Menarik Untung Dari Manfaat Royal Jelly

0
562

Selain madu, usaha budidaya lebah madu juga bisa menghasilkan beberapa produk sampingan seperti royal jelly, pollen dan propolis. Belakangan justru produk-produk sampingan ini menjadi populer dan banyak dicari, terutama sejak muncul beberapa fakta empiris yang membuktikan kayanya manfaat royal jelly, pollen dan propolis ini.

manfaat royal jelly

Menurut fakta yang terkuak dalam rangkaian penelitian terhadap pola kehidupan koloni lebah madu, ditemukan bahwa royal jelly adalah rahasia di balik kekuasan dan kekuatan dari sosok ratu lebah. Bila larva lebah hanya mengkonsumsi royal jelly selama 3 -4 hari selama hidupnya sebagai bekalnya menadi lebih pekerja, maka ratu lebah akan mengkonsumsi royal jelly ini selama hidupnya.

Dan terbukti lebah pada umumnya hanya sanggup bertahan hidup tak lebih dari 4 bulan. Namun khusus untuk ratu lebah, dia sanggu bertahan hidup dan tetap produktif hingga 5 tahun lamanya. Jelas sebuah perbedaan besar tentunya.

Menurut penelitian juga terungkap bahwa rahasia di balik manfaat royal jelly yang hebat ini adalah kandungan gelatinnya yang padat. Gelatin adalah satu satu unsur pembentuk kolagen atau dalam istilah lainnya adalah prokolagen.

Kolagen adalah pembentuk utama sel kulit dan seluruh sel lain dalam tubuh. Bahkan tulang sendiri merupakan perpaduan antara kalsium sebagai senyawa pengeras tulang dengan kolagen sebagai senyawa yang membuat tulang solid.

Manfaat royal jelly lain adalah fungsinya untuk meningkatkan imunitas, membantu peremajaan sel, membantu transmisi fungsi sel syaraf, membantu produksi hormon endokrin, dan membantu mencegah penyakit terkait degedrasi fungsi organ atau penurunan fungsi organ.

Fakta-fakta lain masih bisa Anda jumpai dalam berbagai informasi yang kini dengan mudah bisa Anda akses dari internet. Ada begitu banyak informasi yang tersebar dan membuat semakin banyak orang memahami seberapa besar manfaat royal jelly.

Bersamaan dengan rangkaian penemuan mengenai manfaat royal jelly, banyak pula produk pengobatan herbal dan modern yang membutuhkan suplai royal jelly dalam jumlah besar sebagai bahan baku produk.

Bahkan kini beberapa produk kosmetik juga menggunakan royal jelly sebagai bahan baku. Semua ini menjadikan permintaan royal jelly menjulang tinggi, bersamaan dengan tingginya harga jual produk ini di pasaran.

Saat ini tercatat harga 1 kg royal jelly mencapai kisaran 850 ribuan. Permintaan bahkan mencapai ratusan kilo perminggunya dan kabar baiknya bahkan separuhnya saja tak sanggup dipenuhi oleh pemasok di pasar.

Sangat menarik, karena kenyataannya ketika sebuah budidaya lebah madu bisa menghasilkan hingga kwintalan madu, maka mereka ternyata hanya bisa memproduksi tak lebih dari belasan kilo royal jelly saja. Itu sebabnya sangat sulit untuk memenuhi target permintaan di pasar dan semakin memicu kenaikan harga.

Baca juga : Memahami Tahapan Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Anda bisa bayangkan, menurut salah seorang pelaku usaha perternakan lebah madu asal Kudus, Supriyanto, untuk satu koloni kecil dengan satu ratu saja, produk susu tawon atau royal jelly ini akan sulit mencapai jumlah 1 kg dalam periode panen 4 bulan. Artinya untuk bisa mendapatkan hasil besar, setidaknya peternak harus menyediakan belasan koloni.

Proses panennya sendiri juga sulit, karena tidak sesederhana pengambilan madu yang tinggal peras saja, royal jelly akan terselip pada liang larva dan ruang simpan makanan dalam liang ratu lebah.

Lokasinya tersembunyi dan kadang sulit di ambil. Kadang kala royal jelly tercampur begitu saja ketika Anda tengah memanen madu karena lokasinya yang sulit di pisahkan dari madu di sekitarnya.

Selain itu royal jelly sendiri sebenarnya juga bukan barang tak terpakai bagi lebah. Larva dan ratu membutuhkannya untuk kelangsungan hidup mereka. Jadi kalau Anda tidak segera mengambilnya maka sudah pasti royal jelly ini keburu habis dimakan larva.

Tetapi mengambilnya begitu saja tanpa meninggalkan sisa untuk larva dan ratu akan merusak kualitas koloni dalam jangkap panjang. Itu sebabnya kini juga muncul beberapa dorongan buatan yang sengaja diberikan untuk mendorong proses sekresi royal jellu supaya produksinya sedikit berlebihan untuk memudahkan Anda menyisakannya untuk larva dan ratu lebah.

Ada sederet manfaat royal jelly yang menjadikannya sebagai salah satu bahan natural dengan kandungan terbaik di dunia, juga ada harga mahal yang menyertai kehadirannya di pasaran. Tetapi ada berbagai kendala yang membuat usaha produksi royal jelly ini kaya tantangan.

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat, itulah modal terbesar dalam membangun sebuah startup.

LEAVE A REPLY