Merambah Daya Tarik Wisata Pantai Baron Jogja Yang Eksotik

0
287

Nama pantai Baron Jogja memang sudah cukup familier bagi Anda yang sudah merambah ke seluruh jajaran pantai kawasan Gunung Kidul. Pantai ini bahkan sudah terkenal sejak tahun 90an meski memang harus diakui popularitasnya meningkat sejak tahun 2000an. Mungkin karena trend wisata ngebolang ke berbagai penjuru destinasi wisata mewabah di Indonesia.

Baca juga : Wisata pulau pari

Lokasi pantai ini termasuk mudah ditemukan dan mudah pula dijangkau. Berada di sudut paling barat dari jajaran pantai Drini, Sundak, Krakal, Kukup dan Sepanjang. Membuat pantai ini kerap menjadi tujuan pertama dari kunjungan wisata pantai di kawasan Gunung Kidul.

Baca juga : Pantai wedi ombo

Pantai Baron sendiri terletak di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Berjarak sekitar 65 km dari kota Yogya dan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota membelah jalur-jalur disepanjang perbukitan Sewu kawasan Gunung Kidul. Memang sebagian besar garis pantai di Gunung Kidul terletak dibalik perbukitan karst Pegunungan Sewu.

Yang menonjol dari pantai Baron Jogja ini adalah pasirnya yang hitam legam dan berkilau. Satu-satunya pantai berpasir hitam di kawasan Gunung Kidul dengan warna yang lebih legam dari warna pasir Parang tritis. Namun pasir di kawasan ini sangat lembut dan sedikit berkilau, mungkin memang ada unsur bijih metalnya di dalam pasir.

Ciri khas lain adalah area pantai yang memanjang dan tidak lebar. Diapit oleh dua bukit pasir gersang di sisi kiri dan kanan membuat kawasan pantai Barons eolah tersembunyi dari area pantai lainnya yang cenderung terbuka. Kedua bukit yang mengapit sendiri seperti dua buah bukit karang raksasa yang mulai melapuk dan mulai bervegetasi ringan.

Anda bisa memanjat bukit di sisi timur pantai dan menikmati panorama sunset dan sunrise dengan leluasa dari sudut pandang yang sangat luas memandang hamparan pantai dan deburan ombak yang cantik. Dihadapan Anda terhampar tepian Samudera Hindia yang luas. Dan dari sudut ini pula Anda bisa melihat pantai di sisi seberang, pantai Kukup dan pantai Sudak. Sebuah view yang memikat dari sudut pantai Baron Jogja.

Yang tak kalah menarik dari pantai Baron Jogja adalah keberadaan muara sungai air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah. Area Gunung Kidul memang terkenal dengan aliran sungai bawah tanahnya yang membelah tanah-tanah karstnya di lapisan bawah. Dan salah satunya bermuara di area pantai Baron ini. Memberi nuansa eksotis yang unik ketika deburan ombak bertubrukan dengan arus halus muara sungai.

Pertemuan dua aliran air ini membuat air di pantai ini berwarna biru cerah dengan ombak yang unik dan bergerak seakan saling bertolak. Namun karena ombak unik inilah Anda perlu sedikit berhati-hati dalam bermain air di area pantai Baron Jogja. Salah-salah Anda bisa terperangkap dalam gelombang yang menarik Anda ke area lepas pantai. Bahkan bukan mustahil Anda akan bertubrukan dengan dinding karang dari bukit di sisi barat.

Pantai Baron ini juga dikenal sebagai Tempat Pelelangan Ikan. Di pantai ini berjajar kapal-kapal tradisional penangkap ikan. Keberadaan jajaran kapal-kapal ini menghadirkan nuansa bahari yang unik di area pantai. Nuansa yang tidak akan Anda jumpai di area pantai sekitarnya.

Merambah Daya Tarik Wisata Pantai Baron Jogja Yang Eksotik
Merambah Daya Tarik Wisata Pantai Baron Jogja Yang Eksotik

Dan di sisi pintu masuk, Anda bisa menjumpai kompleks penjualan dan pelelangan ikan termasuk pula area rumah-rumah makan yang menjajakan aneka hidangan seafood hasil tangkapan. Bila Anda beruntung Anda bisa mendapatkan aneka bahan seafood dengan harga relatif miring dari harga pasaran. Tapi bila Anda enggan membawa pulang, Anda bisa langsung menikmati hidangan seafood di tempat.

Anda belum pernah mengunjungi pantai eksotis ini? Jangan ragu untuk merencanakan perjalanan Anda. Pantai ini mudah Anda jangkau dengan angkutan umum dari terminal Giwangan Jogja, menuju terminal Wonosari, lalu naik angkutan pedesaan menuju daerah terminal Baron.Atau menggunakan kendaraan pribadi dengan melalui jalur Piyungan – Wonosari dan berbelok kea rah selatan menuju area kawasan perkompleksan pantai Baron.

Lokasi yang strategis dan tidak sulit dijangkau, lengkap dengan fasilitas yang lumayan memadai menjadikan pantai Baron Jogja sangat layak menjadi salah satu destinasi wisata utama di kota Jogja. Jadi sempatkan untuk bisa merambah pesona pantai ini di akhir pekan. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.wisatapantaijogja.wordpress.com

daya tarik pantai baron

LEAVE A REPLY