Menambah Penghasilan Dengan Berternak Kambing Etawa

Berternak Kambing Etawa – Memperoleh penghasilan tambahan itu tidaklah sulit meskipun tinggal di pedesaan. Anda bisa mencoba ternak kambing etawa. Pasalnya, prospek ternak kambing etawa ini cukup menjanjikan ketimbang jenis lainnya.

Berternak Kambing Etawa

Ada banyak kelebihan yang dimiliki jenis ternak ini. Kelebihan tersebut tidak dimiliki oleh jenis kambing lainnya. Oleh karenanya, tidak salah ketika Anda mencoba untuk berternak kambing Etawa.

Bagaimana caranya? Mari simak cara berternak Etawa yang benar untuk meningkatkan penghasilan di pedesaan. Tapi sebelumnya, perhatikan kelebihan yang ditawarkan oleh ternak etawa berikut.

XM

Keunggulan Ternak Kambing Etawa

Kambing jenis etawa merupakan kambing unggulan. Jenis ternak ini punya segudang kelebihan yang mana tidak dimiliki oleh kambing jenis lainnya. Tentunya ini dilihat dari keuntungan financial yang didapatkan setelah berternak etawa.

Salah satu kelebihan utamanya adalah harga jualnya yang relatif lebih tinggi. Bayangkan saja, kambing etawa ini bisa menembus nilai 4 juta rupiah. Bisa dikalkulasikan ketika Anda memiliki kambing tersebut lebih dari puluhan.

Selain itu, kambing etawa lebih fleksibel dalam dunia usaha peternakan. Para peternak bisa mengambil banyak hal dari ternaknya. Mulai dari mengambil dagingnya, sampai susunya.

Keduanya sama-sama dibutuhkan di masyarakat. Bahkan, susu kambing etawa ini dianggap sangat baik. Harga jualnya juga cukup mahal dibandingkan susu perah dari hewan lainnya.

Pada masa produktif, satu ekor kambing etawa ini bisa menghasilkan sekitar 4 liter susu perharinya. Produksi melimpah ini sudah cukup untuk mengantongi pundi-pundi uang dalam hitungan hari.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengikutkannya dalam dunia kontes. Kambing etawa yang dirawat dengan baik bisa diikutsertakan dalam kontes. Kontes ini hampir tiap tahunnya tersedia. Nominal hadiahnya juga besar.

Menariknya lagi, kambing etawa yang bagus bisa seukuran sapi kecil. Harga jualnya bisa berlipat. Yakni menyentuh puluhan juta rupiah. Makanya, banyak peternak yang memutuskan untuk memelihara kambing etawa ini.

Cara Sukses Berternak Kambing Etawa

Bicara sukses tidaknya ternak bergantung pada bagaimana Anda memperlakukannya. Rencana matang wajib dilakukan. Tentunya tanpa mengabaikan informasi tentang bagaimana cara tepat untuk beternak kambing tersebut. Jika Anda ingin sukses ternak kambing etawa, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  • Memilih bibit unggulan

Tahapan pertama sebelum berternak adalah memilih bibit. Bibit ini yang akan menentukan bagus tidaknya pertumbuhan kambing. Jika mendapati bibit yang bagus, pertumbuhan kambing lebih cepat dan cepat panen.

Ciri bibit kambing etawa yang bagus adalah memiliki telinga panjang ke bawah dan lemas. Bagi pejantan, ditambah dengan postur punggungnya lurus dan besar. Selain itu, kakinya kokoh serta tidak cacat. Kemudian usia kambing yang dijadikan pejantan sudah mencapai 1,5 tahun.

Sementara untuk indukan betina, posturnya proporsional. Setelah itu, kakinya lurus, jumlah putingnya lengkap dan kenyal, serta sikapnya jinak dan bebas penyakit.

  • Menyediakan kandang/lahan

Setelah memilih bibit, langkah selanjutnya adalah menyediakan kandang. Yang perlu diperhatikan adalah luasnya. Luas untuk kandang 1 ekor kambing etawa sekitar 1 x 1,5 meter.

  • Menyediakan pakan harian yang bagus

Tahapan selanjutnya adalah rajin memberikan pakan harian. Pakan ini bisa berupa rumput, pakan buatan dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memberikan minum agar nafsu makannya terjaga.

  • Pemeliharaan tambahan kambing etawa

Yang terakhir adalah mengamati kebutuhan kambing. Ini berhubungan dengan pemeliharaan kebersihan, sampai mengawinkan kambing ketika masuk usia reproduksi. Normalnya, kambing etawa sudah siap bunting ketika menginjak usia 10-12 bulan.

Akhirnya, ketika muncul anakan dan sudah dipelihara sampai 1 tahunan, Anda bisa menjualnya di pasaran. Semakin baik postur kambing etawa, maka semakin mahal pula harga jualnya.