Ini Dia Ide Usaha Modal Kecil Dari Busana Muslim Dengan Omset Ratusan Juta

0
397

Kerap kali ibu rumah tangga terbentur dengan keterbatasan statusnya sebagai ibu rumah tangga sehingga kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilkan yang memuaskan. Itu sebabnya kemudian banyak bermunculan bisnis kaum hawa dengan konsep ide usaha modal kecil yang sesuai dengan kemampuan keuangan para wanita yang kebanyakan berkocek tipis.

Demikian pula dengan seorang ibu muda asal Bogor bernama Leony Agus Setiawati. Wanita muda ini sempat dibuat putus asa dalam mencari pekerjaan yang menerima statusnya sebagai wanita bersuami. Selepas merampungkan pendidikan sarjananya, Leony berkeinginan memiliki penghasilan sendiri untuk membantu keuangan rumah tangga.

Ide Usaha Modal Kecil Dengan Busana Muslim

Sampai pada satu masa, Leony menyadari ada potensi usaha yang layak dijalankan dengan peluang menjanjikan. Apalagi kalau bukan bisnis busana muslim. Kebetulan di masa kuliahnya wanita ini sempat mempelajari cara menjahit dan sulam dari salah satu kerabatnya.

Leony memulai ide usaha modal kecil nya ini padatahun 2001 dengan mengusung brand Azka Collection. Meski kala itu bisnis busana muslim belum berkembang sepesat sekarang, bisnis ini secara perlahan menapakan keuntungan sedikit demi sedikit. Kala itu, Leony sudah mengusung busana muslim dalam gaya sulam modern yang belum banyak dikenal di pasar.

Mulai mampu membuahkan hasil tak lantas usaha Leony berjalan lancar. Malah Leony sempat dlanda kebangkrutan gara-gara gerai butik yang dibuka untuk brandnya malah tidak berjalan sesuai harapan. Leony akui kebangkrutan ini sempat membuatnya terpuruk secara modal, bahkan hasil menjual butik dan peralatannya hanya memberinya sisa modal 1 juta.

Namun kebangkrutan ini tak membuat Leony terpukur secara mental. Leony malah semakin penasaran bagaimana bisa sukses dengan bisnisnya. Kegagalan dijadikannya pembelajaran dengan memahami apa kesalahan masa lalunya yang membuat rencana bisnisnya tidak berjalan sesuai harapan. Dan Leony terus menjajal inovasi dan memperbaiki langkah bisnisnya untuk upaya usahanya selanjutnya.

Baca juga : 8 Penyebab Kegagalan Peluang Usaha Sembako

Dan salah satu langkah bisnisnya yang sukses adalah dengan mencabangkan ide usaha modal kecil sulamnya ke pihak ketiga. Leony memberdayakan ibu rumah tangga di sekitar usahanya berjalan di kawasan Bogor sebagai tenaga lepas pekerja sulam tangan. Setidaknya kini Leony sudah mengasuh 300an pekerja sulam.

Cara ini membantunya mengelola usaha dengan lebih ringan karena sebagian pekerjaan dilempar ke pihak ketiga, sehingga Leony bisa berkonsentrasi pada desain, penggarapan jahitan dan pemasaran.

Modal tersisa dari usaha butik sebelumnya, dijadikan modal awal baru untuk tetap merealisasikan ide usaha modal kecil nya. Dana 1 juta dialokasikan untuk membeli mesin jahit bekas dan beberapa bahan kiloan. Beruntung Leony memang brilian dalam desain sehingga meski murah meriah, Leony kembali bisa menelurkan busana muslim cantik yang bernilai jual tinggi.

Leony juga secara khusus mendesain produk Azka Collection dengan konsep lebih detail dan terkonsentrasi pada sulaman tangan. Ini membuat produknya lebih eksklusif dan diterima pasar, karena berbeda dari kebanyakan produk busana muslim yang lain. Apalagi dalam 5 tahun belakangan pasar busana muslim sedang marak-maraknya. Permintaan demikian tinggi dan berimbas pada pesanan serta omset yang besar.

Dalam satu bulan Azka Collection harus memproduksi tak kurang dari 90 ribu koleksi busana. Semua produk ini dijual dengan pemaksimalan sistem keagenan. Konsep ini juga pengembangan sistem manajemen pemasaran yang dijalankan Leony.

Leony melihat cara ini mempercepat persebaran penjualan tanpa harus repot sendiri memasarkan. Leony hanya berurusan dengan pengiriman barang sesuai pesanan. Satu kali lagi Leony menemukan ide untuk meringankan pekerjaannya dalam usaha.

Leony sendiri mendaftarkan bisnis kecilnya ini dalam lembaga pembinaan usaha milik korporasi besar Astra, CSR Astra. Lembaga ini khusus membina UKM dengan bantuan program, pameran, sistem dan permodalan yang terbukti juga berperan besar dalam meningkatkan omset penjualan Leony dengan Azka Collection miliknya

Baca juga : Usaha rumahan modal kecil

Dan inilah yang menghantarkan ide usaha modal kecil milik Leony kini semakin besar. Kini Azka Collection sudah memiliki 22 distributor besar dan lebih dari 400 agen kecil di seluruh Indonesia dan luar negeri. Leony juga mengaku mencatatkan omset hingga di atas 400 juta tiap bulannya. Dengan margin berkisar antara 20 sampai 30 persen dari total omset.

Sumber gambar : hijab-id.blogspot.com

LEAVE A REPLY