Memahami Tahapan Cara Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Satu jenis usaha lain terkait dengan jenis usaha ternak bebek adalah ternak bebek pedaging. Berbeda dengan jenis petelur, maka cara ternak bebek pedaging ini fokus pada penggemukan ukuran bebek. Sudah tentu dengan perbedaan fokus maka beberapa aspek dalam produksi dan cara ternak akan berbeda meski tidak terlalu signifikan.

Biasanya kebanyakan pelaku usaha ternak bebek pedaging cenderung lebih menyukai membeli jenis DOD sebagai titik awal usahanya ketimbang bermain dari muara dengan membeli indukan. Karena cara pertama akan meringankan pelaku usaha tanpa harus berkecimpung dalam urusan mengurus indukan, perkawinan dan urusan pemeliharaan telur.

Cara Ternak Bebek Pedaging
Cara Ternak Bebek Pedaging

Cara ini bisa membantu pelaku usaha untuk lebih hemat baik dalam sisi waktu maupun biaya untuk menjalankan usahanya. Sehingga sudah tentu akan membantu meringankan modal awal dan meningkatkan keuntungan yang bisa diraup.

Baca juga : Panduan Tepat Cara Usaha Ternak Bebek Petelur

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa tahapan dalam cara ternak bebek pedaging dengan hasil panen yang bisa Anda dapatkan dalam 40 hari masa pemeliharaan.

  1. Menyiapkan DOD
    Pada tahap cara ternak bebek pedaging Anda perlu menyiapkan dua aspek, yang pertama menyiapkan kandang khusus DOD untuk proses pembesaran awal dan pemilihan DOD unggul yang tepat. Tahapan ini memberi pengaruh besar pada keberhasilan proses penggemukan.

    Anda membutuhkan kandang khusus yang memiliki efek penghangat yang bisa terasa sampai k setiap sudut kandang. Biasanya untuk satu kandang berukuran 1 meter Anda bisa memelihara sekitar 40 ekor DOD. Kandang cukup memiliki ventilasi dan sanitasi dengan penutup khusus yang bisa Anda buka tutup dengan mudah.
    Sedang untuk Jenis DOD sebaiknya pilih jenis peking yang memang cenderung bongsor atau jenis hybrid khusus hasil perkawinan peking dalam lokalan. Jenis ini memiliki kualitas cukup baik meski tidak sebesar dan sebongsor jenis peking.
    Pastikan pula kondisi DOD cukup sehat dan tidak cacat. Hindari pembelian via online untuk DOD karena Anda tidak bisa menilai sendiri kualitas DOD yang dikirimkan, belum lagi dengan resiko masalah dalam perjalanan. Catatan lain yang tak boleh luput adalah pemilihan DOD jenis pejantan karena lebih miring harganya dan lebih cepat tumbuh besar.
    Masalah pakan pada tahap ini terbilang riskan karena mereka belum memiliki struktur pencernaan yang kuat. Jadi berikan mereka adonan bekatul dengan tepung ikan dan voer yang sudah dihaluskan dan diberi air sedikit supaya menjadi adonan.
  2. Masa anakan
    Ketika DOD mulai beranjak besar dan mulai menumbuhkan bulu dewasanya, Anda bisa mulai memindahkan mereka ke kandang penggemukan. Kandang sebaiknya berkaki dengan ketinggian sekitar 20 cm supaya anakan kecil tidak diusik oleh binatang macam tikus atau musang dari bawah. Juga bisa memudahkan Anda dalam proses pembersihan kandang sekaligus menjaga kelembaban kandang.

    Pada masa ini hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah masalah pakan. Anda bisa memberikan beragam jenis pakan yang sifatnya meningkatkan pertumbuhan dan membentuk massa otot dari bebek seperti tepung ikan, tepung cangkang, bekatul, tepung jagung.
    Tambahkan perpaduan dengan aneka sayuran macam batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu atau aneka sayuran hijau yang sudah dicacah untuk sumber serat. Anda juga bisa memberikan voer dan aneka biji-bijian sebagai selingan.
  3. Masa Penggemukan
    Pada tahap berikutnya adalah ketika bebek mulai mencapai usia dewasanya sekitar 5 minggu. Pada masa ini Anda bisa pindahkan kembali bebek ke dalam kandang dewasa dan mulai fokus pada penggemukan. Tentu saja sebaiknya Anda membesarkan ukuran kandang. Anda bisa mulai membuat kandang dengan alas tanah dengan pemberian kapur dan pasir pada alas demi menjaga kelembabannya.

    Masalah pakan pada tahap ini sebenarnya sama saja dengan tahap kedua. Karena pada dasarnya pakan-pakan tersebut memang khusus untuk membantu meningkatkan kenaikan berat badan dengan signifikan.
    Untuk cara ternak bebek pedaging optimal Anda bisa tambahkan sedikit cacahan kencur dalam pakan yang dipercaya dalam meningkatkan selera makan, meski ini belum sepenuhnya terbukti secara klinis. Masa ini akan berakhir pada usia bebek 40 hari dan bebek siap panen. Pada usia ini daging bebek sudah cukup dewasa namun lebih menjadi alot karena usia.

Itulah tadi tahapan dan panduan cara ternak bebek pedaging. Panduan di atas akan membantu Anda meningkatkan berat badan bebek dengan cepat dan efektif tanpa memakan biaya besar sehingga bisa menghasilkan keuntungan lebih baik.

Sumber gambar : www.muhamadridwan.com

Pencarian Terkait :

itik pedaging 40 hari panen, ternak bebek pedaging, cara ternak bebek pedaging 40 hari, cara ternak bebek pedaging, cara budidaya bebek pedaging, budidaya bebek pedaging, cara beternak bebek pedaging, cara ternak bebek potong, bebek pedaging, ternak bebek potong, harga bebek potong umur 40 hari, cara beternak bebek potong, cara ternak bebek daging, cara beternak bebek pedaging yang benar, cara berternak bebek pedaging