bahan baku yang bisa Anda dapatkan dan terakhir desain yang sesuai dengan karakter pasar Anda.

Pada baguan teakhir ini sama saja Anda harus mempelajari selera desain kaos macam apa yang disukai target Anda kan?

2, Pengambilan keputusan
Sudah riset? OK sekarang saatnya Anda mengambil keputusan. Misalkan Anda memutuskan untuk membuka toko offline atau sepenuhnya hanya toko online. Pertimbangkan untung dan rugi dari tiap pilihan.

Atau mempertimbangkan untuk membeli alat printer DTG merk A atau merk B sesuaikan dengan budget, kemampuan alat dan tentu saja kebutuhan Anda. Apa saja yang harus Anda putuskan dalam tahap ini?

  1. Pemilihan peralatan
  2. Pemilihan sumber suplai bahan baku
  3. Penentuan rekruitmen tenaga kerja
  4. Tenaga desainer
  5. Model penjualan (offline, online atau gabungan keduanya)
  6. Lokasi usaha
  7. Target pasar
  8. Brand yang ingin diciptakan

2, Budgeting
Urusan keuangan selalu berkaitan dengan perencanaan dan pengambilan keputusan. Misalkan saja Anda memutuskan membeli satu set PC untuk desain maka salah satu faktor utama untuk pengambilan keputusan adalah besar budget yang Anda sediakan untuk pos belanja ini.

Tetapi budgeting tidak bisa Anda buat sepihak tanpa Anda ketahui spesifikasi PC macam apa yang sesuai dengan standar sebuah PC untuk aktivitas desain.

Jangan sampai budget Anda kekecilan dan tidak cukup untuk membeli PC sesuai kebutuhan spesifikasi. Di sinilah Anda perlu sedikit bermain untuk menentukan budget yang sesuai kebutuhan usaha kaos sablon printer DTG dengan dana yang Anda miliki.

Ini juga nantinya berkaitan dengan pembiayaan, seperti apakah Anda memerlukan dana dari pihak ke tiga seperti bank atau investor.

3, Konsep pemasaran
Sudah siap dengan semua persiapan, baik peralatan vital macam PC dengan spesifikasi desain, printer DTG dan lain-lain. Kini saatnya Anda mengambil langkah strategis dengan melakukan perencanaan dan langkah promosi. Ada banyak cara untuk membuat produk Anda terjual.

Misalkan dengan membuat blog promosi, FB page, pemasangan iklan di dunia maya, mengikuti pameran dan masih banyak langkah strategis lain. Yang pasti sesuaikan langkah pemasaran Anda dengan target pasar. Misalkan dengan mengikuti memasang iklan blog promosi di sebuah blog bertema musik bila tema kaos sablon Anda bertema musik atau anak muda.

4, Perencanaan awal produksi
Anda memang belum mengantongi permintaan atau belum memulai produksi, tetapi jangan lantas Anda tidak merencanakan langkah produksi.

Untuk tahap ini Anda sebaiknya mempelajari dengan cermat bahkan bila perlu mencari informasi dari mereka yang sudah duluan terjun dalam bisnis serupa.

Dari sana Anda tau step produksi macam apa yang sesuai dengan konsep usaha Anda, kekuatan modal Anda dan tentu saja daya produksi Anda dan peralatan yang Anda miliki.

Itu tadi, 5 tahap awal dalam memulai usaha yang menjanjikan kaos sablon printer DTG. Usaha ini memang sedang menjadi hits dan memiliki potensi yang cukup menggiurkan. Namun tanpa sebuah perencanaan yang matang dan tepat, bahkan usaha dengan potensi sebesar inipun bisa saja berakhir buruk.

Pencarian Terkait :

cara membuka toko distro bagi awam