Mengenal Konten Marketing Dan Apa Manfaatnya Untuk Pelaku Usaha

Baca Juga :

Konten Marketing – Iklan adalah bentuk kegiatan promosi suatu produk yang dilakukan oleh pemilik usaha agar produknya dibeli. Iklan tersebut bisa dibuat sendiri oleh pemilik produk atau bahkan mengandalkan suatu agensi untuk mempromosikan produk mereka.

Mengenal Konten Marketing Dan Apa Manfaatnya Untuk Pelaku Usaha

Sayangnya di era digital dan serba canggih ini, iklan dianggap sudah kuno dan tidak menarik pembeli. Bahkan tidak sedikit mereka yang jengah karena iklan tersebut yang tayang mulai di TV, layar desktop komputer hingga mobile.

Dari situlah muncul ide tentang konten marketing. Lalu apa sih konten marketing itu? Mari kita berkenalan dengannya.

Konten marketing adalah sebuah upaya untuk strategi pemasaran yang dimulai dari perencanaan, pembuatan, serta pendistribusian suatu konten dalam bentuk gambar, video maupun suara yang bermaksud untuk menarik perhatian audiens tepat sasaran yang kemudian diharapkan menjadi kustomer suatu produk.

Secara umum, konten marketing atau Content Marketing bersifat promotif atau untuk tujuan marketing dengan menggunakan strategi yang berbeda yang mana ide promosi yang disampaikan lebih tersurat didalamnya, tersembunyi atau tidak secara terang-terangan atau eksplisit mempromosikan produk.

Dengan demikian, secara khusus terdapat dua tujuan dari dibuatnya sebuah konten marketing untuk perusahaan yakni:

  1. Menarik audiens untuk mengenal bisnis anda
  2. Mengajak audiens untuk menjadi kustomer produk tersebut

Beberapa contoh yang bisa anda lihat adalah pada brand brand besar perusahaan yang sudah memiliki akun media sosial seperti Instagram, Facebook atau lainnya.

Melalui akun tersebut kita akan melihat berbagai postingan yang tidak melulu soal produk tersebut namun berbagai konten menarik seperti video, suara atau pun gambar yang membuat orang merasa tertarik untuk melihatnya.

Postingan itu bisa bersifat menghibur dengan meme lucu misalnya, mendidik atau bahkan termasuk postingan inspiratif juga postingan emosional. Didalam postingan tersebut juga bahkan terkadang tidak membahas suatu produk tertentu, karena bukan itulah arah konten marketing.

Baru di postingan selanjutnya dibahas produk tertentu yang terkadang dikaitkan dengan postingan sebelumnya sesuai dengan kreatifitas dari pembuat konten marketingnya.

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari penerapan konten marketing bagi suatu perusahaan yakni

  1. Bersifat Jangka Panjang

Berbeda dengan iklan tradisional yang umumnya hanya terbatas waktu saja promosinya, konten marketing bersifat promotif lebih panjang. Apalagi jika konten tersebut lucu dan menghibur, memotivasi, inspiratif dan juga mendidik.

Maka konten tersebut akan terus digunakan sambil melihat siapa yang membuatnya. Itulah mengapa promosi melalui konten marketing tersebut jauh lebih panjang waktunya.

  1. Lebih Luas

Berbeda dengan iklan tradisional yang harus anda tempelkan atau pasang sendiri di setiap tempatnya, melalui konten marketing perusahaan anda akan dipromosikan dan dibantu penyebarannya oleh audiens.

Audiens yang merasa tertarik, tersentuh, termotivasi pasti akan membagikan konten tersebut yang mana juga mengandung informasi seputar perusahaan anda. Alhasil perusahaan anda lebih dikenal.

  1. Cenderung Lebih Murah

Yang satu ini masih berupa kecenderungan dimana konten marketing lebih murah ketimbah marketing tradisional. Salah satu buktinya adalah banyaknya orang yang menyebarkan konten anda tanpa anda harus membayar mereka. Berbeda ketika anda harus memasang iklan di setiap sudut yang menarik.

  1. Mendatangkan Pengunjung

Tak hanya untuk kepentingan penjualan atau pembelian saja, keberadaan konten marketing juga akan mendatangkan pengunjung untuk situs anda yang mana akan meningkatkan nilai toko anda dalam penjualan serta dalam tujuan lainnya seperti SEO dan Media Sosial.

Mengingat pentingnya hal tersebut, tak ada salahnya jika anda turut mencoba dalam pemanfaatan konten marketing.

Baca Juga :