Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Dengan Eksotisme Gugusan Karang

0
218

Tak heran memang bila Anda bertandang ke kawasan pantai di selatan Gunung Kidul dan disapa oleh gelombang tinggi laut biru yang menghempas lembut bibir pantai dengan hamparan pasir putihnya. Semua karena gugusan karang yang membentang di sepanjang garis pantai, memecah ombak sehingga menjadi ombak yang lebih jinak sekaligus memberi nuansa magis dan eksotis tersendiri bagi pantai. Hal semacam ini pula yang bisa Anda jumpai di pantai Siung Gunung Kidul.

Berlokasi di kawasan Tepus, sekitar 70 km dari pusat kota Yogya atau perjalanan sekitar 2 jam, pantai ini tetap layak menjadi salah satu destinasi wisata Anda. Meski tak mengejutkan mengetahui bagaimana kombinasi panorama dari pantai Siung gunung kidul ini, tetap saja Anda tak akan menyesal menikmati suguhan alam nan cantik ini.

Gugusan karang di pantai ini memiliki ukuran yang beragam dengan pantai yang relatif luas. Karang-karang di lokasi ini beberapa berukuran relatif besar, sehingga membentuk dinding-dinding dan tebing-tebing mempesona. Sebagian berukuran setidaknya sama dengan ukuran mobil dan memberi Anda akses luas untuk memandang panorama lebih jauh dengan menaikinya.

Salah satu karang yang berukuran cukup besar konon dianggap menyerupai bentuk suing kera, dan dari sanalah nama pantai Siung Gunung Kidul lahir. Apalagi menurut penduduk setempat pantai ini juga kerap disambangi rombongan kera di malam hari.

Uniknya gugusan karang ini hampir merata dalam beragam ukuran di seluruh bagian pantai membentang dari timur ke barat. Hanya saja pada sisi timur dan barat terdapat dinding karang tinggi membentuk bukit yang berdinding karst.

Inilah yang kemudian menjadi nilai tambah dari pantai ini. Dinding tebing itu dikenal oleh para pecinta olahraga alam sebagai dinding panjat tebing. Setiap hari selalu datang rombongan pecinta alam yang menantang adrenalin mereka mendaki tebing tersebut.

Menurut kelompok pecinta alam yang kerap menyambangi kawasan ini, setidaknya terdapat 250 jalur panjat tebing resmi yang bisa Anda temukan di sepanjang pantai Siung Gunung Kidul ini. Seluruhnya bisa Anda temukan di tebing sisi barat dan sisi timur.

Tak heran kalau pantai ini demikian populer di mata dunia, setidaknya di kalangan penggemar olahraga alam. Pantai ini tak hanya di sambangi oleh penggemar olahraga alam dari lokal saja, beberapa datang dari Australia, Jepang, Cina, dan masih banyak lagi. Bahkan sejak tahun 90an pantai ini sudah menjadi lokasi festival panjat tebing Asia.

Sebenarnya Pantai Siung Gunung Kidul sendiri di masa lalu memiliki masa kejayaannya sendiri. Konon di masa pemimpinan para wali, di pantai Siung terdapat aktivitas perdagangan yang cukup besar, berpusat di sebuah pasar yang lokasinya dekat dengan pantai di masa itu, namanya pasar Winangun.

Di pasar ini komoditas ikan dan garam menjadi andalan dari masyarakat sekitar pantai Siung Gunung Kidul. Meski perjalanan menuju pantai relatif sulit, pada masa itu garam asli Siung termasuk garam kualitas wahid dan menjadi pencarian para pembesar. Pasar ini sendiri dulu dikelola langsung oleh salah satu murid dari para wali dari negeri Demak.

Namun karena satu hal yang tidak dijelaskan dalam pengisahan, pasar ini dipindahkan untuk lebih dekat dengan Yogya. Hasilnya aktivitas perdagangan di kawasan pantai Siung ini mati mendadak. Bahkan menurut penduduk sekitar banyak yang jatuh bangkrut karena penghasilan yang menurun drastis.

Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Dengan Eksotisme Gugusan Karang
Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Dengan Eksotisme Gugusan Karang

Kehidupa ekonomi di pantai Siung Gunung Kidul sempat mati suri sampai kemudian pada akhir 1980an muali berdatangan para mahasiswa yang menemukan tantangan tebing di kawasan tepian pantai Siung ini. Sedikit demi sedikit popularitas pantai ini terangkat hingga kini.

Bahkan demi memenuhi kebutuhan para pendaki ini, di sisi tebing timur terdapat camp ground yang bisa menjadi kawasan kemah lengkap dengan sebuah rumah panggung dan pendopo yang disewakan. Terdapat pula area api unggun yang juga disediakan untuk mereka yang ingin menghabiskan malam di kawasan eksotis ini.

Baca juga : Pantai Sundak Jogja

Pantai Siung Gunung Kidul, pantai nan eksotis dengan gugusan karang yang memberi nuansa magis dan molek bagi pantai. Namun lebih dari itu, gugusan karang ini pula yang menjadikan pantai Siung ini bisa mendunia.-Tim Siap Bisnis-

Sumber Gambar : www.petualang.asia

LEAVE A REPLY