Daya Tarik Budidaya Lebah Madu Yang Menguntungkan

0
1057

Budidaya lebah madu – Ada begitu banyak literatur yang mengungkap manfaat dari madu. Bahkan beberapa literature mengcu pada kitab-kitab suci yang tidak terbantahkan oleh umat yang meyakininya. Selain memang secara knilis terbukti ada sederet manfaat kesehatan yang bisa diunduh dari penggunaan madu baik untuk dikonsumsi atau diaplikasikan pada tubuh Anda.

budidaya lebah madu

Tak heran kalau ada begitu besar potensi yang bisa Anda raup dari budidaya lebah madu. Dari tiap tetes madu yang dihasilkan Anda bisa meraup untung yang tidak sedikit. Dari waktu ke waktu permintaan akan madu murni tak pernah habis baik itu di pasar lokal maupun pasar internasional.

Baca juga : Menarik Untung Dari Manfaat Royal Jelly

Apalagi belakangan ini trend pengobatan herbal tengah muncul di permukaan. Dan tak sedikit dari obat-obat herbal ini memanfaatkan khasiat madu sebagai bagian dari bahan baku produk. Dan beriringan dengan itu, permintaan akan madu di pasar end user sendiri membludak.

Tak dapat dipungkiri, peran dunia online dan beragam informasi yang mengalir deras di dunia maya menjadi pendorong munculnya permintaan tinggi terhadap madu. Bila dulu tidak mudah mengakses informasi mengenai khasiat dan manfaat kesehatan dari madu, maka ini cukup dengan mengetik kata khasiat madu saja pada mesin pencari Anda bisa menemukan sederet khasiat madu sampai ke hal-hal detail yang sebelumnya bisa jadi belum Anda ketahui.

Masyarakat sendiri jadi menyadari bagaimana peran madu untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan ketahanan tubuh. Juga kemampuan madu dalam meningkatkan kualitas kesehatan Anda termasuk membantu mengatasi beberapa penyakit.

Mereka kemudian cenderung memilih menjalankan terapi herbal dengan madu dan produk sampingan lain dari lebah madu yang juga dikenal berkhasiat seperti propolis atau royal jelly ketimbang menjalankan pengobatan medis, kecuali penyakit mereka tak teratasi.juga setelah menjalankan terapi madu ini selama beberapa saat.

Ya, selain madu ternyata budidaya lebah madu juga menghasilkan beberapa produk sampingan yang tak kalah potensial, malah bisa jadi juga memberi hasil keuntungan yang tidak kecil.

Antara lain dari produk sampingan tersebut adalah royal jelly yakni sejenis jelly pahit yang mengandung sumber stamina, Pollen yaitu semacam tepung sari dengan kandungan nutrisi tinggi, malam dan propolis yang menjadi salah satu elemen pembentuk sarang lebah.

Melihat begitu menariknya potensi dari pasar madu ditanah air dalam tahun-tahun belakangan ini, muncul pertanyaan, apakah usaha budidaya madu ini tetap cocok Anda jalankan dalam skala rumahan dan kecil-kecilan? Atau haruskah usaha budidaya lebah madu ini dijalankan dalam skala besar baru bisa menghasilkan untung yang sesuai?

Sebenarnya menjalankan budidaya lebah madu sebenarnya tidak memakan tempat. Bahkan Anda bisa memulainya di area kecil seluas 1 x 1 m. Hanya saja yang menjadi kendala sifat lebah yang suka berkeliaran dan cenderung mengusik kenyamanan membuat usaha budidaya lebah madu tak sebaiknya Anda jalankan di lokasi dekat pemukiman.

Lebah memiliki sengat yang bisa berbahaya bagi masyarakat umum, apalagi bila menyerang mereka yang memiliki masalah alergi terhadap serangan lebah. Itu sebabnya akan lebih bijak bila Anda mencari lokasi peternakan yang tidak dekat dengan pemukiman penduduk.

Sedang kunci utama dalam menghasilkan produksi lebah dengan optimal adalah dengan menyediakan sarana kandang yang sesuai dengan kebutuhan standar lebah produksi. Kandang harus terbuat dari bahan yang tahan terhadap pengaruh dari hujan, angin dan panas serta mampu menjaga suhu dalam ruang kandang stabil.

Selain pada masalah kandang, rupanya masalah bibit unggul dari jenis lebah madu juga menempati posisi penting. Ada dua jenis lebah madu yang bisa Anda pilih yakni jenis lokalan cerana atau jenis import mellifera. Kedua jenis ini memiliki kemampuan berkoloni yang sangat besar dan mendorong produksi madu dan produk sampingan lain semakin besar.

Dan aspek penting lain yang perlu menjadi perhatian Anda adalah persoalan ratu lebah. Karena ratu lebah adalah kunci dari koloni lebah. Semakin berkualitas seekor ratu lebah dalam bereproduksi semakin baik pula kualitas dan kuantitas koloni . Kuantitas koloni sangat berpengaruh pula terhadap kuantitas madu yang dihasilkan.

Budidaya lebah madu, sebuah usaha ternak yang berbeda dari kebanyakan usaha ternak yang Anda kenal. Menghasilkan madu, emas cair yang memiliki nilai jual potensial dan akan menambah tumpukan pundi keuangan Anda.

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat, itulah modal terbesar dalam membangun sebuah startup.

LEAVE A REPLY