Berapa Modal Buka Usaha Jualan Siomay Pinggir Jalan?

Baca Juga :

Modal Buka Usaha Jualan Siomay –  Tidak ada yang bisa menyangkal siomay adalah jajanan yang banyak disukai masyarakat. Siomay merupakan salah satu makanan bergizi karena banyak mengandung protein. Seringkali penjual siomay yang enak dan lezat selalu kewalahan melayani konsumen. Tidak heran memang, mengingat usaha jualan siomay ini tidak ada matinya.

Seberapa besarkan modal membuka usaha jualan siomay? Untuk membuka usaha siomay  modal awal sebesar Rp 18.000.000. Modal awal digunakan untuk berbelanja kebutuhan seperti untuk gerobak Rp 3.500.000, mesin penggiling daging Rp 2.500.000, panic siomay Rp 1.500.000 dan lain sebagainya.

Modal Buka Usaha Jualan Siomay

Berapa modal buka usaha jualan siomay?

Menurut sejarah siomay berasal dari negeri tirai bambu. Di Indonesia siomay dimodifikasi sesuai dengan selera lidah orang indonesia. Sebagai contoh siomay Bandung terbuat dari ikan tenggiri yang gurih dan lezat.

Banyak orang meraup keuntungan berlimpah dengan berjualan siomay bandung. Untuk berjualan siomay anda harus melakukan beberapa persiapan yang diantaranya adalah persiapan modal.

Modalnya pun tidak terlalu besar, bahkan tidak sampai 20 juta rupiah. Sebelum anda membuka usaha siomay anda harus membeli beberapa perlengkapan yang diantaranya sebagai berikut:

Nama itemHargaTotal
Gerobak atau etalaseRp 3.500.000 
Mesin giling dagingRp 2.500.000 
Panci untuk siomayRp 1.500.000 
Kompor LPG dan lain lainRp.500.000 
Perlengkapan memasakRp 1.500.000 
Peralatan makanRp 1.000.000 
Meja kursiRp 1.500.000 
Total Rp 12.000.000

Pada tahap awal omzet penjualan masih belum terlalu stabil. Oleh karena itu ada baiknya anda menyiapkan dana operasional sebulan yang meliputi:

  • Gal elpiji listrik dan air 500.000
  • Bahan baku lengkap Rp 5.000.000
  • Perlengkapan lainnya Rp 500.000
  • Total Rp 6.000.000

Dimanakah lokasi strategis usaha jualan siomay

Pemilihan lokasi usaha jualan siomay berpengaruh besar terhadap jalannya roda bisnis anda kedepannya. Penjual siomay yang membuka usahanya di lokasi yang strategis biasanya memiliki kesempatan sukses lebih besar dari para kompetitornya. Dengan berjualan di lokasi yang strategis jumlah pengunjung dan omzet anda akan meningkat dengan cepat.

Lokasi terbaik untuk membuka usaha jualan siomay adalah dimana banyak orang berkumpul dan berlalu lalang. Lokasi paling strategis untuk jualan siomay adalah di pertokoan, pasar, pusat keramaian, depan sekolahan, pabrik serta di tepi jalan raya dekat perumahan. Selain terletak di lokasi yang strategis, tempat jualan siomay juga harus bersih, rapi serta memiliki halaman parkir yang mencukupi.

Siomay adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Karena sudah banyak memiliki penggemar fanatik jualan siomay tidaklah terlalu sulit. Semua orang yang melintas di depan tempat usaha anda adalah calon pelanggan yang sangat potensial.

Cara membuat siomay juga tidak terlalu sulit. Ada banyak resep siomay di internet yang bisa anda coba dan anda bisa memilih satu resep terbaik untuk membuat siomay yang layak jual.

Jualan siomay bisa dilakukan dengan dua cara yaitu berkeliling dengan menggunakan gerobak atau menetap di sebuah lokasi yang strategis. Banyak penjual siomay berkeliling menggunakan gerobak untuk menjemput konsumen. Namun penjual siomay yang menetap juga tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jualan siomay adalah usaha yang bukan saja mudah dioperasikan tetapi juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Jika anda mencari usaha yang memerlukan modal kecil tetapi menguntungkan, usaha siomay bisa menjadi pilihan.

Baca Juga :